Ini 11 Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan


Terdapat beberapa makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan karena bisa menimbulkan berbagai efek samping merugikan untuk kesehatan Anda, sebut saja kentang goreng dan burger atau kacang dan minyak zaitun.

(0)
14 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Burger dan kentang goreng dipercaya sebagai makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan.Makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan sangatlah beragam, salah satunya burger dan kentang goreng.
Melahap burger bersama kentang goreng atau menikmati yogurt dengan buah sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Namun hati-hati, ternyata ada banyak makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan karena bisa merugikan kesehatan.

11 kombinasi makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan

Mengonsumsi beberapa makanan secara bersamaan memang dapat menggugah selera dan menambah kelezatannya. Akan tetapi, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang akan dikombinasikan karena ada sejumlah makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan.

1. Telur dan daging goreng

Telur dan daging goreng dipercaya sebagai makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan
Meski lezat, keduanya tidak boleh dimakan bersamaan
Tidak ada yang bisa menyangkal kelezatan telur dan daging goreng saat dikonsumsi bersamaan. Namun, kedua makanan lezat ini ternyata tidak baik untuk dikonsumsi secara bersamaan.Telur dan daging goreng mengandung protein yang tinggi. Jika dikonsumsi bersamaan, sistem pencernaan Anda akan kesulitan dalam mencerna keduanya. Sebaiknya, ganti salah satunya dengan buah atau sayuran.

2. Keju dan kacang-kacangan

Kombinasi antara keju dan kacang-kacangan dapat menyebabkan perut terasa kembung dan dan bergas. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda tidak mengombinasikan produk susu seperti keju dengan kacang-kacangan.

3. Kentang goreng dan burger

Kombinasi antara kentang goreng dan burger sering kali ditemukan di berbagai restoran cepat saji. Namun, tahukah kamu kalau mengonsumsi keduanya secara bersamaan dapat menimbulkan efek samping buruk pada sistem pencernaan?Pasalnya, kentang goreng dan burger adalah makanan yang digoreng hingga kering dengan minyak yang banyak. Selain itu, kedua makanan ini juga mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Minuman bersoda dan pizza

Pizza dan minuman bersoda adalah kombinasi yang biasanya ditemukan pada menu restoran cepat saji. Hati-hati, mengonsumsi keduanya secara beriringan dapat menimbulkan efek samping merugikan pada sistem pencernaan.Pizza mengandung pati dan protein yang bisa memperlambat proses pencernaan. Efek yang sama juga dihasilkan oleh minuman bersoda. Kadar gulanya yang tinggi juga dapat memperlambat sistem pencernaan.

5. Yogurt dan buah

Buah dan yogurt adalah makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Kombinasi asam yang dikandung buah dengan protein yogurt bisa berdampak buruk pada pencernaan. Dalam beberapa kasus, kombinasi antara asam dan protein ini juga bisa menyebabkan alergi makanan.

6. Buah setelah makan

Mengonsumsi buah-buahan setelah makan adalah kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Buah dapat dicerna dengan cepat dalam sistem pencernaan. Namun, kandungan lemak, protein dan karbohidrat dari makanan besar yang Anda konsumsi sebelumnya memerlukan waktu lama untuk dicerna.Gula dari buah yang bertahan terlalu lama di dalam lambung bisa berfermentasi dan menyebabkan masalah pada perut.

7. Pisang dan susu

Pisang dan susu adalah makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan
Mengonsumsi pisang dan susu bersamaan dipercaya bisa berdampak buruk pada sistem pencernaan
Menurut pengobatan tradisional Indonesia, pisang dan susu adalah dua makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena keduanya dapat berdampak buruk pada sistem pencernaan dan metabolisme makanan.Melahap pisang dan susu bersamaan juga dianggap dapat menyebabkan penyumbatan sinus dan meningkatkan produksi racun di dalam tubuh.Namun, belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa kombinasi antara pisang dan susu dapat membahayakan kesehatan.

8. Jus buah dan sereal

Minum jus buah setelah melahap sereal dianggap kurang baik bagi kesehatan. Kandungan asam pada jus buah dapat dengan mengganggu aktivitas enzim sehingga proses pemecahan karbohidrat di dalam tubuh menjadi terhambat.

9. Kacang-kacangan dan minyak zaitun

Kacang-kacangan dan minyak zaitun juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Kandungan lemak yang ada di dalam minyak zaitun dan kacang dianggap ‘tidak akur’ sehingga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

10. Minuman soda dan mint

Pernahkah Anda melihat video air soda dicampurkan dengan mint? Air soda akan meluap ke atas saat bercampur dengan bahan yang mengandung mint. Sekarang, bayangkan jika reaksi ini terjadi di dalam tubuh Anda. Mengerikan, bukan?Campuran mint dan air soda dapat menyebabkan perut kembung dan bergas. Anda juga bisa merasakan ketidaknyamanan setelahnya.

11. Makanan manis dengan alkohol

Mengonsumsi makanan manis sambil meminum alkohol dipercaya sebagai ide yang buruk karena alkohol cenderung mengubah gula menjadi lemak jenuh yang bisa menumpuk di dalam tubuh.

Catatan dari SehatQ

Meskipun beberapa kombinasi di atas terasa lezat dan menggugah selera, cobalah untuk lebih berhati-hati dalam mengombinasikan makanan. Dengan demikian, masalah kesehatan yang tidak diinginkan bisa dihindari.Untuk mengetahui kombinasi makanan yang bisa menyehatkan tubuh, bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
penyakitmakanan tidak sehatgangguan makan
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-food-combinations-you-should-strictly-avoid-eating/
Diakses pada 29 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/bananas-with-milk#downsides
Diakses pada 29 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait