logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Ini Kemungkinan Penyebab Sakit Tulang Belakang yang Anda Alami

open-summary

Sakit tulang belakang bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti postur tubuh yang buruk, radang sendi, hingga iritasi pada saraf. Mengubah pola hidup jadi lebih aktif dapat mengatasi kondisi ini.


close-summary

10 Jun 2020

| Salis Annisa

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Postur tubuh yang buruk adalah contoh dari penyebab sakit tulang belakang.

Seorang dokter sedang menjelaskan tulang belakang kepada pasiennya

Table of Content

  • Penyebab sakit tulang belakang

Kondisi tulang belakang sakit sering kali dikeluhkan dan tidak sedikit orang yang bertanya kenapa tulang belakang sakit. Sakit tulang belakang biasanya dialami pada bagian lumbal (punggung bawah) dan servikal (leher). Bagian punggung bahwa dan leher tulang belakang rentan mengalami cedera karena fungsinya sebagai penahan berat dan kerap digunakan ketika tubuh bergerak, berputar, dan membungkuk.

Advertisement

Punggung bawah yang tertarik atau keseleo bahkan dianggap sebagai penyebab utama dari nyeri punggung bawah. Selain itu, kondisi ini juga disebabkan oleh masalah pada bagian ligamen, cakram, saraf, otot, dan sumsum tulang belakang.

Penyebab sakit tulang belakang

Berikut ini adalah beberapa penyebab tulang belakang sakit yang perlu Anda ketahui.

1. Radang sendi

Radang sendi atau arthritis dapat menjadi salah satu penyebab sakit tulang belakang yang Anda rasakan. Pada kondisi tertentu, radang sendi bahkan dapat menyebabkan penyempitan ruang di sekitar sumsum tulang belakang atau disebut juga sebagai stenosis tulang belakang.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki radang sendi atau tidak, dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat apakah ada bengkak, kemerahan, atau rasa hangat pada bagian yang nyeri.

Untuk mengobati radang sendi, dokter akan memberikan obat pereda nyeri dan menyarankan terapi fisik yang dapat memperkuat otot di sekitarnya area yang nyeri. Anda juga dapat mengurangi nyeri dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, misalnya dengan menjaga berat badan ideal dan rutin berolahraga.

2. Postur tubuh yang buruk

Selain radang sendi, postur tubuh yang buruk juga dapat menjadi penyebab nyeri tulang belakang yang Anda rasakan. Postur tubuh yang buruk ini bisa dikarenakan peregangan berlebihan, ketegangan otot, batuk atau bersin, membungkuk dalam waktu lama, berdiri atau duduk terlalu lama, posisi leher tegang ke arah depan, dan posisi tulang belakang yang tidak lurus saat tidur.

Untuk menangani masalah ini, Anda bisa melakukan perbaikan postur tubuh dan melakukan olahraga yang dapat membantu Anda mengurangi nyeri sekaligus membuat posisi tubuh menjadi lebih baik.

Ketika Anda berdiri, cobalah untuk berdiri dengan telapak kaki lurus dan punggung terbuka lebar. Sedangkan ketika duduk, cobalah untuk duduk tegak dengan kaki Anda tetap lurus menginjak lantai. Hindari melipat kaki atau duduk bersila.

Untuk memperbaiki postur dan mengurangi nyeri, olahraga yoga bisa menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, yoga memiliki beberapa gerakan yang bagus untuk tulang belakang Anda. 

3. Otot atau ligamen tegang

Gerakan tiba-tiba atau mengangkat berat secara berulang, dapat memicu ketegangan otot atau ligamen tulang belakang yang bisa membuatnya terasa nyeri. Jika kondisi fisik Anda kurang sehat, otot yang tegang dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan kejang otot yang bisa lebih menyakitkan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat seperti ibuprofen untuk meredakan nyeri, mengompres bagian yang sakit dengan kompres dingin, beristirahat, dan melindungi bagian tulang belakang yang nyeri. Memang tidak ada obat sakit tulang belakang yang khusus diresepkan. Namun, obat pereda nyeri dapat membantu meringankan rasa sakit yang dialami.

4. Kerusakan pada diskus tulang belakang

Di antara tulang yang ada di punggung Anda, terdapat diskus yang berfungsi sebagai bantalan antartulang. Diskus ini memiliki tekstur lunak yang dapat membesar atau pecah dan menekan saraf sehingga menyebabkan rasa nyeri.

Namun, pada kondisi tertentu, Anda juga dapat mengalami diskus yang menonjol atau pecah tanpa nyeri punggung, serta baru terlihat ketika melakukan rontgen pada tulang belakang.

Untuk mengatasi nyeri yang disebabkan masalah diskus tulang belakang, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti naproxen. Selain itu, cobalah untuk berolahraga secara teratur dan tetap aktif. Pasalnya, terlalu lama beristirahat justru tidak disarankan.

5. Skiatika

Skiatika merupakan iritasi pada saraf yang membentang dari punggung bawah hingga kaki Anda. Gejala penyakit skiatika meliputi sensasi mati rasa, kesemutan, nyeri, dan loyo pada bagian punggung bawah, kaki, bokong, hingga telapak kaki.

Untuk meredakan nyeri karena skiatika, cobalah untuk melakukan peregangan punggung secara teratur dan mulailah berolahraga dengan gerakan yang tidak terlalu berat. Selain itu, cobalah untuk mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan kompres hangat.

Baca Juga

  • Bersifat Anti-Inflamasi dan Antioksidan, Ini Dia Buah untuk Sakit Pinggang yang Wajib Anda Coba
  • Agnosia adalah Penyakit yang Belum Ada Obatnya, Seperti Ini Gejalanya
  • Terlalu Sering Tidur di Lantai Tingkatkan Risiko Penyakit Berbahaya

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit tulang belakang. Apabila cara di atas tidak mampu menangani rasa sakit yang Anda alami atau menjadi semakin parah, segeralah konsultasikan masalah ini ke dokter.

Advertisement

saraf tulang belakangnyeri punggung

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved