Dekat dengan Anda, Ini Pengobatan Jantung Koroner Secara Alami

Anda dapat mengiringi pengobatan jantung koroner dari dokter dengan makanan yang alami dan sehat
Anda dapat mengiringi pengobatan jantung koroner dari dokter dengan makanan yang alami dan sehat

Berbagai pengobatan untuk penyakit, seperti penyakit jantung koroner, bisa diiringi dengan konsumsi makanan di sekitar Anda. Beberapa nutrisi makanan tersebut, dapat Anda cari di pusat perbelanjaan terdekat, walau pengobatan medis masih menjadi langkah utama.

Penyakit jantung koroner dapat terjadi apabila pembuluh darah utama atau arteri, yang mengalirkan menuju jantung, mengalami gangguan akibat peradangan dan kolesterol. Gangguan tersebut membuat pembuluh darah, yang kaya dengan oksigen dan nutrisi penting ini, mengalami penyumbatan. Tersumbatnya arteri koroner tersebut, mengakibatkan berkurangnya darah yang masuk ke jantung.

[[artikel-terkait]]

Beberapa nutrisi dan makanan untuk pengobatan jantung koroner yang alami

Nutrisi seperti omega-3, fitosterol, vitamin D, dipercaya memiliki khasiat dalam pengobatan jantung koroner, maupun menjaga kesehatan jantung Anda secara menyeluruh. Beberapa nutrisi berikut ini mungkin juga bisa Anda peroleh dalam bentuk suplemen. Namun sebelum mengonsumsinya, berkonsultasilah dengan dokter.

  • Omega-3

Asam lemak baik ini dipercaya ampuh dalam mengobati peradangan, yang menjadi salah satu pemicu berbagai penyakit jantung. Selain itu, omega-3 juga mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar trigliserida, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda dapat mengonsumsi ikan salmon maupun ikan kembung, untuk mendapatkan nutrisi omega-3. Beberapa makanan lain seperti kedelai dan minyak kedelai, kenari dan minyak kenari, serta minyak biji rami, juga mengandung asam lemak tersebut.

  • Fitosterol

Fitosterol, atau sterol tumbuhan, merupakan senyawa yang hanya ditemukan di tanaman, dan menjadi lawan dari kolesterol jahat. Zat ini dapat ditemukan di kacang-kacangan, polong-polongan, serta sereal gandum.

  • Vitamin D

Beberapa penelitian menyebutkan, rendahnya konsumsi vitamin D, meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Vitamin D terdapat dalam berbagai makanan sehat, maupun suplemen. Walau begitu, penting untuk diingat bahwa Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Beberapa sumber vitamin D adalah udang, susu, telur, salmon jenis chinook, dan tuna.

  • Vitamin K2

Vitamin K dipercaya mengurangi potensi kematian karena penyakit jantung, bagi orang yang berisiko tinggi terkena penyakit ini. Vitamin ini dapat mencegah penumpukan kalsium di pembuluh arteri dan pembuluh darah lain. Makanan yang bersumber dari hewan, seperti kuning telur, keju, daging, dan susu sapi, memiliki kandungan tinggi vitamin K.

  • Ragi beras merah

Ragi beras merah membantu Anda dalam menurunkan kolesterol. Selain itu, makanan ini juga dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker.

  • Bawang putih

Ilmuwan percaya bahwa kandungan alisin dalam bawang putih, berperan menjaga pembuluh darah tetap fleksibel, dan melancarkan aliran darah. Selain itu, bawang putih juga dipercaya membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

Gaya hidup sehat untuk pengobatan penyakit jantung koroner

Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, tetap menjadi kunci utama untuk pengobatan jantung koroner secara alami. Mengubah kebiasaan hidup ini, dapat membantu menyehatkan pembuluh arteri Anda. Anda disarankan menjalani gaya hidup sehat berikut ini, untuk menjauhkan diri dari penyakit jantung koroner.

  • Berhenti merokok

Mungkin Anda sudah sering mendengar hal ini. Rokok memang menjadi pemicu utama penyakit jantung, termasuk jantung koroner. Perokok memiliki kemungkinan dua hingga empat kali lipat, untuk terkena penyakit jantung koroner.

  • Konsumsi makanan yang sehat

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang sedikit, rendah gula, serta menjauhi lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak yang dapat menaikkan kolesterol jahat, dan mungkin terkandung dalam berbagai olahan makanan, seperti pada makanan cepat saji.

  • Berolahraga secara teratur

Untuk menghindari cedera, berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda memulai olahraga, apabila terdiagnosis penyakit jantung koroner.

  • Mengurangi stres

Hubungan penyakit jantung dengan kondisi mental, termasuk stres, bersifat dua arah. Penyakit jantung dapat memicu gangguan mental, begitu pula sebaliknya.

Berkonsultasi dengan dokter, untuk mencari pengobatan jantung koroner

Penting diingat, mendapatkan bantuan medis dari dokter adalah langkah terbaik dalam untuk pengobatan jantung koroner. Dokter mungkin merekomendasikan penggunaan obat-obatan, seperti obat penghambat beta (beta-blockers), nitrogliserin, obat penghambat kanal kalsium, dan obat penghambat enzim pengubah angiotensin.

Tindakan pembedahan mungkin akan ditawarkan, untuk beberapa kasus jantung koroner. Jenis pembedahan tersebut yakni pembedahan dengan laser, pembedahan bypass jantung, serta pembedahan angioplasti. Pembedahan dilakukan, untuk membuka pembuluh arteri yang mengalami penyumbatan.

Bagaimanapun juga, pengobatan jantung koroner secara alami sifatnya hanya melengkapi tindakan medis dari dokter, untuk memulihkan kondisi Anda. Sebelum Anda mengonsumsi suplemen herbal dalam bentuk apapun, diskusikan dengan dokter, untuk menghindari efek samping yang buruk bagi tubuh.

Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/17488-smoking
Diakses pada 8 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/coronary-artery-disease/alternative-treatments#nutrition
Diakses pada 8 Juli 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/trans-fat-foods
Diakses pada 8 Juli 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/coronary-artery-disease/diagnosis-treatment/drc-20350619
Diakses pada 8 Juli 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/184130.php
Diakses pada 8 Juli 2019

Web MD. https://www.webmd.com/heart-disease/features/natural-remedies-for-heart-health-help-or-harm#1
Diakses pada 8 Juli 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed