Ini Efek KB Implan Terhadap Menstruasi yang Perlu Diwaspadai

(0)
08 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada efek KB implan terhadap menstruasi yang perlu diketahuiPemasangan KB implan dapat dilakukan dengan mudah
Salah satu alat KB yang banyak dipilih oleh para ibu adalah KB implan atau KB susuk. Jenis KB ini berbentuk batang plastik elastis yang berukuran kecil. Untuk menggunakannya, dokter akan memasangkan KB implan di bawah kulit lengan bagian atas.Cara kerja KB implan adalah dengan menghasilkan hormon progestin (hormon progesteron sintetis), yang memasuki aliran darah dan berfungsi mencegah kehamilan. Meski umumnya tidak berbahaya, ada efek KB implan terhadap menstruasi. Hal ini disebabkan karena hormon progesteron memengaruhi kondisi organ reproduksi

Efek KB implan terhadap menstruasi

Pemasangan KB implan dapat menimbulkan sejumlah efek samping. Salah satunya yang umum terjadi adalah efek KB implan terhadap menstruasi. Anda mungkin merasakan berbagai perubahan pada siklus menstruasi, seperti:
  • Keluar bercak di luar jadwal menstruasi biasanya
  • Menstruasi tidak teratur (lebih cepat atau lebih lambat)
  • Menstruasi lebih sedikit
  • Menstruasi lebih banyak
  • Menstruasi lebih pendek
  • Menstruasi lebih lama
  • Siklus menstruasi terhenti (amenore),
Anda tidak perlu khawatir karena perubahan-perubahan siklus menstruasi di atas merupakan kondisi yang wajar dan berkaitan dengan cara kerja KB implan. Hormon progesteron yang dihasilkan implan bekerja akan mencegah ovulasi yang rutin terjadi setiap bulan. Ovulasi adalah pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovariumHormon tersebut juga membuat lendir pada leher rahim menebal untuk mempersulit masuknya sperma. Selain itu, dinding rahim juga akan mengalami penebalan sehingga sel telur yang telah dibuahi kesulitan untuk menempel pada dinding rahim.KB implan yang dipasang pada hari pertama hingga kelima di masa menstruasi dapat langsung berfungsi efektif. Sementara itu, jika pemasangan KB ini dilakukan di luar waktu tersebut, Anda mungkin harus menggunakan alat kontrasepsi lain untuk mencegah kehamilan selama tujuh hari.Di samping efek KB implan pada menstruasi, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat mengungkapkan bahwa tingkat kegagalan KB implan hanya 0,05 persen. Hal ini berarti kemungkinan berhasilnya jenis KB ini mencapai lebih dari 99 persen.Ada beberapa efek samping lainnya yang mungkin akan Anda rasakan setelah pemasangan KB implan. Namun, efek samping ini tergolong jarang terjadi jika dibandingan efek KB implan terhadap menstruasi.Berbagai efek samping tersebut meliputi:
  • Nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kenaikan berat badan
  • Jerawat
  • Luka, nyeri, atau infeksi pada tempat implan ditanam
KB Implan cukup ditanamkan satu kali dan bisa digunakan selama 3 tahun sebelum melepaskannya kembali.

Mengatasi efek samping KB implan

Efek KB implan terhadap menstruasi atau efek samping lainnya tidak perlu Anda khawatirkan karena pemasangan KB ini tergolong sangat aman.Jika memang muncul efek samping, biasanya hanya terjadi secara ringan dan membaik dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Khusus efek KB implan pada menstruasi, kondisi ini umumnya berlangsung sekitar 6-12 bulan sejak pemasangan.Anda tidak perlu mencemaskan masalah kesuburan yang terganggu akibat efek KB implan terhadap menstruasi. Saat KB implan diangkat atau berhenti berfungsi setelah tiga tahun, kesuburan Anda yang akan segera kembali seperti sediakala.

Kelebihan KB Implan

Di luar efek KB implan terhadap menstruasi, terdapat beberapa kelebihan KB implan jika dibandingkan alat KB lain, seperti:
  • Sangat mudah digunakan dan dipasang
  • Anda bisa membiarkannya selama 3 tahun tanpa memerlukan rutinitas untuk menjaga program KB, seperti rutin minum pil atau suntik
  • Salah satu alat KB dengan efektivitas tertinggi dibandingkan alat KB lain
  • Dapat digunakan saat menyusui
  • Dapat membantu mengatasi nyeri menstruasi atau menstruasi berat
  • Kesuburan dapat kembali dengan semestinya setelah implan diangkat
  • Dapat digunakan oleh wanita yang tidak dapat menggunakan alat kontrasepsi dengan kandungan estrogen.
Meski demikian, KB implan tergolong alat KB yang cukup mahal jika dibandingkan alat KB lainnya. Selain itu, jenis KB Ini hanya dapat dipasang oleh dokter kandungan yang memiliki keterampilan.Jika Anda merasakan hal yang tidak biasa atau mengkhawatirkan sebagai efek samping penggunaan KB implan, segera konsultasikan kepada dokter. Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar efek KB implan terhadap menstruasi, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Healthline. https://www.healthline.com/health/birth-control-implant
Diakses pada 25 September
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/birth-control-implant-nexplanon/what-are-the-disadvantages-of-birth-control-implant
Diakses pada 25 September
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/contraception/contraceptive-implant/
Diakses pada 25 September
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait