Ini Dia Manfaat Blueberry yang Dinobatkan Sebagai Superfood

Manfaat blueberry sangat baik untuk tubuh
Manfaat blueberry sangat luar biasa sehingga dijuluki superfood

Warnanya yang biru dan rasanya yang manis menyegarkan membuat buah blueberry tidak hanya menarik di mata tetapi juga menggugah selera. Tapi tahukah Anda bahwa blueberry punya segudang manfaat bagi kesehatan sehingga membuatnya masuk ke dalam jejeran daftar superfood.

Apa saja manfaat buah blueberry?

  • Menurunkan berat badan

Ingin mewujudkan badan impian? Coba ganti cemilan Anda dengan buah blueberry yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Satu cangkir blueberry hanya memiliki sekitar 84 kalori karena buah blueberry 85 persennya terdiri dari air.

Manfaat blueberry tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga mampu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Anda akan merasa kenyang lebih lama karena kandungan serat dalam blueberry yang tinggi.

  • Mengurangi kelelahan atau nyeri otot

Suka berolahraga dengan berat? Pulihkan diri dengan mengonsumsi buah blueberry! Buah blueberry dapat mengurangi kerusakan pada otot yang menyebabkan rasa nyeri dan penurunan performa dari otot.

  • Kaya antioksidan

Buah blueberry dinobatkan sebagai buah yang memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dari buah dan sayuran lainnya. Antioksidan sangat penting untuk menanggulangi radikal bebas dan mengurangi kerusakan pada DNA.

Kerusakan pada DNA dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker dan mengalami penuaan dini.

  • Mengurangi kadar kolesterol

Bagi Anda yang menderita atau berisiko kolesterol tinggi, Anda dapat mempertimbangkan konsumsi buah blueberry sebagai cara untuk menurunkan tingkat kolesterol Anda.

Buah blueberry bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Akan tetapi, hal ini tidak berarti buah blueberry adalah obat instan untuk kolesterol tinggi. Anda perlu menyeimbangkannya dengan pola hidup yang sehat.

  • Menurunkan tekanan darah

Selain kolesterol, buah blueberry juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, tentunya konsumsi buah blueberry perlu diiringi dengan pola hidup yang sehat.

  • Melindungi organ otak

Uniknya, antioksidan dalam buah blueberry dapat memberikan dampak yang positif pada kesehatan otak, terutama pada bagian intelegensi. Buah blueberry ditemukan mampu menjaga kesehatan saraf otak dan memperlambat penurunan kognitif pada kaum lansia.

  • Baik untuk tulang

Kandungan kalsium, fosfor, zat besi, mangan, vitamin K, zinc, dan magnesium dalam buah blueberry sangat penting untuk struktur dan kekuatan tulang. Buah blueberry membantu menjaga kelenturan dan kekuatan persendian serta tulang, dan mengurangi risiko retak tulang.

  • Mencegah penyakit jantung

Manfaat blueberry yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah bisa mengurangi peluang Anda menderita penyakit jantung. Namun, riset lain masih diperlukan untuk memahami manfaat blueberry yang satu ini.

  • Menanggulangi diabetes

Karena kandungan gulanya yang rendah, buah blueberry mampu membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan anthocyanin dalam buah blueberry membuatnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa.

  • Mencegah infeksi saluran kandung kemih

Gangguan infeksi saluran kandung kemih sangatlah mengganggu dan untuk mencegahnya, Anda dapat mencoba mengonsumsi buah blueberry. Hal ini karena buah blueberry memiliki senyawa yang sama dalam buah cranberry yang bisa mencegah infeksi saluran kandung kemih.

Kedua buah tersebut mengandung senyawa antiadhesive yang dapat mencegah bakteri E.coli untuk menempel pada dinding kandung kemih dan menimbulkan infeksi.

  • Menjaga kesehatan kulit

Buah blueberry kaya akan vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen dan mencegah kerusakan pada kulit akibat polusi dan sinar matahari. Selain itu, dengan mengonsumsi buah blueberry, Anda telah mencukupi sekitar 24 persen asupan vitamin C harian Anda.

Efek samping buah blueberry

Tidak semua orang bisa menikmati manfaat blueberry. Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti warfarin, sebaiknya menghindari konsumsi buah blueberry karena berpotensi untuk mengganggu proses pembekuan darah.

Sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah blueberry apabila Anda mengalami kondisi medis tertentu.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-blueberries
Diakses pada 10 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287710.php
Diakses pada 10 Desember 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed