Ini Cara Menipiskan Bibir Dower Dengan atau Tanpa Operasi

Bibir dower dapat diatasi dengan beberapa cara, salah satunya operasi
Bentuk bibr yang baru saja dioperasi

Tidak sedikit orang yang mencari cara untuk membuat bibir terlihat lebih tebal dan penuh, namun tidak demikian halnya jika Anda memiliki bibir dower. Pada situasi ini, Anda tentu ingin efek bibir yang lebih tipis dan kecil.

Memiliki bibir yang lebih kecil dianggap menghadirkan kesan yang klasik, baik, dan tidak terlalu sensual seperti halnya saat memiliki bibir tebal atau dower. Seperti halnya menebalkan bibir, menipiskan bibir dower juga bisa ditempuh dengan jalan operasi untuk menghasilkan efek yang lebih permanen.

Meskipun demikian, bagi Anda yang tidak ingin naik meja operasi, tetap ada cara yang dapat dicoba, meski hasilnya lebih tidak permanen. Apa saja cara-cara yang dimaksud?

Cara menipiskan bibir dower tanpa operasi

Sebelum Anda memilih cara yang lebih invasif untuk mengubah bentuk bibir secara permanen, tidak ada salahnya mencoba beberapa trik menipiskan bibir dower tanpa operasi ini. Cara yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Menggunakan make-up

Bukan rahasia bahwa make-up dapat menghasilkan perubahan drastis pada wajah, termasuk dalam membuat kesan bibir dower yang lebih tipis. Untuk mendapatkannya, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Aplikasikan foundation dengan warna senada bibir, lalu ratakan menggunakan beauty blender atau kuas. Untuk menambah kesan menyatu, Anda juga dapat menambahkan penggunaan
  • Bentuk garis bibir yang baru sesuai dengan keinginan Anda menggunakan pensil bibir dengan warna nude untuk hasil yang alami atau warna gelap untuk hasil yang lebih bold. Mulai tarik garis dari sudut bibir dengan goresan tipis agar mudah dihapus jika terjadi kesalahan. Jika Anda sudah puas dengan bentuk bibir tipis, tebalkan garis bibir yang baru tersebut.
  • Ketika garis bibir tipis yang baru sudah terbentuk, warnai bibir dengan warna yang lembut dan cocok di bibir Anda.

Sebisa mungkin gunakan kosmetik yang tahan lama agar Anda tidak harus sering touch-up demi mempertahankan efek make-up bibir tipis ini. Hindari juga pemakaian lipstik yang mengkilap karena akan membuat bibir Anda lebih penuh dari biasanya.

2. Jaga kebersihan bibir

Bibir yang kotor dan jarang dibersihkan akan membuat bibir dower terlihat semakin tebal. Anda dapat menjaga kebersihan bibir dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat mengangkat sel kulit mati, seperti scrub bibir yang terbuat dari madu dan gula pasir.

3. Olahraga bibir

Olahraga bibir dengan menarik otot bibir seperti tengah tersenyum selama beberapa kali dalam sehari dipercaya dapat menipiskan bibir dower. Tersenyum juga diyakini memiliki efek serupa, meski tidak permanen.

Cara menipiskan bibir dower lewat tindakan medis

Satu-satunya cara menipiskan bibir dower lewat tindakan medis adalah dengan jalan operasi lip reduction. Operasi ini dilakukan dengan mengambil sebagian jaringan kulit di atas atau bawah bibir, bahkan keduanya sehingga bentuk bibir Anda akan berubah secara keseluruhan.

Seperti operasi pembedahan pada umumnya, pertama-tama dokter akan menyuntikkan cairan anestesi, baik berupa bius lokal maupun bius total. Setelah jaringan bibir diambil, dokter akan menyatukan sisa kulit pada bibir yang masih menempel dengan cara dijahit.

Jahitan ini akan membaik dalam beberapa hari, kemudian kering dan mengelupas dalam beberapa minggu. Dengan sembunya luka jahitan, maka bentuk bibir Anda juga akan membaik dan lebih tipis dari sebelumnya.

Bila Anda hanya ingin menipiskan salah satu sisi bibir dower (misalnya pada bagian bawah saja), dokter juga bisa menyarankan operasi dengan teknik Brazilian. Dalam prosedur ini, jaringan yang diambil lebih banyak dari salah satu bagian bibir saja.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104
Diakses pada 18 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/lip-reduction
Diakses pada 18 Mei 2020

All Beauty Today. https://allbeautytoday.com/how-to-make-your-lips-smaller/
Diakses pada 18 Mei 2020

Pick Up Beauty. https://www.pickupbeauty.com/how-to-make-your-lips-smaller/
Diakses pada 18 Mei 2020

Artikel Terkait