Ini Dia Ciri-ciri Kepribadian Ekstrovert, Apa Anda Memilikinya?

Kepribadian ekstrovert sangat nyaman berada di kelompok
Orang berkepribadian eksrovert merasa nyaman dalam kelompok

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah mendengarkan istilah kepribadian ekstrovert dan introvert. Masyarakat sering membedakan keduanya sebagai ‘si heboh’ dan ‘si pendiam’, tetapi sebenarnya kepribadian ekstrovert dan introvert tidak hanya dibedakan dari itu saja.

Pada dasarnya, kepribadian ekstrovert merujuk dari cara seseorang mendapatkan energi. Orang memiliki kepribadian ekstrovert akan merasa lebih berenergi dengan melakukan aktivitas yang di luar dari dirinya.

Hal inilah yang membuat orang dengan kepribadian ekstrovert dikenal sebagai orang-orang yang heboh dan senang bersosialisasi dengan orang lain. Namun, tentunya ciri-ciri orang ekstrovert tidak hanya itu saja!

Apa saja indikasi seseorang memiliki kepribadian ekstrovert?

Senang bersosialisasi bukan satu-satunya ciri dari orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Jadi, Anda tidak boleh dengan cepat menyimpulkan bahwa diri Anda atau teman Anda memiliki kepribadian ekstrovert hanya karena senang bersosialisasi.

Lantas, apa saja ciri-ciri dari orang ekstrovert? Berikut ini adalah beberapa ‘tanda-tanda’ yang dimiliki oleh orang yang memiliki kepribadian ekstrovert.

  • Optimis dan positif

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert biasanya tidak akan terlalu terbenam dalam masalahnya dan cenderung memiliki sikap yang positif dan gembira. Masalah yang dihadapi tidak akan dipikirkan terlalu lama.

  • Nyaman dalam kelompok

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert merasa nyaman dalam kerumunan atau kelompok. Orang yang berkepribadian ekstrovert akan merasa lebih berkembang dalam kelompok dan umumnya menjadi ketua atau pemimpin dari suatu komunitas atau organisasi.

Orang dengan kepribadian ekstrovert akan masuk dan menjadi bagian dari berbagai komunitas dan organisasi, serta jarang menolak undangan atau ajakan dari orang lain.

  • Senang bersosialisasi

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert senang menjadi pusat perhatian dan senang berkenalan dengan orang-orang baru. Orang ekstrovert akan selalu mengikuti kegiatan-kegiatan sosial dan tidak malu untuk memperkenalkan dirinya pada orang lain.

  • Mudah berteman

Selain senang bersosialisasi, orang dengan kepribadian ekstrovert mudah berteman dengan orang lain dan memiliki banyak teman dan koneksi, serta sering dianggap ramah. Orang-orang ekstrovert senang memperluas koneksinya dan berkenalan dengan orang-orang baru.

  • Tidak senang sendirian

Orang ekstrovert yang senang bersosialisasi tidak suka sendirian, hal ini karena orang dengan kepribadian ekstrovert merasa lebih berenergi bersama dengan orang lain daripada sendirian. Mereka justru akan merasa tidak berenergi jika sendirian.

  • Tidak takut mengambil risiko

Uniknya, orang ekstrovert juga tidak takut mengambil risiko dan cenderung lebih mungkin untuk melakukan perilaku yang riskan. Bahkan, orang dengan kepribadian ekstrovert merasa bangga jika berhasil melakukannya dengan sukses.

  • Fleksibel

Mudah beradaptasi dalam setiap situasi adalah salah satu ciri dari orang dengan kepribadian ekstrovert. Orang-orang ekstrovert bisa dengan mudah beradaptasi saat ada perubahan dalam rencananya dan mudah membuat keputusan atau tindakan secara spontan.

  • Senang berbicara

Serupa dengan senang bersosialisasi, orang dengan kepribadian ekstrovert senang berbicara atau memulai percakapan dengan orang-orang di sekitarnya serta mempelajari kehidupan orang tersebut. Orang ekstrovert cenderung berbicara terlebih dahulu sebelum berpikir.

  • Cenderung mendiskusikan masalah

Karena senang berbicara, orang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan akan lebih sering mendiskusikan dan meminta saran mengenai permasalahan yang dihadapi. Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan lebih mudah mengekspresikan apa yang ada di pikirannya.

  • Mudah terbuka dengan orang lain

Orang dengan kepribadian ekstrovert sangat terbuka dan senang membagikan pemikiran serta perasaannya dengan orang lain. Orang ekstrovert cenderung lebih mudah didekati daripada orang introvert.

Bagaimana jika Anda tidak memenuhi semua kriteria kepribadian ekstrovert?

Anda tidak perlu bingung kalau Anda tidak memenuhi semua ciri dari orang yang memiliki kepribadian ekstrovert, karena sebenarnya tidak banyak orang yang benar-benar memiliki kepribadian ekstrovert seutuhnya.

Justru kebanyakan orang akan berada di tengah-tengah dan tidak sepenuhnya memiliki kepribadian ekstrovert yang ekstrim. Selain itu, kepribadian bisa mengalami perubahan dan sewaktu-waktu, Anda bisa saja cenderung merasa memiliki kepribadian introvert daripada kepribadian ekstrovert.

Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-an-extrovert#1
Diakses pada 02 Desember 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-extrovert-2795426
Diakses pada 02 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed