Ini Kandungan Gizi Kentang yang Menyehatkan untuk Tubuh Kita

(0)
12 Jun 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ini dia ragam kandungan gizi kentang yang baik untuk kesehatanKandungan gizi kentang baik untuk kesehatan tubuh
Sebagai salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi, kentang menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan. Tentunya manfaat tersebut bisa dirasakan jika kentang diolah secara sehat tanpa tambahan lemak dan garam berlebih. Kandungan gizi kentang bisa Anda nikmati dengan baik jika diolah dengan cara merebus, mengukus, atau memanggangnya.Selama ini, kentang sudah banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Namun lebih dari itu, makanan ini sebenarnya juga mengandung berbagai nutrisi menyehatkan seperti serat, vitamin, hingga mineral.

Ini kandungan gizi kentang yang menyehatkan

Popularitas kentang sempat menurun sejak tren diet rendah karbohidrat semakin menanjak. Padahal sebenarnya, selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, karbohidrat sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan fungsi penting lainnya. Saat mengonsumsi kentang, Anda pun tidak hanya akan mendapatkan karbohidrat, tapi juga nutrisi lain yang diperlukan tubuh. Lebih lengkap, berikut ini kandungan gizi kentang yang didapat dari 100 gram kentang rebus dengan kulit.

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah kandungan gizi utama di dalam kentang. Dalam sekitar 100 gram kentang rebus, sudah terdapat sektiar 20 gram karbohidrat.Nutrisi ini biasanya disimpan dalam bentuk pati, meski sebagian juga ada yang tersimpan dalam bentuk gula. Bahan makanan ini memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Indeks glikemik adalah suatu ukuran yang melihat tinggi rendahnya pengaruh suatu makanan terhadap lonjakan kadar gula darah di tubuh.Namun jika diolah dengan baik dan benar, indeks glikemik kentang bisa berkurang dan membuatnya tidak memberikan risiko kenaikan gula darah yang besar untuk para pengidap diabetes. Indeks glikemik kentang juga akan turun jika Anda mengonsumsinya saat sudah dingin atau bersuhu ruang.

2. Serat

Kentang memang bukan sumber serat yang paling baik, tapi makanan ini bisa menutupi kebutuhan serat harian Anda terutama jika dikonsumsi bersama kulitnya. Dalam 100 gram kentang rebus, terdapat kurang lebih 2 gram serat.

3. Protein

Jumlah protein dalam kentang tidaklah banyak, hanya sekitar 2 gram dari 100 gram kentang rebus. Namun, protein yang terkandung pada kentang merupakan protein kualitas tinggi karena mudah dicerna dan mengandung asam amino yang baik untuk kesehatan.Meski secara kuantitas cukup rendah, tapi secara kualitas, protein yang terdapat pada kentang sebenarnya hampir sama dengan telur dan bahkan lebih tinggi dibanding kacang kedelai dan kacang-kacangan lainnya.

4. Vitamin dan mineral

Kentang mengandung banyak vitamin dan mineral, di antaranya: Untuk bisa mendapatkan berbagai kandungan gizi kentang ini secara maksimal, Anda disarankan untuk juga mengonsumsi kulit kentang. Sebab sebagian nutrisinya hanya terdapat di kulit.

5. Komponen lainnya

Kentang juga mengandung komponen-komponen khusus yang hanya terdapat pada tumbuhan, seperti polifenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Komponen ini ditemukan pada kulit kentang.

Cara sehat mengolah kentang agar gizinya tidak hilang

Saat ini, cara paling umum untuk mengolah kentang adalah dengan menggorengnya. Rasa kentang goreng memang lezat. Namun sayangnya, pengolahan tersebut menambahkan kalori dan lemak yang cukup signifikan pada makanan ini. Belum lagi jika Anda menikmatinya dengan cocolan saus tomat atau sambal yang juga mengandung banyak gula.Untuk menikmati kentang tanpa merusak kandungan gizinya, cobalah cara pengolahan yang lebih sehat di bawah ini:
  • Panggang kentang bersama kulitnya dan beri sedikit keju parut dan cacahan brokoli sebagai taburan.
  • Potong kentang panjang-panjang, lalu olesi dengan sedikit minyak zaitun dan panggang. Voila! Anda sudah membuat “kentang goreng” versi lebih sehat.
  • Potong dadu kentang dan tumis dengan bawang bombay dan rempah-rempah
  • Panggang kentang bersama kulitnya dan beri topping yogurt tanpa lemak serta taburi dengan rempah-rempah
  • Buat kentang tumbuk tanpa susu atau krim, bumbui dengan bawang putih dan sedikit garam, dan lada
Kandungan gizi kentang sangatlah beragam dan baik untuk kesehatan, selama diolah dengan cara yang sehat. Karena itu, bagi Anda para pecinta kentang, mungkin ini saatnya mempelajari cara membuat berbagai resep sehat di atas. Dengan begitu, Anda masih bisa tetap menikmati olahannya tanpa harus khawatir akan efek yang bisa merugikan kesehatan.
proteinmakanan sehatbuah dan sayurankarbohidrat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/potatoes
Diakses pada 28 Mei 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/are-potatoes-good-for-you-2506382
Diakses pada 28 Mei 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280579
Diakses pada 28 Mei 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/357751-the-healthy-way-to-cook-potatoes/
Diakses pada 28 Mei 2020
Medicinet. https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=154639
Diakses pada 28 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait