Ini Dia Cara Kerja Masker Charcoal untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Kandungan arang aktif masker charcoal memang dikenal kaya manfaat untuk kesehatan kulit
Masker charcoal diyakini dapat mengangkat bakteri dan kotoran di kulit wajah

Charcoal atau arang kini sudah merambah dunia perawatan kulit, dengan banyaknya produk dengan konsep charcoal. Salah satu yang populer digunakan adalah masker charcoal, yang diyakini dapat mengangkat bakteri dan kotoran di kulit wajah. Kandungan arang aktif memang dikenal kaya manfaat untuk kesehatan kulit.

Umumnya, masker charcoal dipakai sebagai bagian dari rangkaian skincare di malam hari. Mengingat kandungan arang aktif dalam masker charcoal sudah berupa partikel kecil, maka lebih mudah terserap dan mengangkat kotoran di wajah.

Manfaat masker charcoal

Jika sedang mempertimbangkan untuk menambahkan masker charcoal sebagai bagian dari perawatan kulit, beberapa potensi manfaat ini bisa jadi pertimbangan:

1. Mengangkat kotoran

Mengingat karbon aktif punya kemampuan untuk menyerap bakteri dan zat beracun dari dalam tubuh, pakar kulit dan kecantikan meyakini bahwa masker charcoal bisa mengemban tugas yang sama, yaitu mengangkat kotoran di wajah.

Jika dilakukan secara berkala – namun tidak setiap hari – memakai masker charcoal dapat membuat wajah lebih bersih dan sehat.

2. Baik untuk kulit berjerawat

Terkadang, tidak mudah menemukan perawatan wajah untuk jenis yang mudah berjerawat. Salah memilih sedikit, bisa-bisa yang terjadi adalah breakout atau muncul lebih banyak lagi jerawat.

Meski demikian, jika merunut bahwa jerawat muncul karena akumulasi sel kulit mati, bakteri, dan minyak yang terperangkap di pori-pori, maka masker charcoal bisa jadi solusi untuk mengatasinya.

3. Menetralkan racun serangga

Gigitan atau sengatan serangga bisa menyebabkan kulit memerah dan gatal. Masker charcoal diduga berpotensi menetralkan zat racun dari serangga dan membuat kulit kembali terasa nyaman.

4. Membuat wajah tidak berminyak

Seperti iklan-iklan tentang masker charcoal, memang zat arang aktif bekerja layaknya partikel yang bisa menghisap minyak di permukaan kulit layaknya magnet. Itu sebabnya, memakai masker charcoal bisa membuat kulit tidak terlalu berminyak.

5. Membersihkan wajah menyeluruh

Langkah membersihkan wajah yang direkomendasikan dalam rangkaian skincare adalah double cleansing, yaitu membasuh dengan pembersih wajah oil-based baru dilanjutkan dengan pembersih wajah water-based.

Menambahkan masker charcoal dalam rutinitas skincare malam hari dapat membuat wajah bersih menyeluruh, terutama setelah seharian terkena makeup dan kotoran.

Bisakah digunakan tiap hari?

Meskipun ada banyak potensi manfaat dari masker charcoal, namun sebaiknya tidak digunakan setiap hari. Bergantung pada jenis kulit masing-masing, idealnya sekitar 1-2 kali saja setiap minggunya. Menggunakan masker charcoal setiap hari hanya akan membuat kelembapan alami kulit hilang.

Cara Membuat Masker Charcoal Sendiri

Selain membeli produk masker charcoal di pasaran, ada cara untuk membuat sendiri masker charcoal, yaitu:

Bahan:

  • 2 sendok teh air
  • 1 sendok teh bentonite clay
  • 1 sendok teh bubuk arang aktif
  • ½ sendok teh madu
  • 1 tetes essential oil (optional)

Cara membuat:

  • Campurkan air dan essential oil dalam sebuah mangkok
  • Tambahkan bentonite clay hingga teksturnya berminyak, diamkan selama beberapa menit
  • Tambahkan bubuk arang aktif dan madu
  • Aduk rata hingga teksturnya seperti pasta

Saat membuat masker charcoal sendiri, sebaiknya lakukan di ruangan tertutup dan tidak banyak angin karena bubuk arang mudah tertiup angin. Jika konsistensinya sudah dirasa pas, masker charcoal sudah bisa digunakan.

Catatan dari SehatQ

Ketika memakai masker charcoal baik itu yang dibeli di pasaran maupun buatan sendiri, perhatikan apakah ada reaksi alergi. Gejalanya seperti sensasi terbakar, gatal, kemerahan, atau bengkak.

Pastikan sebelum mengaplikasikan masker charcoal, wajah sudah benar-benar bersih. Tujuannya agar kandungan aktif dalam masker bisa menyerap ke dalam kulit.

Kemudian, aplikasikan masker ke seluruh bagian wajah kecuali mata dan mulut. Jika sudah, pijat perlahan ke kulit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Setelah mengeringkan wajah, aplikasikan pelembap agar tidak terasa kering. Anda juga bisa melanjutkan rangkaian skincare malam hari berikutnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/diy-charcoal-mask#8
Diakses 9 April 2020

Bebeautiful. https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/skin-concerns/benefits-of-a-charcoal-mask
Diakses 9 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/charcoal-mask-benefits#benefits
Diakses 9 April 2020

Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/g28487470/best-charcoal-masks/

Diakses 9 April 2020

Artikel Terkait