Sebelum mengaplikasikan masker kopi pada wajah, pastikan Anda menggunakan bubuk kopi alami, bukan yang instan
Gunakan masker kopi secara teratur untuk mencegah penuaan dini

Bagi pecinta kopi, rasa-rasanya tiada hari yang dimulai tanpa secangkir kopi favorit untuk menambah energi. Menariknya, kopi juga bisa bermanfaat sebagai masker. Manfaat masker kopi bagi kulit sangat banyak, mulai dari anti-peradangan hingga bikin wajah glowing.

Adalah American Chemical Society yang menguak fakta bahwa kopi merupakan sumber antioksidan terpopuler di Amerika Serikat. Tak hanya dengan diminum, tapi juga diaplikasikan secara langsung ke kulit.

Anda bisa berkreasi dengan membuat masker, scrub, atau pasta dari biji kopi untuk diaplikasikan langsung ke kulit wajah atau area tubuh lainnya.

Manfaat masker kopi

Untuk mengetahui lebih jauh manfaat masker kopi dan resep membuatnya, mari kita kulik lebih jauh lagi.

1. Menyamarkan selulit

Faktanya, kopi bisa menyamarkan selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi melancarkan aliran darah di bawah kulit. Dengan demikian, selulit bisa semakin tersamarkan.

Metode ini bisa diaplikasikan dengan menggosokkan bubuk kopi ke area kulit yang memiliki selulit. Proses mengaplikasikan ini juga menjadi media untuk eksfoliasi sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus.

2. Anti-penuaan

Penuaan pada kulit menjadi momok bagi banyak orang. Untungnya, mengaplikasikan kopi pada kulit bisa mengurangi bintik hitam, area kulit kemerahan, dan keriput. Anda bisa mencampurkan bubuk kopi dengan air dan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pada area wajah secara merata.

Dengan melakukan perawatan ini secara berkala, kulit Anda akan tampak lebih cerah dan glowing. Lakukan secara berkala sesuai kebutuhan Anda.

3. Vitamin B3

Bagi penderita kanker kulit, asupan vitamin B3 sangatlah krusial. Kopi merupakan sumber vitamin B3 (niacin) yang sangat kaya berkat kandungan trigonelline di dalamnya. Menurut Skin Cancer Foundation, niacin ini mencegah pertumbuhan sel kanker kulit.

4. Mengatasi peradangan

Ada kalanya kulit mengalami peradangan karena kondisi sebuah area kulit lebih gelap dari lainnya (hiperpigmentasi) atau masalah kulit lainnya. Manfaat masker kopi berikutnya untuk mengatasi peradangan terjadi berkat kandungan chlorogenic acid (CGA) dan melanoidins dalam kopi.

5. Mengurangi jerawat

Apabila Anda memiliki jerawat membandel yang tak kunjung pergi, coba aplikasikan masker kopi untuk menguranginya. Kandungan chlorogenic acid dalam kopi memiliki khasiat anti-peradangan dan anti-bakteri sehingga kulit tidak menjadi tempat berkembang biak bagi jerawat.

Anda bisa menggosok area wajah perlahan dengan bubuk kopi yang sudah dicampur dengan air. Cara ini dapat mengangkat sel kulit mati dan mengangkat sumbatan di pori-pori.

6. Mengatasi kantong mata hitam

Mata panda atau kantong mata hitam kadang bisa mengganggu penampilan Anda. Tapi tenang, kopi bisa membantu mengatasi kantong mata hitam. Kandungan kafein dalam kopi bisa melancarkan aliran darah di area bawah mata.

Caranya cukup dengan menggabungkan ½ sendok teh bubuk kopi dan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes air hingga teksturnya menjadi pasta. Kemudian, aplikasikan di bawah mata secara perlahan karena area ini sangatlah tipis.

Diamkan selama 5-10 menit. Kemudian, bilas dengan air dan kain lembut. Cara ini bisa diulang beberapa kali.

7. Merawat kulit terbakar

Kadang kulit Anda bisa terbakar ketika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama. Nah, manfaat masker kopi berikutnya bisa membantu mengatasi hal ini.

Cara membuatnya sama seperti membuat secangkir kopi. Kemudian, tambahkan air dingin sehingga suhunya tidak terlalu tinggi. Saring kopi ini dengan kain lembut sehingga ampasnya terbuang.

Lalu, gunakan kain itu untuk memijat perlahan area kulit yang terbakar. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari hingga kulit kemerahannya mereda.

8. Melindungi kulit kepala

Manfaat masker kopi tak hanya untuk wajah saja, tapi juga untuk kulit kepala dan rambut. Kita tahu bahwa kopi bersifat asam atau pH-nya berada di angka 5.11. Kadar kelembaban ini cocok dengan pH kulit kepala yaitu 5.5 dan rambut di angka pH 3.67.

Itu sebabnya, mengaplikasikan masker kopi ke rambut bisa menjadi langkah tepat dalam menyeimbangkan level pH di kulit kepala dan rambut. Anda bisa menggunakan masker bubuk kopi atau air kopi dingin ke rambut untuk mengangat sel kulit mati di kulit kepala.

Manfaat masker kopi sangatlah banyak karena kandungannya yang sangat bersahabat bagi kulit, rambut, dan juga kulit kepala. Akan lebih baik jika Anda membuat masker kopi dari bubuk kopi alami ketimbang kopi kemasan.

Namun sebelumnya, jangan lupa cek apakah Anda memiliki alergi ketika mengaplikasikan masker kopi pada kulit. Jika tidak yakin, bertanya pada dokter atau ahlinya bisa jadi solusi.

Healthline. https://www.healthline.com/health/coffee-benefits-for-skin#bottom-line
Diakses 18 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322875.php
Diakses 18 September 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/coffee-grounds-for-the-skin-and-face-4126110
Diakses 18 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed