Ini Ciri-ciri Payudara yang Baik dan Sehat, Kaum Hawa Perlu Tahu


ciri-ciri payudara yang sehat dan baik adalah yang tidak memiliki benjolan, yang tidak nyeri, tidak gatal, dan tidak mengalami perubahan tekstur. Dari segi bentuk dan ukuran, payudara normal tiap wanita bisa berbeda.

(0)
11 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ciri-ciri payudara yang sehat dan baik adalah tidak memiliki benjolan, tidak nyeri, dan tidak gatalCiri-ciri payudara yang sehat dan baik adalah yang tidak memiliki benjolan dan tidak nyeri
Ciri-ciri payudara yang sehat perlu diketahui agar saat ada perubahan atau gangguan yang terjadi, Anda bisa segera mengenalinya dan mendapatkan perawatan yang sesuai. Bentuk, ukuran, hingga posisi payudara setiap wanita bisa sedikti berbeda. Namun, ada beberapa ciri khas yang membedakan payudara yang sehat dan yang tidak.

Ciri-ciri payudara yang baik dan sehat

Ciri-ciri payudara yang sehat dan baik adalah yang tidak terdapat benjolan abnormal, tidak nyeri, tidak gatal
Ciri payudara yang sehat adalah yang tanpa benjolan dan nyeri
Berikut ini ciri-ciri payudara yang baik dan sehat yang perlu Anda ketahui.

1. Tanpa benjolan abnormal

Benjolan abnormal pada payudara bisa menandakan banyak hal dan tidak semuanya berbahaya.Namun, salah satu penyebab terjadinya benjolan memang bisa saja kanker payudara, sehingga saat Anda merasakan benjolan di area tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, terutama jika benjolan tak juga hilang setelah enam minggu.

2. Tanpa nyeri berkepanjangan

Tidak ada rasa nyeri yang tidak kunjung hilang dalam waktu lama juga menjadi salah satu ciri-ciri payudara sehat. Jika payudara Anda terasa nyeri tapi cepat menghilang dan muncul mendekati waktu menstruasi, biasanya hal ini adalah hal normal.Ibu hamil dan menyusui juga sering mengalami nyeri pada payudara. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila ini terjadi di kedua masa tersebut.Namun jika rasa nyeri tak kunjung hilang dan kemunculannya disertai gejala lain seperti gatal, ruam, atau muncul nanah, segera periksakan ke dokter untuk menentukan penyebabnya.

3. Tidak keluar cairan

Ciri payudara sehat selanjutnya adalah tidak adanya cairan yang keluar dari puting. Tentu, jika cairan yang keluar adalah air susu pada ibu hamil atau menyusui, maka hal tersebut wajar terjadi.Hal yang perlu Anda perhatikan adalah apabila cairan yang keluar konsistensinya seperti nanah, maka segera periksakan diri ke dokter. Kondisi tersebut bisa menandakan infeksi di jaringan payudara.

4. Tidak mengalami perubahan warna dan tekstur kulit

Kulit payudara yang normal adalah yang tidak memiliki ruam maupun perubahan tekstur menjadi bersisik dan ruam.Oleh karena itu saat Anda mengalaminya, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti nyeri dan gatal, maka ada kemungkinan terjadi gangguan di jaringan tersebut.

5. Bentuk dan ukuran payudara yang sehat

Bentuk dan ukuran payudara setiap wanita bisa berbeda. Payudara adalah organ yang sebagian besarnya terdiri dari lemak. Oleh karena itu saat Anda mengalami kenaikan maupun penurunan berat badan, bentuk dan ukurannya bisa berubah.Sebelum menstruasi, payudara juga bisa membengkak, sehingga ukurannya terlihat lebih besar dari biasanya. Ukuran dan bentuk payudara sebelah kiri dan kanan pun tidak selalu sama.Apabila Anda merasa ada yang salah dari payudara, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mencari penyebab terjadinya gangguan tersebut.Memiliki ciri-ciri yang mengarah pada gangguan payudara tidak selalu berujung fatal. Beberapa di antaranya terjadi akibat perubahan normal di tubuh. Jadi untuk memastikan penyebabnya, Anda perlu menjalani permeriksaan mendetail.

Cara menjaga kesehatan payudara

Cara mendapatkan payudara sehat adalah dengan rajin olahraga
Cara mendapatkan payudara sehat dengan rajin olahraga
Kesehatan payudara sangat penting untuk dijaga. Berikut ini tipsnya untuk Anda.

• Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan berlebih alias obesitas, akan meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker payudara.
Hubungan antara keduanya belum terlalu dimengerti. Namun para ahli menduga hal tersebut dipengaruhi oleh hormon estrogen yang diproduksi di jaringan lemak.
Pada perempuan yang memiliki kelebihan berat badan, jaringan kanker payudara yang sensitif terhadap estrogen lebih mudah terpapar hormon tersebut. Oleh karena itu, pertumbuhan jaringan tersebut bisa berlangsung lebih cepat.

• Olahraga teratur

Perempuan yang berolahraga secara teratur, berisiko lebih rendah mengalami penyakit payudara. Sebab, dengan olahraga teratur, sistem kekebalan tubuh akan membaik. Selain itu, berat badan juga akan tetap terjaga.

• Mengonsumsi makanan bergizi dan banyak minum air putih

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi lengkap serta mencukupi kebutuhan cairan harian akan membantu menjauhkan payudara dari berbagai penyakit, termasuk kanker.Makanan seperti semangka, brokoli, kale, kol, dan biji-bijian, terutama baik untuk mencegah terbentuknya sel-sel kanker. Hindari konsumsi makanan manis dan lemak olahan terlalu banyak, karena bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

• Memenuhi kebutuhan vitamin D

Wanita yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Anda bisa mendapatkan vitamin ini dari sinar matahari maupun makanan yang diperkaya dengan vitamin D serta suplemen.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang ciri-ciri payudara yang baik dan sehat serta penyakit payudara lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kanker payudarapayudaraabses payudara
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/5-ways-to-boost-breast-health/
Diakses pada 31 Maret 2021
WebMD. https://www.webmd.com/women/normal-vs-abnormal-breasts
Diakses pada 31 Maret 2021
Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/puberty/are-my-breasts-normal
Diakses pada 31 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait