Tak Hanya Kesenangan Sesaat, Ini Dia Manfaat Orgasme untuk Hidup yang Lebih Baik

Tak hanya kesenangan sesaat, manfaat orgasme juga bersifat jangka panjang untuk kesehatan
Tak hanya kesenangan sesaat, manfaat orgasme juga bersifat jangka panjang untuk kesehatan

Beberapa dari Anda mungkin menganggap orgasme dan ejakulasi, saat berhubungan seks, hanya memberikan kesenangan sesaat. Padahal, selain menjadi bagian dari keintiman atau intimacy berumah tangga, orgasme yang Anda dapatkan juga memberikan manfaat jangka panjang.

Orgasme juga tidak sesederhana, yang mungkin selama ini Anda bayangkan. Manfaat orgasme, tak hanya untuk untuk kondisi psikologis, namun juga memberikan dampak positif di berbagai sistem tubuh. Maka tak heran, ada beragam definisi orgasme, baik dari para psikolog maupun ahli medis.

Manfaat orgasme dan ejakulasi bagi pria dan wanita

Orgasme, walau terdengar tabu, memberikan sejumlah manfaat untuk hidup. Manfaat orgasme dan ejakulasi tersebut, bisa dirasakan oleh laki-laki, maupun perempuan.

Berikut ini sejumlah manfaat orgasme dan ejakulasi, yang dampak positifnya tak hanya memberikan rasa senang untuk Anda dan pasangan.

  • Membantu siklus menstruasi wanita lebih teratur

Banyak kaum hawa yang mengeluhkan siklus haid tidak teratur. Apabila kondisi ini juga menimpa Anda, cobalah untuk mulai mengatur jadwal bercinta dengan pasangan. Sebab, manfaat orgasme yang Anda capai, salah satunya, membantu siklus haid menjadi lebih teratur.

  • Menurunkan risiko kanker prostat pada pria

Manfaat orgasme tak hanya untuk wanita. Kaum adam pun, yang rutin ejakulasi dan berhubungan seks dengan pasangan, memiliki risiko yang lebih kecil untuk menderita kanker prostat.

Manfaat orgasme bagi pria tersebut, disebabkan oleh pelepasan racun dari tubuh saat Anda ejakulasi. Organ tubuh pun, menjadi lebih sehat.

  • Mengikis rasa nyeri

Pria maupun wanita yang rutin ejakulasi dan berhubungan seks, akan mendapatkan manfaat orgasme berupa penurunan rasa nyeri. Entah Anda sering merasa kram saat menghadapi masa menstruasi, atau sakit kepala dan nyeri otot, bercintalah dengan pasangan. Tentu saja, ada baiknya jika bercinta dilakukan di luar periode haid.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), Anda harus rutin berolahraga dan beraktivitas fisik. Begitu pula dengan orgasme dan ejakulasi. Kegiatan yang menyenangkan bersama pasangan ini, turut memelihara fungsi sistem vital tersebut.

Bahkan, sebuah studi terbaru yang dimuat di The American Journal of Medicine menyebutkan, rutin orgasme dan berhubungan seks dapat menurunkan risiko kematian, pada penderita serangan jantung.

  • Menjaga sistem imun

Di tengah musim pancaroba ini, Anda mungkin jadi ingin lebih sering bercinta dengan pasangan. Sebab, manfaat orgasme dan ejakulasi lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian dari Wilkes University, Pennsylvania, Amerika Serikat menunjukkan, berhubungan seks 1-2 kali dalam seminggu, membantu meningkatkan antibodi tubuh.

  • Membantu tidur lebih nyenyak

Rutin orgasme dan ejakulasi bersama pasangan, juga membantu istirahat Anda lebih nyenyak dan memuaskan. Pelepasan hormon dopamin dan oksitosin saat orgasme, memberikan rasa keintiman, serta rasa damai. Maka tak heran, banyak orang yang tertidur lelap, setelah berhubungan seks.

  • Memperbaiki mood

Di tengah kesibukan dan drama hidup yang membuat Anda stres, alokasikanlah waktu untuk bercinta dengan pasangan. Sebab, salah satu manfaat orgasme adalah memperbaiki suasana hati.

Catatan dari SehatQ

Orgasme saat berhubungan seks bersama pasangan, memberikan sejumlah manfaat untuk Anda. Sesibuk apapun rutinitas sehari-hari, Anda disarankan untuk menjadwalkan untuk bercinta dengan pasangan. Dengan demikian, Anda dan pasangan bisa merasakan manfaat orgasme di atas, serta menambah keharmonisan kehidupan percintaan.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sexual-health-pictures/orgasms-for-a-better-life-the-surprising-benefits-of-sexual-pleasure.aspx
Diakses pada 18 Oktober 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/heart-attack/frequent-sexual-activity-may-help-heart-attack-patients-live-longer-study-shows/
Diakses pada 18 Oktober 2019

The American Journal of Medicine. https://www.amjmed.com/article/S0002-9343(19)30554-6/fulltext
Diakses pada 18 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed