Masker Kopi untuk Wajah Bebas Jerawat dan Penuaan, Ini Cara Membuatnya


Masker kopi untuk wajah terasa menarik untuk dicoba. Manfaat masker kopi untuk wajah adalah mencegah penuaan sampai mengurangi jerawat. Namun, pastikan cara membuat masker kopi dilakukan dengan benar. Jika perlu, lakukan tes pada kulit sebelum memperoleh manfaat kopi untuk wajah.

0,0
15 Feb 2021|Azelia Trifiana
Manfaat masker kopi untuk wajah adalah mencegah penuaan sampai mengurangi jerawatGunakan masker kopi secara teratur untuk mencegah penuaan dini
Masker kopi untuk wajah terasa menarik untuk dicoba. Manfaat masker kopi pun sangat banyak, mulai dari efek antiradang hingga bikin wajah jadi glowing. Akan tetapi, perhatikan cara membuat masker kopi yang tepat agar manfaat kopi untuk wajah bisa didapat secara optimal. 

Bagaimana cara membuat masker kopi?

Cara membuat masker kopi agar manfaat yang didapat bisa terasa maksimal sebaiknya dilakukan menggunakan biji kopi hitam yang digiling, bukan menggunakan kopi bubuk instan. Cara membuat masker kopi dapat dikombinasikan dengan bahan lain untuk mendapatkan manfaat kopi untuk wajah dengan maksimal. Adapun beberapa cara membuat masker kopi yang bisa dijadikan referensi adalah sebagai berikut. 

1. Masker kopi untuk scrub

Manfaat masker kopi terasa maksimal bila menggunakan bubuk kopi alami
Gunakan 3 sendok makan bubuk kopi alami untuk membuat masker wajah
Salah satu cara membuat masker kopi adalah dengan menjadikannya sebagai scrubAnda bisa mencampurkan 4 sendok makan biji kopi yang baru ditumbuk dengan 4 sendok teh brown sugar dan air perasan lemon secukupnya. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental.  Selanjutnya, Anda bisa mengoleskan masker kopi ini pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. 

2. Masker kopi dan minyak zaitun

Masker kopi dan minyak zaitun cocok bagi Anda yang memiliki masalah pori kulit rentan tersumbat. Cara membuat masker kopi dan minyak zaitun adalah mencampurkan biji kopi yang baru ditumbuk dengan beberapa tetes minyak zaitun menggunakan perbandingan 1:1. Kemudian, aduk merata kedua bahan alami tersebut sampai mendapat tekstur yang diinginkan. Oleskan pada permukaan wajah Anda yang sudah bersih seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam. Diamkan masker dari kopi dan minyak zaitun selama 15-60 menit. Selanjutnya, bilas wajah dengan air hangat atau air suam-suam kuku. Lakukan langkah ini 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. 

3. Masker kopi untuk mata panda

Manfaat masker kopi untuk wajah ternyata bisa mengatasi masalah mata panda, lho. Cara membuat masker kopi untuk mata panda adalah dengan menampurkan ½ sendok teh kopi bubuk dengan ½ sendok teh minyak zaitun.Tambahkan beberapa tetes air hingga konsistensi campuran berbentuk seperti pasta masker. Oleskan campuran tersebut ke area bawah mata secara perlahan. Ingat, jangan menggosoknya.Diamkan selama 5-10 menit. Lalu, bilas dengan air secara perlahan dan keringkan menggunakan kain halus dan bersih.

4. Masker kopi untuk perawatan sengatan matahari

Setelah terpapar sinar matahari, Anda bisa melindungi kulit wajah dengan racikan masker dari kopi.Cara membuat masker kopi satu ini adalah dengan membuat kopi seperti biasa, tanpa tambahan bahan apa pun, seperti gula atau krim. Kemudian, tambahkan air dingin. Celupkan kain halus bersih ke dalam campuran kopi yang sudah dingin.Usapkan kain di kulit wajah secara perlahan selama beberapa kali, hingga kulit kemerahan dan pembengkakan akibat sinar matahari mulai terlihat mereda.

5. Masker kopi dan garam

Masker kopi dan garam berkhasiat untuk wajah
Coba masker kopi dan garam secara rutin
Cara membuat masker kopi dan garam adalah dengan mencampurkan 1/2 cangkir kopi bubuk, 1/4 cangkir cangkir madu, 2 sendok makan garam laut (sea salt), dan air perasan dari 1/2 lemon.Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. Oles masker dari kopi dan garam ke wajah yang sudah dibersihkan menggunakan kuas atau tangan bersih. Tunggu masker selama tidak lebih dari 20 menit. Terlalu lama menggunakan masker justru membuat kulit kering. Lalu, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Apa manfaat masker kopi untuk wajah? 

American Chemical Society menguak fakta bahwa manfaat masker kopi untuk wajah berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Selain diminum, Anda bisa mendapatkan manfaat kopi untuk wajah ini dengan cara mengoleskannya langsung pada kulit wajah. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat masker kopi untuk wajah selengkapnya, simak di bawah ini. 

1. Memperlambat tanda penuaan

Masker kopi bisa memperlambat tanda penuaan dini
Masker kopi diyakini bisa mengurangi tanda penuaan di wajah
Salah satu manfaat masker kopi untuk wajah adalah memperlambat tanda penuaan. Manfaat kopi untuk wajah ini diyakini mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus mengurangi tanda penuaan dini, seperti kerutan, keriput, dan garis halus di wajah. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut bila mengoleskannya secara langsung pada kulit. Meski demikian, manfaat kopi untuk wajah yang didapat dengan cara diminum juga dipercaya mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti bintik hitam akibat penuaan dan hiperpigmentasiSebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Dermatology menunjukkan adanya keterkaitan antara minum kopi dengan risiko pengurangan efek penuaan dini tersebut.

2. Mengurangi jerawat

Manfaat masker kopi untuk wajah berikutnya adalah mengurangi jerawatPenggunaan masker kopi untuk jerawat setiap hari dapat membantu melawan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat. Kandungan chlorogenic acid pada kopi memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri. Jika dikombinasikan dengan zat pengelupasan alami dalam bubuk kopi, termasuk antioksidan dan zat stimulan, maka seluruh bahan-bahan ini diyakini ampuh melawan jerawat. Anda bisa pula menggosok area wajah secara perlahan menggunakan bubuk kopi yang sudah dicampur dengan air. Cara ini dapat mengangkat sel kulit mati dan mengangkat sumbatan di pori-pori.

3. Mengatasi peradangan

Mengatasi peradangan juga menjadi manfaat masker kopi untuk wajah. Masker dari kopi mengandung efek antiradang yang berasal dari chlorogenic acid serta melanoidin dalam kopi. Chlorogenic acid seringkali dihubungkan dengan risiko pengurangan hiperpigmentasi yang mungkin ada kaitannya dengan peradangan. 

4. Mengatasi mata panda

Tahukah Anda kalau manfaat masker kopi untuk wajah bisa mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di mata?Manfaat masker kopi untuk wajah didapat dari kandungan kafein yang mampu merangsang aliran darah, serta memperlebar pembuluh darah. Aliran darah yang lancar akan mempengaruhi kulit sehingga kulit terlihat lebih kencang. Hal ini juga berlaku pada area kulit di sekitar mata. Masker ampas kopi juga mengandung asam klorogenik yang dapat membantu meredakan peradangan di area kulit mata.Anda bisa mendapatkan manfaat kopi untuk kulit wajah ini dengan cara mengoleskan campuran bubuk kopi dan sedikit air. 

5. Merawat kulit terbakar sinar matahari

Merawat kulit terbakar matahari juga menjadi manfaat masker kopi untuk wajah
Ampas kopi dipercaya melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Merawat kulit terbakar sinar matahari juga menjadi manfaat masker kopi untuk wajah. Kondisi sunburn atau kulit terbakar sinar matahari bisa saja dialami apabila Anda seringkali terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Manfaat kopi hitam untuk wajah ini berasal dari sisa ampas kopi yang dipercaya mampu melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari berlebih, terutama sinar ultraviolet B (UVB). Meski begitu, masker ampas kopi tidak dapat digunakan untuk menggantikan peran sunscreen dalam menjaga kulit sehingga Anda tetap perlu mengoleskan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.

6. Menurunkan risiko kanker kulit

Manfaat masker kopi untuk wajah diyakini berpotensi dalam menurunkan risiko kanker kulitManfaat ini datang dari kandungan niacin (vitamin B3) pada biji kopi yang sudah dipanggang. Riset pada jurnal Coffee in Health and Disease Prevention menemukan bahwa biji kopi mentah mengandung senyawa bernama trigonelline. Namun, setelah melewati proses pemanggangan (roasting), senyawa trigonelline ini berubah menjadi niacin (vitamin B3). Menurut Skin Cancer Foundation, niacin mencegah pertumbuhan sel kanker kulit.

7. Menenangkan kulit

Manfaat masker kopi untuk wajah lainnya adalah menenangkan kulit. Jika di dalam tubuh, kopi memberikan efek stimulan, maka efek menenangkan bisa didapat bila Anda mengoleskan masker kopi untuk wajah. Efek menenangkan ini tentu saja berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya.

8. Menghilangkan selulit

Menghilangkan selulit juga menjadi manfaat masker kopi yang patut dicoba.Cara menggunakan masker kopi untuk selulit bisa dilakukan dengan menggosokkan bubuk kopi ke area kulit yang terdapat selulit.  Kandungan kafein pada kopi dipercaya dapat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan. Pada gilirannya, kondisi tersebut dapat membantu mengurangi tampilan selulit dengan cara mengelupas sel kulit mati sehingga tampilan kulit halus dengan warna yang lebih merata bisa didapat.Selain itu, sebuah penelitian kecil melaporkan bahwa produk pelangsing topikal mengandung kafein dan beberapa bahan aktif lainnya diyakini efektif dalam mengurangi selulit membandel pada wanita, dibandingkan produk plasebo. Akan tetapi, dalam studi tersebut, bisa jadi bukan hanya kafein yang berperan mengurangi selulit, melainkan kombinasi bahan alami lain di dalamnya. 

9. Sebagai scrub wajah

Manfaat kopi untuk wajah bisa dijadikan sebagai scrub wajah. Scrub dari masker kopi dipercaya efektif dalam mengangkat sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat. Kandungan asam dalam kopi dapat  membantu mengangkat lapisan kulit mati lebih dalam lagi. Belum lagi, efek pijatan kulit yang Anda lakukan saat menggunakan masker dari kopi juga turut melancarkan aliran darah pada jaringan kulit. 

10. Melindungi kulit kepala

Manfaat masker kopi tak hanya untuk wajah, melainkan juga untuk area kulit kepala dan rambut. Kopi bersifat asam sehingga kadar pH-nya berada di angka 5.11. Kadar kelembapan ini cocok dengan pH kulit kepala, yaitu 5.5, dan rambut di angka pH 3.67.Itu sebabnya, cara menggunakan masker kopi untuk rambut bisa dilakukan untuk menyeimbangkan kadar pH pada rambut dan kulit kepala. Anda bisa menggunakan masker bubuk kopi atau membilas rambut dengan air kopi dingin untuk mengangkat sel kulit mati di kulit kepala.

Bagaimana cara menggunakan masker kopi yang aman?

Perlu diketahui bahwa keamanan dan efektivitas beberapa manfaat masker kopi mungkin masih belum terbukti secara ilmiah. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk menggunakan masker ampas kopi ini.Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu.Apalagi bagi orang yang mempunyai alergi, reaksi alergi bisa saja terjadi ketika menggunakan masker kopi hitam ini. Untuk mengecek apakah kulit Anda cocok memperoleh manfaat kopi untuk kulit wajah, lakukan ini sebelum menggunakannya pada wajah:
  • Coba oleskan sedikit masker kopi terlebih dulu ke beberapa bagian tubuh lain, seperti punggung tangan, area kulit belakang siku, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama sekitar 15 menit dan bilas dengan air hingga kulit benar-benar bersih. 
  • Lalu lihatlah reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman untuk menggunakan masker ini pada wajah. 
  • Sebaliknya, bila muncul reaksi alergi, berhentilah menggunakannya. 
Khasiat masker kopi sangat banyak karena kandungannya yang sangat bersahabat bagi kulit, rambut, dan kulit kepala. Namun, perlu diingat bahwa cara menggunakan masker kopi untuk wajah ini bisa diperoleh secara maksimal bila Anda menggunakan masker ampas kopi alami daripada bubuk kopi instan kemasan. Jika Anda masih punya pertanyaan seputar manfaat dan cara menggunakan masker kopi, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/coffee-benefits-for-skin#bottom-line
Diakses 18 September 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322875.php
Diakses 18 September 2019
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/coffee-grounds-for-the-skin-and-face-4126110
Diakses 18 September 2019
American Chemical Society. https://www.eurekalert.org/pub_releases/2005-08/acs-cin081905.php
Diakses pada 15 Februari 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25041334/
Diakses pada 15 Februari 2021
National Library of Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21564138/
Diakses pada 15 Februari 2021
Coffee in Health and Disease Prevention. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780124095175000036
Diakses pada 15 Februari 2021
Tovita Nutrition. http://www.tovitanutrition.com/blog/2015/7/13/diy-coffee-scrub-face-mask
Diakses pada 15 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait