Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil 9 Bulan

(0)
19 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan cukup beragam, salah satunya daging mentah.Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan.
Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan harus menjadi perhatian bagi para wanita yang sedang menunggu kehadiran Si Kecil ke dunia. Walaupun ada kudapan favorit dalam daftar makanan tersebut, relakanlah untuk sementara waktu demi kesehatan Anda dan juga bayi yang sebentar lagi terlahir.Jika sulit untuk menghentikan konsumsinya sepenuhnya, Anda bisa mulai menguranginya secara perlahan.

Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan

Mungkin Anda hanya harus menunggu beberapa hari atau minggu lagi sampai bertemu dengan Si Kecil yang sudah tak sabar ingin terlahir. Untuk memaksimalkan kesehatan bayi dan juga ibu hamil saat bertatap mata pertama kalinya, pahamilah makanan yang harus dikurangi dan dihindari saat hamil 9 bulan ini!

1. Kafein

Jangan salah, kafein tidak melulu kopi atau teh saja. Kafein juga terkandung dalam makanan. Salah satu makanan yang berpotensi mengandung kafein adalah cokelat.Memang, rasanya yang manis seringkali menggiur lidah ibu hamil. Namun hati-hati, kafein bisa berbahaya bagi kesehatan bayi yang ada di dalam janin.Ditambah lagi, kafein merupakan stimulan yang bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Keduanya sama sekali tidak direkomendasikan saat hamil.Namun sebuah riset menyatakan bahwa mengonsumsi kafein tak labih dari 300 miligram per hari dianggap masih aman. Meski begitu, jangan pernah mengonsumsi kafein dalam bentuk apapun, sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan.

2. Alkohol

Sama seperti kafein, alkohol tidak hanya ditemukan dalam minuman keras seperti bir atau anggur merah, tapi juga makanan. Ada beberapa makanan yang bisa dimasak dengan alkohol, seperti daging misalnya.Tidak hanya ketika usia janin menginjak 9 bulan saja, tapi sejak awal kehamilan, alkohol harus disingkirkan. Sebab, alkohol dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan fetal alcohol spectrum disorder (FASD).

3. Keju yang tidak dipasteurisasi

Hati-hati, keju yang tidak dipasteurisasi adalah jenis makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan. Mengapa demikian?Sebab, keju yang tidak dipasteurisasi dapat meningkatkan risiko listeriotik, infeksi yang berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan. Maka dari itu, hindarilah keju yang tak dipasteurisasi!

4. Ikan dengan merkuri tinggi

Daging hiu
Daging ikan hiu
Ikan dengan kandungan merkuri tinggi adalah jenis makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan maupun selama kehamilan. Sebab, merkuri adalah senyawa berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan dan kesehatan janin di dalam rahim.Hati-hati dengan ikan laut seperti hiu, marlin, atau ikan todak. Ketiganya berpotensi mengandung merkuri tinggi.

5. Makanan dengan pemanis buatan

Pemanis buatan seperti sakarin sangat berbahaya bagi kehamilan. Tidak harus menunggu sampai 9 bulan, Anda disarankan untuk menghindari sakarin sejak awal kehamilan.Sebab, ketika masuk ke dalam tubuh, sakarin bisa menembus plasenta dan terperangkap di dalam jaringan tubuh janin.Jika memang Anda mengidam-idamkan makanan manis, makanlah buah-buahan yang mengandung pemanis alami. Selain itu, buah-buahan juga sangat baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

6. Daging mentah

Makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan selanjutnya datang dari hewan-hewan seperti sapi atau kambing yang tidak diolah hingga matang. Ya, daging mentah harus dihindari selama kehamilan. Sebab, bakteri atau virus yang ada di dalam daging mentah bisa menembus plasenta dan membahayakan kesehatan janin.

7. Junk foods

Junk foods adalah istilah untuk makanan yang hanya memiliki sedikit nutrisi, tapi kaya akan gula, kalori, dan lemak. Jika dikonsumsi, bukannya kebaikan yang akan datang, melainkan keburukan dan “malapetaka” bagi ibu hamil dan janin. Kalau bisa, hindarilah segala jenis makanan junk foods!Dengan tekad yang kuat, sebenarnya tidak sulit menyingkirkan berbagai jenis makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan ini. Jadikan kesehatan Anda dan janin sebagai motivasi untuk selalu hidup sehat dan mengonsumsi buah serta sayuran. Jangan lupa juga untuk berolahraga ringan, seperti jalan kaki atau yoga, ya!

Makanan untuk ibu hamil 9 bulan

Jangan fokus terhadap berbagai makanan yang harus dihindari saat hamil 9 bulan saja, tapi juga cari tahu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat usia janin menginjak 9 bulan.Berikut ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil 9 bulan:
  • Makanan berserat tinggi, seperti buah, sereal, gandum utuh, oatmeal, dan sayuran
  • Makanan berkalsium tinggi, seperti kacang almond, yogurt, atau sayuran hijau
  • Makanan berzat besi tinggi, seperti brokoli, ayam, telur, dan ikan (yang tak mengandung merkuri)
  • Makanan mengandung vitamin C, seperti brokoli, stroberi, hingga jeruk
  • Makanan dengan asam folat tinggi, sebut saja sayuran hijau, kacang-kacangan, hingga sayuran hijau
  • Makanan mengandung vitamin A, seperti ubi, wortel, dan bayam
Dengan mengonsumsi berbagai makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil 9 bulan di atas, diharapkan janin akan sehat dan persalinan bisa lancar.
menjaga kehamilankehamilanibu hamil
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/ninth-month-pregnancy-diet-33-36-weeks/
Diakses pada 5 Agustus 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/pregnancy-health/caffeine-intake-during-pregnancy/
Diakses pada 5 Agustus 2020
Pregnancy Birth Baby. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/alcohol-and-pregnancy
Diakses pada 5 Agustus 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/9th-month-pregnancy-diet-foods-eat-avoid_0074506/
Diakses pada 5 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/women/qa/should-you-avoid-saccharin-while-pregnant
Diakses pada 5 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3625078/
Diakses pada 5 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait