Ini Cara Mengusir Lalat di Rumah Agar Keluarga Terhindar dari Penyakit

Menyemprotkan air yang sudah mengandung cabe rawit juga bisa menjadi cara mengusir lalat.
Salah satu cara mengusir lalat dari rumah Anda ialah, menanam tanaman herbal dan bunga.

Bunyi suara lalat dan kepakan sayapnya itu memang sangat khas, Anda bisa mendengarnya ketika lalat sudah berterbangan di sekitar. Kalau lalat sudah masuk ke rumah, sudah pasti kita akan mencoba mengusir binatang yang satu ini. Baca yuk tips cara mengusir lalat yang ampuh, agar binatang ini tidak kembali lagi.

Cara mengusir lalat dari rumah agar keluarga tetap sehat

Jika selama ini masih menyepelekan keberadaan lalat di rumah, kini saatnya ubah pandangan Anda. Lalat bukanlah sekadar serangga yang bisa terbang ke sana dan sini. Ada banyak penyakit yang bisa dibawa lalat ke dalam rumah, sehingga Anda dan anggota keluarga pun berisiko mengalaminya. Apa saja penyakit dan bakteri yang dibawa oleh lalat?

  • Kolera (diare akibat infeksi bakteri)
  • Escherichia coli (bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan, diare, demam, hingga muntah-muntah)
  • Demam tifoid
  • Disentri (radang usus yang disertai dengan diare berdarah)
  • Tuberkulosis (TBC)
  • Infeksi mata
  • Frambusia (infeksi kronis yang berdampak pada kulit, tulang, dan tulang rawan)
  • Keracunan makanan

Mengerikan, bukan? Maka dari itu, jangan pernah meremehkan keberadaan lalat di dalam rumah, karena penyakit dan bakteri yang dibawa sangatlah serius dan bisa merugikan. Mari kenali cara mengusir lalat dengan bahan-bahan alami dan langkah di bawah ini.

1. Tanaman herbal dan bunga

Sama seperti nyamuk, yang takut terhadap bunga lavender, lalat juga takut akan beberapa tanaman herbal dan bunga. Kemangi, marigold, lavender, daun salam, hingga catnip sangatlah dibenci oleh lalat. Keberadaan tanaman herbal dan bunga-bungaan ini, bisa mencegah lalat masuk ke rumah.

2. Campuran cuka sari apel dan sabun cuci piring

Lalat sangat “tergoda” akan bau cuka sari apel. Cuka sari apel bisa dijadikan sebagai perangkap yang menarik perhatian lalat.

Maka dari itu, Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dan beberapa tetes sabun cuci piring, dan menaruhnya di dalam gelas panjang. Setelah itu, tutuplah bagian gelas yang terbuka, dengan plastik, dan mengikatnya. Kemudian, buatlah lubang kecil di bagian plastik, agar lalat bisa terbang di dekatnya, dan masuk ke dalam gelas itu.

Setelah masuk ke dalam gelas, lalat tidak akan bisa mengambang di atas air cuka sari apel, karena serangga ini akan tenggelam akibat adanya sabun cuci piring.

3. Campuran cabe rawit dan air

Aroma pedasnya cabe rawit, dapat mengusir lalat dari rumah. Untuk menggunakannya, campurkan saja dengan air pada botol spray, lalu semprotkan di tempat-tempat yang sering dihinggapi lalat. Selain itu, Anda juga boleh menyemprotkannya di luar rumah, untuk mencegah masuknya lalat ke dalam tempat tinggal Anda.

4. Tanaman “buas” venus flytrap

Dari namanya saja, tanaman venus flytrap digunakan sebagai perangkap lalat. Venus flytrap masuk ke dalam golongan tanaman karnivora, yang memakan serangga. Jika Anda menanamnya di luar rumah, tumbuhan ini bisa memakan lalat-lalat yang berterbangan di dekat mereka.

Kalau menanamnya di dalam rumah, Anda harus memberi mereka makan dengan lalat-lalat yang berhasil Anda tangkap.

Saat lalat masuk ke dalam bagian mulut tanaman ini, venus flytrap akan memproduksi cairan untuk melarutkan tubuh lalat. Selama 5-12 hari, lalat akan dicerna oleh tumbuhan ini.

5. Selalu menutup pintu rapat-rapat

Semasa kecil, mungkin Anda sering mendengar orangtua yang menyuruh untuk menutup pintu rapat-rapat. Tujuannya adalah, untuk mencegah masuknya lalat ke dalam rumah.

Tahukah Anda bahwa aroma makanan yang lezat dan menyengat, bisa mengundang lalat untuk masuk ke rumah. Tidak heran, sebagai serangga karnivora, lalat memiliki indra penciuman yang sangat kuat, termasuk untuk mendeteksi aroma masakan.

Mulai dari sekarang, tutup rapat-rapat pintu rumah, agar lalat tidak bisa mencium makanan lezat yang dihidangkan di rumah.

6. Hilangkan genangan air

Entah itu di dalam gelas, ember, maupun bak mandi, pastikan tidak ada genangan air di rumah. Sebab, lalat sangat suka dengan tempat-tempat yang lembap ini. Biasakan diri untuk mengeringkan permukaan-permukaan di dalam rumah, agar lalat tidak datang dan mengancam kesehatan keluarga Anda.

7. Pemberian insektisida

Jika sudah mencoba keenam cara mengusir lalat di atas, tapi belum benar-benar berhasil, mungkin ini saatnya untuk mencari sumber kedatangan lalat itu. Bisa saja, ada bangkai di sekitar rumah atau kotoran hewan di sekitar rumah. Sebab, lalat senang bertelur di bangkai atau kotoran hewan. Bahkan, tanaman pot juga bisa menjadi sarang yang nyaman bagi lalat.

Jika cara alami untuk mengusir lalat tersebut belum efektif, Anda coba gunakan insektisida berbasis piretrin. Insektisida bisa sangat efektif dalam mengusir atau membunuh lalat dengan sangat cepat. Selain itu, ada juga perangkap lengket (seperti sedotan yang dibaluri lem super kuat), untuk menjerat lalat. Dengan begitu, lalat akan tertangkap, dan tidak bisa kabur.

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-house-flies#housefly-risks
Diakses pada 27 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/68511.php
Diakses pada 27 Desember 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/healthy-living/14-tricks-get-rid-flies/
Diakses pada 27 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed