Ini Khasiat Buah Murbei yang Melimpah bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat buah murbei bagi kesehatan
Buah murbei yang dengan campuran warna merah dan biru gelap

Pernahkah Anda mengonsumi buah murbei? Buah yang bentuknya mirip dengan blackberry dan raspberry ini tidak termasuk golongan berry. Buah murbei memiliki rasa yang manis dan segar. Tekstur buah ini sangat mirip dengan buah blackberry, sedangkan rasanya yang manis dan kering hampir sama seperti kismis.

Manfaat buah murbei

Buah murbei kaya akan nutrisi penting, seperti zat besi, vitamin C, vitamin K, kalium, dan kalsium. Berikut ini adalah 10 manfaat buah murbei bagi kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

1. Mempertajam penglihatan

Mengonsumsi buah murbei secara rutin dapat membantu mempertajam penglihatan Anda. Buah murbei memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk meningkatkan penglihatan dan meredakan ketegangan mata.

Selain itu, vitamin A juga melindungi mata dari radikal bebas yang umumnya menjadi penyebab penurunan penglihatan dan degenerasi retina.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah murbei secara signifikan dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehingga distribusi oksigen ke jaringan dan sistem organ menjadi semakin lancar. Dengan terjaminnya proses distribusi oksigen ini, organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan optimal.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah murbei mengandung vitamin C, yang merupakan senjata untuk melawan infeksi virus atau bakteri asing sehingga membuat daya tahan tubuh Anda optimal.

Vitamin tersebut tidak disimpan atau diproduksi dalam tubuh sehingga Anda perlu mendapatkannya dari makanan sehari-hari, seperti dari buah murbei. Secangkir buah murbei dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Seperti buah dan sayuran lainnya, buah murbei juga mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh. Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan tinja dan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Konsumsi serat yang memadai dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti sembelit, kembung, dan kram perut.

5. Memiliki sifat antipenuaan

Buah murbei kaya akan antioksidan yang merupakan agen antipenuaan sehingga menjaga kulit Anda bebas dari kerutan. Antioksidan dalam buah murbei, seperti beta-karoten, mampu menetralkan radikal bebas yang merusak kulit.

Tidak hanya itu, buah murbei juga menyediakan vitamin A, C dan E, yang dapat meminimalisir keriput di wajah Anda.

6. Merawat kulit kering dan sensitif

Kekurangan vitamin A dan E bisa menyebabkan kulit kering. Buah murbei kaya akan vitamin-vitamin tersebut sehingga membantu menghaluskan kulit karena buah ini bekerja melembapkan kulit Anda dari dalam. Ekstrak akar buah murbei juga dapat meredakan iritasi kulit.

7. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi buah murbei bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda. Kandungan buah ini dapat mengurangi lemak berlebih dan menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mencegah penyumbatan dalam aliran darah. Jadi, risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir.

8. Memperbaiki kondisi rambut

Buah murbei dikenal dapat membantu produksi melanin pada rambut. Hal ini memungkinkan Anda mempertahankan warna alami rambut.

Konsumsi buah murbei secara teratur dapat membuat rambut Anda senantiasa sehat. Anda bahkan dapat mengoleskan buah murbei yang telah dihaluskan ke rambut untuk mempercepat pertumbuhannya.

9. Sebagai sumber makanan yang sehat

Buah murbei adalah sumber protein, vitamin C, vitamin K, serat, dan zat besi. Kandungan inilah yang menjadikan buah murbei direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Anda bisa menikmati buah murbei sebagai camilan atau menambahkannya ke dalam makanan favorit Anda, seperti smoothies atau oatmeal.

Jika Anda hidup di iklim yang hangat dan cukup beruntung memiliki pohon murbei di halaman rumah, Anda dapat menikmati buahnya secara langsung dari pohon. Daun buah murbei bahkan juga mengandung protein, serat, dan nutrisi, lho.

10. Menguatkan tulang

Buah murbei juga mengandung magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, dan vitamin K yang bermanfaat untuk membangun jaringan tulang.

Tidak hanya itu, konsumsi buah murbei juga dapat mempercepat proses penyembuhan tulang, mempertahankan tulang yang kuat, dan mencegah kerusakan karena degradasi tulang sehingga Anda bisa terhindari dari gangguan tulang dan osteoporosis.

Itulah beberapa manfaat buah murbei yang bisa Anda dapatkan. Untuk menikmati buah ini, Anda bisa mencarinya di berbagai toko daring. Tidak hanya buahnya, Anda juga bisa membeli bibit pohon buah murbei untuk ditanam sendiri di rumah.

Food.ndtv. https://food.ndtv.com/food-drinks/8-amazing-mulberry-benefits-make-the-most-of-it-while-the-season-lasts-1685146
Diakses pada 06 Juni 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/mulberries#bottom-line
Diakses pada 06 Juni 2020

Healthbenefitstimes. https://www.healthbenefitstimes.com/mulberries/
Diakses pada 06 Juni 2020

Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-health-benefits-of-mulberries/
Diakses pada 06 Juni 2020

Artikel Terkait