Ini Cara Menghilangkan Bekas Gatal Menghitam yang Bisa Anda Pilih

(0)
05 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara menghilangkan bekas gatal yang menghitam dapat dilakukan dengan obat-obatan atau bahan alamiBekas gatal yang menghitam dapat diatasi dengan cara alami atau obat-obatan
Kebiasaan menggaruk bagian tubuh yang gatal, entah itu karena gigitan nyamuk atau masalah pada kulit, dapat meninggalkan bekas gatal menghitam yang bisa mengganggu penampilan Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bekas gatal, baik secara alami atau lewat obat-obatan.

Cara menghilangkan bekas gatal menghitam

Bekas gatal yang menghitam di kulit pada dasarnya dapat hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari.Akan tetapi, sebagian lagi bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama sehingga membuat kulit kurang sedap dipandang. Semua ini tergantung seberapa banyak kerusakan pada kulit yang menyebabkan pembentukan pigmen pada lapisan dermis.Untuk mengatasi masalah ini, ada dua cara menghilangkan bekas gatal menghitam, yakni melalui cara-cara alami dan obat-obatan yang dijual bebas atau diresepkan dokter.

1. Cara menghilangkan bekas gatal menghitam secara alami

Berikut adalah beberapa cara yang terbilang efektif untuk menghilangkan bekas gatal menghitam secara alami.
  • Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang secara ilmiah terbukti dapat mencerahkan pigmentasi berlebih pada kulit. Untuk memanfaatkan cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas gatal menghitam, Anda bisa mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama.Pertama-tama, oleskan campuran cuka apel dan air pada bekas gatal yang menghitam, lalu diamkan selama 2-3 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat suam-suam kuku. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat melakukannya dua kali sehari sampai bekas gatal memudar.
  • Lidah buaya

Sebuah studi di tahun 2012 menunjukkan bahwa senyawa aloin pada lidah buaya memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit.Cara menghilangkan bekas gatal menghitam dengan menggunakan lidah buaya dapat dilakukan lewat mengoleskan gel pada area bekas gatal sebelum tidur. Bilas gel keesokan paginya dengan air hangat. Cara ini dapat dilakukan setiap hari hingga hasilnya terlihat.
  • Teh hijau

Penelitian menunjukkan kemungkinan ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi pada kulit. Untuk mencobanya, Anda bisa mulai dengan menyeduh sekantong teh hijau dalam air mendidih selama 3-5 menit.Keluarkan teh hijau dan biarkan hingga dingin sebelum diusapkan pada area bekas gatal. Ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasilnya.

2. Cara menghilangkan bekas gatal menghitam dengan obat-obatan

Selain lewat bahan-bahan alami, cara menghilangkan bekas gatal juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan berikut ini.
  • Krim atau minyak pelembap

Krim pelembap atau minyak, misalnya minyak vitamin E, sering digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bekas gatal yang menghitam. Gunakan krim ini secara rutin setiap harinya sampai bekas gatal memudar dan hilang.
  • Losion kalamin

Losion kalamin bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada kulit yang teriritasi dan meradang. Selain itu, kandungan kaolin pada losion kalamin juga dapat membantu mencerahkan bintik hitam pada kulit.
  • Tabir surya

Penggunaan tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet, tetapi juga berfungsi menurunkan kadar enzim yang memproduksi pigmen kulit.Oleh sebab itu, gunakan tabir surya untuk mencegah bekas gatal tidak semakin menghitam karena paparan sinar matahari.
  • Krim hidrokortisol

Menggaruk sumber gatal berisiko membuat kulit semakin radang. Tindakan ini dapat menyebabkan bekas gatal semakin dalam dan menghitam. Krim hidrokortisol bisa digunakan untuk mengurangi frekuensi dan intensitas garukan.Jika Anda punya pertanyaan atau ingin berkonsultasi seputar cara menghilangkan bekas gatal menghitam setelah melahirkan, jangan ragu untuk tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store maupun Google Play.
gatalmasalah kulitbekas luka
Byrdie. https://www.byrdie.com/how-to-get-rid-of-dark-marks-from-mosquito-bites-4795843
Diakses 22 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-treat-mosquito-bites-to-prevent-scarring
Diakses 22 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation
Diakses 22 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/skin/itchy-scar#treatments
Diakses 22 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2921758/
Diakses 22 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait