Ini Efek Samping Jahe, Para Penikmat Wedang Perlu Waspada


Efek samping jahe antara lain adalah memicu gangguan pencernaan seperti kembung, sakit perut, dan nyeri ulut hati, meningkatkan risiko perdarahan, dan mengganggu kerja obat diabetes serta darah tinggi.

(0)
10 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping jahe antara lain membuat kembung dan sakit perutEfek samping jahe salah satunya adalah bisa mengganggu pencernaan
Menikmati jahe dalam bentuk wedang maupun campuran makanan, bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda jika efek samping jahe juga perlu diwaspadai? Jika dikonsumsi berlebihan, rempah yang satu ini justru bisa mengganggu kesehatan.

Efek samping jahe yang perlu diwaspadai

Jahe adalah rempah yang manfaatnya sudah dikenal luas dan terbukti secara ilmiah. Meski begitu, Anda tetap tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan, karena akan meningkatkan risiko terjadinya efek samping.
Berikut ini beberapa efek samping jahe yang perlu diwaspadai.
Efek samping jahe salah satunya menyebabkan gangguan pencernaan
Gangguan pencernaan adalah efek samping jahe yang perlu diwaspadai

1. Gangguan pencernaan

Efek samping jahe yang paling umum terjadi adalah gangguan pencernaan. Batas maksimal mengonsumsi jahe adalah 5 gram per harinya. Jika lebih dari itu, maka bersiaplah menghadapi gangguan pencernaan di tubuh Anda.Beberapa kondisi yang mungkin muncul antara lain adalah kembung, nyeri ulu hati (heartburn), dan sakit perut. Rempah ini juga bisa menyebabkan iritasi di rongga mulut.

2. Meningkatkan risiko perdarahan

Konsumsi jahe secara berlebihan akan meningkatkan risiko perdarahan. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat gangguan pembekuan darah, seperti hemofilia, jahe bukanlah pilihan yang baik untuk dikonsumsi.

3. Mengganggu kerja obat diabetes

Jika Anda pengidap diabetes, maka berhati-hatilah saat mengonsumsi jahe. Pasalnya, rempah yang satu ini meningkatkan kadar insulin di tubuh dan menurunkan kadar gula darah.Apabila rutin mengonsumsi obat diabetes, efek jahe yang satu ini akan memengaruhi cara kerja obat dan membuat Anda perlu melakukan penyesuian dosis.
Efek samping jahe salah satunya memengaruhi kerja jantung
Jika dikonsumsi terlalu banyak, jahe bisa memperburuk kerja jantung

4. Memengaruhi kerja jantung

Jika dikonsumsi terlalu banyak, jahe juga bisa memperburuk beberapa jenis penyakit jantung. Jadi, apabila Anda ingin menggunakan jahe sebagai pengobatan tradisional, pastikan dosisnya tepat dan sudah sesuai dengan anjuran ahli.

5. Memengaruhi kerja obat darah tinggi

Efek samping jahe yang sering terlewat adalah interaksinya dengan obat darah tinggi. Interaksi obat bisa terjadi saat Anda mengonsumsi suatu zat bersamaan dengan obat.Interaksi yang terjadi, bisa mengganggu kerja obat, seperti menurunkan efektivitas, meningkatkan risiko efek samping, atau justru meningkatkan efeknya secara berlebihan.Apabila Anda mengonsumsi jahe dalam jumlah tertentu bersamaan dengan obat pengencer darah dan obat darah tinggi, maka rempah ini bisa mengganggu cara kerjanya.

6. Alergi

Pada beberapa orang, jahe juga bisa memicu alergi. Oleh karena itu apabila setelah mengonsumsi jahe Anda mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal, tenggorokan gatal, bengkak di area rongga mulut dan wajah, atau bahkan sesak napas, segera hubungi dokter.Alergi yang tidak ditangani secara cepat dan tepat bisa membahayakan. Sebab, pembengkakan yang terjadi di tenggorokan bisa menutup jalan napas.Baca Juga: Khasiat Rebusan Jahe, Serai, dan Gula Merah untuk Kesehatan

Sekilas manfaat jahe untuk kesehatan

Manfaat jahe untuk kesehatan ada berlimpah
Manfaat jahe ada berlimpah
Meski efek samping jahe berisiko muncul, manfaatnya untuk kesehatan yang berlimpah juga tetap tidak bisa dilewatkan begitu saja. Selama Anda mengonsumsi jahe dalam dosis yang tepat, berbagai khasiat di bawah ini bisa didapatkan.

• Mengurangi mual

Jahe dinilai efektif untuk dijadikan obat mual alami, seperti pada ibu hamil yang mengalami morning sickness atau pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

• Meredakan gejala pilek

Saat sedang pilek atau flu, mengonsumsi segelas air jahe hangat dianggap bisa membantu melegakan tenggorokan dan pernapasan.Memang, sejauh ini belum ada penelitian yang bisa memastikan mekanismenya secara ilmiah. Namun secara tradisional, cara ini sudah dilakukan secara turun-temurun dan dianggap membuahkan hasil yang baik.

• Mengurangi rasa sakit

Salah satu manfaat jahe yang bisa Anda dapatkan adalah berkurangnya rasa sakit di tubuh, seperti nyeri otot dan kram saat menstruasi.

• Meredakan peradangan

Jahe juga dianggap bisa membantu meredakan peradangan di tubuh, termasuk peradangan sendi. Hanya saja, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk memastikannya.

• Menurunkan risiko kanker

Rempah yang satu ini kaya akan antioksidan, komponen untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang bisa berujung pada munculnya sel kanker.

Amankah jahe dikonsumsi setiap hari?

Secara umum jahe aman untuk digunakan. Namun jika Anda mengonsumsi jahe terlalu banyak, maka risiko munculnya efek samping pun akan muncul.Jahe sebenarnya aman-aman saja dikonsumsi setiap hari, selama tidak berlebihan. Per harinya, Anda bisa mengonsumsi jahe maksimal sebanyak 5 gram. Jika lebih dari itu, maka efek samping minum jahe setiap hari yang perlu diwaspadai, antara lain sakit perut, iritasi rongga mulut, dan perut kembung akan terjadi.Apabila Anda ingin tahu lebih banyak tentang efek samping dan manfaat jahe untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
herbaltanaman obatjahe
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265990
Diakses pada 26 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-961/ginger
Diakses pada 26 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins-and-supplements/ginger-uses-and-risks#1
Diakses pada 26 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/ginger-tea-side-effects
Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait