Ini Fungsi Cairan Softlens dalam Menjaga Lensa Kontak Anda

(0)
04 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada beberapa jenis cairan softlens dengan fungsi yang berbedaCairan softlens dengan wadah khusus untuk membersihkan lensa
Seiring dengan perkembangan jaman, penggunaan softlens atau lensa kontak semakin populer. Di samping dapat membantu mengatasi mata minus, lensa kontak juga dapat digunakan sebagai estetika untuk mempercantik mata.Di samping itu, softlens memiliki beberapa kekurangan, seperti membutuhkan perawatan yang ekstra dan kurang baik apabila dipakai semalaman. Oleh karena itu, para ahli tidak merekomendasikan penggunaan softlens yang terlalu lama karena dapat menyebabkan iritasi.Sebagai alat yang sehari-hari Anda gunakan, softlens juga memerlukan perawatan khusus untuk menjaga fungsinya. Biasanya setiap pengguna lensa kontak memerlukan cairan softlens, yakni larutan zat kimia yang berfungsi untuk membersihkan, mendisinfeksi, dan menyimpan lensa mata buatan ini.

Fungsi cairan softlens

Cairan softlens merupakan barang yang wajib Anda miliki untuk menjaga softlens tetap higienis. Akan tetapi, tidak semua cairan softlens sama fungsinya.Ada beberapa cairan yang dibuat dari bahan-bahan khusus sehingga memiliki manfaat yang berbeda. Berikut adalah fungsi cairan softlens berdasarkan jenis-jenisnya.

1. Cairan softlens multifungsi

Cairan softlens multifungsi ini memiliki fungsi perawatan lensa kontak secara menyeluruh, yaitu untuk membersihkan, membilas, mendisinfeksi, dan menyimpan softlens Anda. Produk ini merupakan salah satu cairan soflens paling populer karena beberapa alasan.Pertama, cairan ini lebih mudah digunakan dibandingkan dengan cairan softlens lainnya. Kedua, cairan softlens ini lebih murah dan dapat difungsikan sebagai menjadi pelumas.

2. Hidrogen peroksida

Cairan softlens berbasis hidrogen peroksida secara keseluruhan memiliki fungsi yang sama dengan cairan multifungsi, yakni untuk membersihkan, mendisinfeksi, dan menyimpan softlens. Akan tetapi, cairan softlens yang satu ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bahan-bahan dalam cairan softlens multifungsi.Ketika membeli softlens yang menggunakan cairan ini, Anda akan diberikan wadah khusus untuk membersihkan dan menyimpan softlens. Anda tidak disarankan menggunakan wadah lain karena larutan hidrogen peroksida tidak akan berfungsi dengan baik jika ditempatkan di tempat yang lain.Jika mengganti wadahnya, Anda akan merasakan sensasi terbakar, mata merah, dan tersengat saat memasangkan softlens ke mata.

3. Larutan garam

Larutan garam hanya dimaksudkan untuk membilas, bukan untuk mendisinfeksi softlens Anda. Larutan ini juga dapat digunakan untuk membilas softlens Anda sebelum mendisinfeksinya dengan hidrogen peroksida.Sebelum menggunakan larutan garam, sebaiknya bersihkan terlebih dulu softlens Anda. Jika tidak dibersihkan, mungkin Anda akan merasakan sensasi tersengat saat menggunakan softlens.

4. Pembersih protein enzimatik

Protein enzimatik mampu menghilangkan kotoran pada softlens Anda. Meski demikian, penggunaan produk ini tergantung pada jenis softlens yang Anda gunakan dan banyaknya kotoran yang menumpuk. Apabila kotoran sudah menumpuk, dokter mata Anda dapat merekomendasikan penggunaan produk ini.Cairan softlens protein enzimatik tersedia dalam bentuk cair dan tablet, yang dapat digunakan setiap hari. Sebelum menggunakan produk ini, Anda memerlukan persetujuan dari dokter mata terlebih dahulu untuk memastikan keamanan penggunaannya.

Amankah cairan softlens digunakan untuk tetes mata?

Pernahkah Anda menggunakan cairan softlens sebagai pengganti obat tetes mata? Jika Anda pernah melakukannya, sebaiknya kebiasaan tersebut jangan diulangi lagi. The Eye Practice Australia menjelaskan bahwa menggunakan cairan softlens sebagai obat tetes mata memiliki lebih banyak risiko ketimbang manfaatnya.Seperti yang Anda ketahui, cairan softlens merupakan senyawa kimia yang sebagian besar mengandung bahan pengawet, disinfektan, zat pengikat, dan zat pembasah.Fungsi dari cairan ini adalah untuk membunuh berbagai mikroba yang ada di kontak lensa Anda. Jadi, cairan softlens sifatnya beracun terhadap sel-sel yang hidup, termasuk pada mata Anda.Kebanyakan cairan ini juga mengandung bahan kima yang berbahaya bagi mata, beberapa di antaranya bahkan dapat menyebabkan peradangan dan iritasi yang berkepanjangan pada mata Anda.Saat mata Anda kering atau tidak nyaman, lebih baik Anda menggunakan obat tetes mata yang dirancang khusus untuk mengatasi mata kering. Anda juga bisa mengganti lensa kontak yang digunakan dengan jenis-jenis kontak lensa yang dapat mengurangi rasa kering pada mata.
kesehatan matarabun jauh
Arizonaretinalspecialist. https://www.arizonaretinalspecialists.com/blog/five-kinds-of-contact-lens-solutions/
Diakses pada 20 Juni 2020

CDC. https://www.cdc.gov/contactlenses/care-systems.html
Diakses pada 20 Juni 2020
Perfectlensworld. https://www.perfectlensworld.com/articles/eye-drops-for-contacts-the-truth
Diakses pada 20 Juni 2020
Webmd. https://www.webmd.com/eye-health/caring-contact-lens
Diakses pada 20 Juni 2020
The Eye Practice Australia. https://www.theeyepractice.com.au/optometrist-sydney/using-your-contact-lens-solution-as-an-eye-drop/
Diakses pada 20 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait