9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi Baik Secara Alami Hingga Tindakan Medis


Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami dapat menggunakan air lemon hingga lidah buaya. Bopeng atau bekas jerawat berlubang perlu perawatan yang tepat berdasarkan penyebabnya.

(0)
05 Jul 2020|Azelia Trifiana
Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dan bopeng perlu dilakukan karena bisa merusak penampilanBekas jerawat hitam di pipi dapat mengganggu penampilan
Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi tentu sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Kendati demikian, tak sedikit dari mereka yang belum berhasil melakukan langkah ini dengan ampuh. Sebab, cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam dengan ampuh? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami

Umumnya, bekas jerawat hitam paling terlihat di area pipi. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi berbeda dengan cara menghilangkan luka saat masih ada jerawat.Pasalnya, dibutuhkan waktu antara 3 bulan sampai 2 tahun sampai bekas jerawat hitam di pipi benar-benar hilang seutuhnya. Itu pun apabila Anda tidak kedatangan “tamu” tak diundang berupa jerawat baru di area kulit yang sama atau berdekatan. Maka dari itu, penting untuk melakukan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Anda bisa memulainya menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berbagai bahan alami di bawah ini mungkin belum terbukti secara ilmiah mengenai keefektifannya. Kendati demikian, tak ada salahnya untuk menerapkannya di rumah. Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara alami yang bisa dicoba. 

1. Air lemon

cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi bisa dengan air lemon
Kandungan vitamin C pada lemon berfungsi meratakan warna kulit
Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan bahan alami adalah menggunakan air lemon. Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C dapat membantu mencerahkan wajah sekaligus meratakan warna kulit. Selain itu, vitamin C juga merupakan substansi aktif yang bekerja dengan menurunkan pembentukan melanin penyebab bekas jerawat hitam semakin terlihat.

2. Lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami berikutnya adalah dengan lidah buaya. Ini karena lidah buaya adalah penghilang bekas jerawat alami yang mampu menyembuhkan kulit.Sebuah hasil riset yang dilakukan pada hewan uji menyebutkan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam bisa membuat produksi melanin pada sel kulit menjadi lebih stabil.

3. Baking soda

Salah satu manfaat baking soda ternyata dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Baking soda berfungsi sebagai zat eksfolian membantu menyamarkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam dengan baking soda adalah sebagai berikut. 
  • Gunakan 2 sendok teh baking dan beberapa tetes air secukupnya dalam sebuah mangkuk kecil. 
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker. 
  • Oleskan pada permukaan kulit yang terdapat bekas jerawat hitam. 
  • Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. 
  • Lakukan langkah ini secara rutin selama beberapa minggu untuk membantu menyamarkan bekas jerawat. 

4. Cuka apel

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa pula menggunakan cuka apel. Manfaat cuka apel dapat membantu mencerahkan kulit, merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel-sel kulit, hingga mengangkat sel kulit mati. Tak ayal jika cuka apel bisa menjadi pilihan penghilang bekas jerawat secara alami. 
Cuka apel merupakan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami
Anda bisa mengoleskan cuka apel ke wajah secara rutin
Cara menggunakan cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam adalah dengan mencampurkan cuka apel dan beberapa tetes air secukupnya. Kemudian, celupkan bola kapas bersih ke dalam larutan cuka apel. Oleskan kapas tersebut pada bekas jerawat hitam, diamkan selama 5 menit. Selanjutnya, bilas kulit dengan air sampai bersih. Anda juga bisa menggunakan cuka apel sebagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat hitam dengan menambahkan 2 sendok makan madu. Celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut sebagai masker penghilang bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 menit atau sampai masker mengering. Selanjutnya, bilas kulit dengan air bersih. 

5. Ekstrak grapeseed

Bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah ekstrak grapeseed.Sebuah penelitian menyatakan bahwa penggunaan ekstrak grapeseed sebagai obat jerawat oral (minum) dapat meringankan melasma, yakni suatu kondisi kulit akibat hiperpigmentasi pascainflamasi. Akan tetapi, belum ada hasil studi yang membuktikan ekstrak grapeseed sebagai obat topikal (oles) dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam melalui obat hingga tindakan medis

Jika cara menghilangkan bekas jerawat secara alami tak kunjung berhasil menyembuhkan, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan pengobatan bekas jerawat maupun bopeng secara tepat.Dokter biasanya akan merekomendasikan produk perawatan kulit hingga tindakan medis tertentu agar masalah bekas jerawat dapat hilang sepenuhnya. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai cara untuk menghilangkan bekas jerawat menghitam rekomendasi dari dokter kulit. 

1. Penggunaan produk perawatan kulit

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi bisa dengan penggunaan produk perawatan kulit tertentu
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami bisa menggunakan produk perawatan kulit
Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang mungkin direkomendasikan oleh dokter adalah penggunaan produk perawatan kulit. Ada beberapa kandungan dalam produk perawatan kulit tentu yang diklaim sebagai cara menghilangkan noda bekas jerawat di pipi. Beberapa kandungan yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat hitam adalah sebagai berikut. 

Alpha hydroxy acids (AHA)

Salah satu kandungan pada produk perawatan kulit yang mampu menghilangkan bekas jerawat hitam adalah AHA.Kandungan AHA mampu mengangkat sel kulit mati dengan cara mengelupas lapisan kulit paling luar yang lebih gelap atau terasa kasar.Bahkan, AHA juga dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat di pipi. 

Retinoid

Retinoid seringkali digunakan sebagai obat penghilang bekas jerawat. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa cara kerja retinoid adalah mempercepat regenerasi sel kulit, meningkatkan tekstur kulit, meratakan warna kulit, hingga menyamarkan noda bekas jerawat. Akan tetapi, penggunaan retinoid dapat membuat kulit menjadi sensitif terhadap paparan sinar matahari. Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunscreen atau tabir surya secara rutin saat menggunakan produk perawatan kulit mengandung retinoid. 

Asam salisilat

Sejumlah produk perawatan bekas jerawat mengandung asam salisilat. Fungsi asam salisilat adalah membantu mengelupas kulit. Namun, sama seperti produk perawatan bekas jerawat lainnya, penggunaan asam salisilat membutuhkan waktu beberapa minggu untuk melihat hasilnya dengan optimal. Penggunaan asam salisilat juga dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kering dan iritasi. Oleh sebab itu, bagi pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit ini hanya pada area kulit yang berjerawat, tidak di seluruh permukaan wajah. Selain ketiga bahan di atas, penggunaan produk perawatan kulit mengandung vitamin E, hydroquinone, kojic acid, dan azelaic acid dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. 

2. Chemical peeling

Chemical peeling adalah cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi melalui tindakan medis
Chemical peeling dapat mengangkat sel kulit mati
Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi melalui perawatan dari dokter adalah peeling wajahPerawatan seperti peeling juga bisa dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus meremajakan kulit.Saat prosedur ini dilakukan, dokter kulit atau terapis kecantikan akan mengoleskan substansi asam tertentu ke permukaan kulit.Kemudian, lapisan tersebut diangkat bersamaan dengan mengangkat lapisan sel kulit terluar. Efek samping prosedur ini berupa kulit kemerahan dan kulit mengelupas. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kondisi ini akan menghilang dalam beberapa hari.

3. Mikrodermabrasi

Metode lain dari dokter sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi adalah prosedur kosmetik bersifat nonbedah yang dilakukan dengan menyemprotkan partikel kecil di area kulit tertentu. Kemudian, dokter kulit atau terapis kecantikan akan menggosoknya dengan alat berbentuk, seperti diamondAnda dapat melakukan mikrodermabrasi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga tampak halus dan merata. Umumnya, perawatan kecantikan ini memang ditujukan untuk menghilangkan bekas jerawat atau luka.

4. Laser

Cara menghilangkan hitam bekas jerawat bisa pula dengan tindakan laser Metode laser skin resurfacing menggunakan beberapa jenis laser untuk mengangkat sel kulit mati. Di saat yang sama, dilakukan perawatan agar sel baru tumbuh di lapisan lebih dalam kulit.Prosedur laser bisa menjadi metode efektif sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cara memecah jaringan parut sekaligus untuk menghilangkan bekas jerawat.Bagi Anda yang sedang menggunakan obat krim wajah tertentu, sebaiknya beri tahu dokter kulit terlebih dahulu. Efek samping perawatan laser ini di antaranya, kulit mengelupas, kulit kemerahan, kulit terasa gatal, perubahan warna kulit, infeksi, kulit bengkak, dan kulit bersisik. 

Penyebab bekas jerawat yang menghitam bisa terjadi

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi sudah dilakukan oleh banyak orang
Menyentuh jerawat bisa meninggalkan bekas jerawat yang menghitam
Setelah mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, mari kenali penyebab noda bekas jerawat yang bahkan terkadang meninggalkan luka bopeng di sekitar wajah Anda.Umumnya, ada beberapa penyebab bekas jerawat hitam bisa terjadi, yakni:

1. Kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat

Salah satu penyebab bekas jerawat hitam muncul adalah kebiasaan menyentuh atau memencet jerawat. Terlebih bila dilakukan menggunakan kondisi jari tangan yang tidak dibersihkan dengan benar.Ketika Anda menyentuh atau memencet jerawat, maka risiko iritasi kulit atau kondisi jerawat akan semakin parah. Akibatnya, meninggalkan bekas jerawat yang menghitam dan sulit untuk dihilangkan.  

2. Produksi kolagen berkurang

Bekas jerawat hitam yang menghitam akan muncul apabila produksi kolagen pada kulit berkurang. Menurut American Academy of Dermatology, kondisi ini mungkin dialami seiring bertambahnya usia seseorang. Manfaat kolagen berperan dalam proses penyembuhan kulit yang tengah berjerawat. Namun terkadang, kulit menghasilkan kolagen yang terlalu sedikit sehingga menimbulkan bekas jerawat. 

3. Produksi melanin meningkat

Produksi melanin yang meningkat pada kulit juga menjadi penyebab bekas jerawat yang menghitam muncul. Saat jerawat meradang, proses ini dapat diikuti dengan regenerasi atau terbentuknya sel kulit baru guna membantu pemulihan. Akan tetapi, pembentukan sel kulit mengandung terlalu banyak melanin. Melanin adalah suatu pigmen yang memberikan warna pada kulit. Ketika produksi melanin terlalu banyak, noda bekas jerawat hitam dapat terlihat sehingga memicu hiperpigmentasi pascainflamasi. 

4. Faktor keturunan

Tidak banyak yang tahu kalau faktor keturunan juga berperan penting terhadap kemunculan noda bekas jerawat hitam di pipi. Menurut American Academy of Dermatology, jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki masalah terhadap noda bekas jerawat hitam, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami masalah kulit yang serupa. 

Catatan dari SehatQ

Sebelum melakukan salah satu dari beberapa cara menghilangkan bopeng maupun bekas jerawat yang menghitam di atas, pastikan Anda sudah melakukan konsultasi dengan ahlinya.Setiap orang punya kulit yang berbeda, pun reaksinya juga bisa berlainan. Apa yang efektif pada satu orang belum tentu berefek sama pada orang lain.Beberapa kandungan kimia dalam produk perawatan kulit juga bisa memberikan reaksi negatif atau efek samping ketika digunakan. Contohnya, seperti beberapa jenis retinol yang bekerja dengan menipiskan lapisan terluar kulit.Untuk itu, pastikan Anda hanya menggunakan berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat dengan aman dan tidak menimbulkan efek seperti reaksi alergi. Dengan ini, cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi bisa berjalan secara optimal.Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter secara langsung lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatpengobatan jerawatperawatan wajahjerawat
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-remove-dark-spots-caused-by-pimples
Diakses pada 19 Juni 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3673383/
Diakses pada 19 Juni 2020
Teen Vogue. https://www.teenvogue.com/story/how-to-treat-acne-scars-and-dark-marks
Diakses pada 19 Juni 2020
Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a42924/how-to-get-and-keep-skin-spot-free/
Diakses pada 19 Juni 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/acne/remove-acne-scars.aspx
Diakses pada 10 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/acne-scars#at--home-treatment
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3663177/
Diakses pada 10 November 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5574737/
Diakses pada 10 November 2020
American Academy of Dermatology. aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/scars/causes
Diakses pada 10 November 2020
Mirror. https://www.mirror.co.uk/lifestyle/health/how-rid-acne-scars-fast-12239111
Diakses pada 10 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait