Ini 9 Ciri Kepribadian Plegmatis, Adakah yang Cocok dengan Anda?


Orang-orang dengan kepribadian plegmatis biasanya sabar, sering beramal, dan merupakan pasangan yang penuh cinta. Namun jika dikritik, mereka bisa dengan mudah merasa marah.

(0)
06 Dec 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kepribadian plegmatis suka menolong dan beramalKepribadian plegmatis dikenal sebagai orang yang senang menolong
Kepribadian plegmatis adalah salah satu dari empat pengelompokan karakter manusia yang dibuat oleh Galen. Orang dengan kepribadian ini dikenal dengan sifatnya yang tenang, seorang pengamat ulung, dan tidak suka keramaian.Selain plegmatis, Galen juga mengelompokkan kepribadian manusia menjadi tiga karakter lainnya yaitu sanguinis, melankolis, dan koleris. Masing-masing karakter ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Lebih jauh tentang kepribadian plegmatis

Orang yang memiliki kepribadian plegmatis sering dilihat sebagai penolong dan peduli dengan orang-orang di sekitarnya.Menurut sebuah jurnal yang meneliti tentang kepribadian manusia, secara umum, para plegmatis memiliki kepribadian introvert, berlawanan dengan para sanguinis yang kebanyakan punya sifat ekstrovert.Lebih lanjut, berikut ini ciri orang dengan kepribadian plegmatis.
Kepribadian plegmatis lebih suka menghindari konflik
Kepribadian plegmatis cenderung menghindari konflik

1. Cenderung menghindari konflik

Kepribadiannya yang menyukai ketenangan dan kesabaran, membuat para plegmatis cenderung lebih memilih untuk menghindari konflik. Mereka juga pendengar yang baik dan mampu berpikir secara logis dan objektif dalam menghadapi masalah.Hal ini membuat orang-orang plegmatis seringkali jadi penengah di antara lingkungan tempatnya bergaul ataupun bekerja.

2. Pasangan yang baik

Orang dengan kepribadian plegmatis tidak tertarik untuk menjalin hubungan yang dangkal dan tanpa perasaan yang mendalam. Oleh karena itu, para plegmatis akan menjadi pasangan yang setia dan penuh cinta.Tak hanya sebagai pasangan hidup, prinsip ini juga diterapkan pada teman-teman dan hubungannya dengan keluarga.

3. Memiliki jiwa sosial yang tinggi

Dibandingkan dengan ketiga kepribadian lain, para plegmatis termasuk yang memiliki ciri kooperatif, peduli dengan keadaan sekitar, mudah bersimpati dengan orang lain, dapat dipercaya, dan punya pembawaan yang hangat.Hal ini membuat mereka tidak ragu untuk berpartisipasi dalam banyak acara amal, seperti menjadi relawan dan bekerja di bidang-bidang yang berkaitan dengan bantuan sosial.
Orang dengan kepribadian plegmatis lebih suka hidup tenang
Kepribadian plegmatis lebih menikmati hidup yang tenang

4. Lebih memilih untuk hidup tenang

Para pemilik kepribadian plegmatis tidak menyukai konflik. Mereka lebih memilih untuk menempatkan dirinya di antara keluarga dan teman-teman dekat tanpa harus mencari status ataupun nama.Ciri ini juga dipicu oleh ciri lainnya sebab plegmatis memang cenderung tidak memiliki banyak ambisi dalam hidupnya

5. Cenderung introvert

Di antara keempat jenis kepribadian menurut Galen, plegmatis masuk sebagai salah satu yang sering dikaitkan dengan kepribadian introvert.Orang-orang plegmatis memang mudah mencari teman baru, tapi tidak mudah dekat dengan orang lain. Meski begitu, mereka tidak keberatan jika harus bekerjasama dengan orang lain.Baca Juga: Kelebihan-kelebihan Orang Introvert yang Tak Bisa Diremehkan

6. Tidak punya pendirian

Ciri khasnya yang tidak menyukai konflik juga membuat orang-orang dengan kepribadian plegmatis cenderung tidak punya pendirian yang kuat. Hal ini membuat mereka mudah setuju dengan orang lain.
Kepribadian plegmatis sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru
Kepribadian plegmatis sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru

7. Sulit menyesuaikan diri di lingkungan baru

Para plegmatis bukanlah orang-orang yang terlalu supel, sehingga tidak mudah menerima perubahan. Bagi mereka, waktu yang dibutuhkan untuk bisa nyaman dengan lingkungan baru cenderung lebih panjang.

8. Terkadang terlalu bergantung dengan orang lain

Karena sifatnya yang mudah setuju dengan orang lain, kelompok individu plegmatis jadi sulit untuk menentukan banyak hal sendiri.Akibatnya, mereka akan bergantung pada orang lain secara berlebihan dan terus-menerus meminta persetujuan pihak lain untuk mendapatkan keputusan penting dalam hidupnya.

9. Kurang pandai menerima kritik

Salah satu kekurangan dari para plegmatis adalah kurang pandai dalam menerima kritik. Mereka mungkin akan melihat kritik sebagai suatu penghinaan dan menjadi marah.

Jenis profesi untuk para pemilik kepribadian plegmatis

Dengan ciri-ciri di atas, orang yang memiliki kepribadian plegmatis dianggap cocok memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan kemanusiaan dan menolong orang lain, seperti:
  • Perawat
  • Guru
  • Psikolog
  • Praktisi tumbuh-kembang anak
  • Pekerja sosial

Catatan dari SehatQ

Sejauh ini, masih banyak kontroversi atau perdebatan di antara para ahli mengenai akurasi berbagai tipe kepribadian, termasuk yang dilakukan oleh Galen. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak menjadikan informasi di atas sebagai acuan baku untuk menilai seseorang.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang jenis kepribadian, maupun hal lain yang berkaitan dengan psikologi, Anda bisa berdiskusi langsung dengan psikolog secara online di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
gangguan kepribadiantes psikologi
Biomulecular and Health Science Journal. https://e-journal.unair.ac.id/BHSJ/article/view/9579/5886
Diakses pada 24 November 2020
Psychologia. https://psychologia.co/four-temperaments/
Diakses pada 24 November 2020
Better Help. https://www.betterhelp.com/advice/temperament/4-most-common-temperament-types/
Diakses pada 24 November 2020
Psychologia. https://psychologia.co/phlegmatic-personality/
Diakses pada 24 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait