Dari yang Alami hingga Obat, Ini Cara Menghilangkan Daki yang Tepat

Baking soda adalah salah satu cara menghilangkan daki berbahan alami.
Daki di leher dapat dibersihkan dengan bahan alami atau obat-obatan

Daki bisa muncul di area lipatan manapun pada tubuh Anda, tidak terkecuali leher. Jika Anda memiliki masalah ini, tidak perlu panik karena ada cara menghilangkan daki di leher yang sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami maupun produk perawatan yang terdapat di pasaran.

Daki merupakan kotoran pada leher yang menumpuk akibat kondisi kebersihan yang tidak terjaga. Kotoran ini bisa berupa sel kulit mati, sebum, maupun keringat yang bisa saja terus menumpuk lalu menyebabkan hiperpigmentasi pada leher sehingga membentuk semacam plak alias kerak berwarna kecokelatan atau hitam yang sulit dibersihkan.

Mengenali daki, terutama yang sudah berkerak, mungkin terlihat sepele. Namun, langkah ini sangat penting agar Anda tidak melakukan cara menghilangkan daki yang terlalu agresif sehingga justru menyebabkan timbulnya masalah kulit yang lebih parah.

Cara menghilangkan daki di leher dengan bahan alami

Cara menghilangkan daki di leher sebetulnya mudah saja, yakni Anda cukup rutin membersihkan diri dengan mandi dengan sabun, termasuk membersihkan lipatan leher serta tengkuk (leher bagian belakang). Selain itu, Anda juga dapat menyeka leher dengan menggunakan tisu atau lap basah setiap kali berkeringat, atau selesai beraktivitas di tempat penuh debu atau kotoran.

Meski demikian, mandi saja kadang tidak cukup untuk membersihkan daki yang sudah terlanjur berkerak. Jika demikian, Anda dapat melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut:

  • Baking soda

Baking soda dikenal sebagai exfolian alami yang dapat mengangkat sel kulit mati dan aman digunakan di area lipatan tubuh, seperti leher dan ketiak. Caranya, cukup campurkan baking soda dengan air (perbandingan 3:1) kemudian aplikasikan pada leher yang berdaki dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas.

  • Kulit jeruk

Kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang mampu menghilangkan daki dari kulit. Caranya, jemur kulit jeruk hingga kering, kemudian haluskan. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air atau susu, aplikasikan pada leher yang berdaki, kemudian biarkan 15 menit lalu bilas.

  • Lidah buaya

Cara menghilangkan daki dengan lidah buaya sangat sederhana, yakni cukup oleskan lendir tanaman ini pada leher yang berdaki. Lidah buaya kaya akan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

  • Oat

Oat yang biasa dikonsumsi untuk sarapan ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai scrub alami. Caranya, haluskan oat, campur dengan yogurt hingga menjadi mirip pasta, oleskan di leher yang berdaki, kemudian bilas setelah 15 menit pemakaian. Setelah menggunakan masker oat, Anda juga bisa mengoleskan pelembap.

  • Kentang

Kentang mengandung enzim catecholase yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Cara memanfaatkan kentang untuk membersihkan daki cukup mudah, yakni dengan dihancurkan, kemudian ditambah air mawar, dan dioleskan ke leher yang berdaki. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas. Gunakan langkah ini untuk mendapat hasil yang optimal.

Cara menghilangkan daki dengan produk perawatan kulit

Normalnya, daki di leher akan hilang dengan pembersihan sederhana seperti dijelaskan di atas. Namun untuk daki yang sudah parah atau terlalu menempel, cara menghilangkan daki yang dapat dilakukan hanyalah dengan menggunakan obat oles yang bersifat melunakkan keratin.

Obat tersebut biasanya mengandung 20% urea, 5% asam glikolik, 12% asam laktik, maupun kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan krim emolien dan melakukan scrubbing setiap hari, agar kerak atau daki di leher cepat mengelupas dan hilang dari kulit Anda.

Produk perawatan tersebut bisa Anda dapatkan di berbagai merek yang dijual bebas di apotek. Namun jika obat itu tidak mempan juga, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat salep dengan dosis yang lebih tinggi lagi, tapi tentu penggunaannya harus diawasi oleh dokter.

Mencegah daki datang kembali

Setelah Anda sembuh dari daki yang membandel, Anda tentu harus menyiapkan strategi agar daki tidak kembali lagi. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Mandi minimal 2 kali sehari
  • Rajin mengecek kondisi leher agar tidak menemukan bercak hitam lagi
  • Scrubbing dengan bahan-bahan di atas secara rutin.

Perhatikan juga apakah leher yang berdaki itu memiliki kulit yang retak atau berdarah karena itu bisa jadi tanda adanya infeksi. Segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4372914/
Diakses pada 6 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319898.php
Diakses pada 6 November 2019

Parenting Firstcry. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-home-remedies-for-dark-neck-to-make-your-skin-tone-even/
Diakses pada 6 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed