Ini 10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan 1 Tahun

(0)
12 Oct 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun sangatlah beragam, salah satunya minum air teratur!Cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun ada banyak, mulai dari tidur yang teratur hingga olahraga!
Perut yang tidak kunjung kurus setelah melahirkan merupakan beban pikiran bagi banyak ibu. Apalagi jika masalah ini berlangsung lama, misalnya setelah setahun belum ada perubahan pada perut. Namun, ibu tidak perlu khawatir. Masalah ini bisa diatasi dengan beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun yang bisa dilakukan di rumah.

10 cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun

Meraih berat badan ideal setelah melahirkan adalah hal yang sangat penting, terutama jika Anda ingin memiliki anak lagi di masa yang akan datang.Memiliki berat badan ideal setelah melahirkan tidak melulu tentang penampilan. Faktanya, berat badan ideal setelah melahirkan dapat menjauhkan risiko diabetes, penyakit jantung, hingga komplikasi pada kehamilan berikutnya.Berikut adalah 10 cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun yang dapat ibu coba:

1. Berolahraga

Saat tubuh ibu sudah siap untuk berolahraga, cobalah melakukan kegiatan ini secara rutin. Olahraga kardio, seperti berjalan kaki, joging, hingga bersepeda, dapat menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun yang mudah dilakukan.Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berolahraga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, berolahraga dapat mencegah penyakit diabetes hingga beberapa jenis kanker.Namun ingat, berolahraga saja kurang efektif dalam menurunkan berat badan. Anda pun tetap harus menjaga pola diet yang sehat setiap harinya supaya berat badan bisa turun.Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika Anda ingin berolahraga setelah melahirkan, terutama setelah menjalani operasi caesar.

2. Mengonsumsi air putih secara teratur

Minum secara teratur juga bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun
Jangan lupakan air putih untuk turunkan berat badan ibu!
Minum air putih secara teratur supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Cara ini sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, tak terkecuali ibu hamil.Menurut sebuah studi, mengonsumsi air putih secara teratur akan membuat Anda merasa kenyang dan merangsang metabolisme sehingga berat badan bisa turun.Apalagi jika Anda sedang menyusui karena ASI yang diminum oleh bayi membuat ibu membutuhkan lebih banyak cairan.

3. Jaga pola makan sehat

Meskipun Anda ingin menurunkan berat badan, bukan berarti Anda boleh melupakan makan. Makan teratur tetap diperlukan, apalagi bagi ibu menyusui yang memerlukan banyak energi untuk menjaga bayinya.Dibandingkan makan 3 kali sehari dengan porsi besar, cobalah untuk makan 5-6 kali dengan porsi yang sedikit. Cara ini dinilai dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama.Jangan lupa juga untuk sarapan supaya Anda mendapatkan energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sebagai seorang ibu di rumah.

4. Hindari alkohol

Alkohol dapat menyebabkan penumpukan kalori di dalam tubuh, akhirnya berat badan akan naik. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan penumpukan lemak di perut.Menurut penelitian CDC, ibu hamil yang sedang menyusui disarankan untuk tidak menyentuh minuman beralkohol sama sekali. Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan bayi dan juga ibunya.

5. Hindari makanan olahan

Menghindari makanan olahan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh para ibu menyusui. Menurut National Institutes of Health (NIH), makanan olahan mengandung kadar gula, lemak, garam, dan kalori tinggi yang bisa meningkatkan berat badan.Berbagai makanan olahan juga tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil selama menyusui bayinya.

6. Menyusui anak secara teratur

Menyusui anak secara teratur ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibunya. Menurut sebuah studi, memberikan ASI secara langsung pada bayi dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, kanker payudara, hingga kanker ovarium.Selain itu, terdapat bukti bahwa menyusui anak dapat menurunkan berat badan ibu yang baru melahirkan.

7. Tidur secara teratur

Tidur bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun
Jaga pola tidur untuk turunkan berat badan setelah melahirkan
Cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun selanjutnya adalah menjaga pola tidur yang teratur. Bagi ibu yang baru melahirkan, tidur yang nyenyak memang sulit dilakukan karena bayi mungkin sering terbangun dari tidurnya untuk meminum ASI.Meskipun sulit dilakukan, tetaplah berusaha untuk mendapatkan jam tidur yang cukup. Menurut riset, kekurangan tidur setelah melahirkan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

8. Jangan tergiur dengan makanan manis

Makanan dengan gula tambahan memang lezat untuk dikonsumsi. Terkadang, sulit bagi kita untuk menahan keinginan mengunyah makanan manis.Namun, sebaiknya Anda mengurangi atau bahkan menghindari makanan manis karena gula tambahan yang dikandung makanan-makanan ini dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.Sumber gula tambahan yang biasa ditemui, yaitu minuman bersoda, jus buah kemasan, hingga kue kering. Hindari jenis-jenis makanan ini agar Anda dapat meraih berat badan ideal.

9. Konsumsi lebih banyak protein

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi lebih banyak protein dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama, nafsu makan berkurang, dan metabolisme tubuh meningkat. Hasilnya, berat badan pun bisa turun.Kandungan protein yang tinggi dapat Anda temui pada telur, ikan rendah merkuri, kacang-kacangan, hingga produk susu.

10. Cobalah makanan berprobiotik

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Turku di Finlandia, makanan yang mengandung probiotik dapat membantu para ibu mengecilkan perutnya setelah melahirkan.Studi terrsebut juga mengungkapkan bahwa para ibu yang mengonsumsi probiotik mengalami penurunan lemak di perutnya.Catatan dari SehatQ:Berbagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan 1 tahun di atas bisa dicoba oleh para ibu yang ingin meraih berat badan ideal setelah punya anak. Namun, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukannya.Jika masih ragu, cobalah konsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bayi & menyusuiberat badan idealpersalinanmenurunkan berat badandepresi pascapersalinankelebihan berat badan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-after-pregnancy
Diakses pada 28 September 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000586.htm#:~:text=Most%20women%20lose%20half%20of,help%20with%20postpartum%20weight%20loss.
Diakses pada 28 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/news/20090507/probiotics-cut-belly-fat-after-pregnancy
Diakses pada 28 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait