Cara Mengatasi Bau Mulut Kronis yang Dapat Anda Lakukan


Banyak penyebab bau mulut, namun sebagian besar disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Beriktu adalah beberapa cara mengatasi bau mulut kronis yang dapat Anda lakukan

(0)
07 Jul 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mengatasi bau mulut yang kronisIlustrasi seorang wanita yang mengalami masalah bau mulut
Memiliki mulut yang sehat dengan napas yang segar tentunya menjadi keinginan setiap orang. Kondisi ini akan membuat kita merasa lebih percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Meski demikian, kadang masalah bau mulut kronis sulit untuk dihindari.Menurut Asosiasi Kedokteran Gigi Amerika Serikat, setidaknya 50 persen orang dewasa pernah mengalami bau mulut kronis atau halitosis dalam hidup mereka. Ada sejumlah kemungkinan penyebab bau mulut kronis, tetapi sebagian besar disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk.Selain mengganggu kepercayaan diri, bau mulut kronis yang tidak segera diatasi juga akan menyebabkan gigi mudah rapuh dan memicu permasalahan pada gusi. Bahkan, bau mulut kronis dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius.

Perbedaan bau mulut biasa dengan bau mulut kronis

Mungkin sulit untuk membedakan antara bau mulut biasa dengan bau mulut kronis. Karena keduanya sama-sama mengindikasikan dengan napas yang bau. Namun di antara keduanya, ada perbedaan yang memengaruhi kesehatan Anda dalam jangka pendek dan panjang.Bau mulut kronis biasanya merupakan efek samping dari kesehatan mulut yang buruk, namun masalah ini juga dapat disebabkan oleh masalah yang lebih serius, seperti gangguan pencernaan, diabetes, bahkan hingga kanker.Salah satu penyebab paling umum di balik bau mulut kronis adalah mulut kering atau ketika Anda tidak dapat menghasilkan air liur yang cukup. Sering kali, mulut kering adalah efek samping dari obat atau kondisi medis.Meskipun jarang, kondisi-kondisi medis berikut juga dapat menyebabkan bau mulut kronis:
  • Gangguan pencernaan. Bau mulut yang tidak sedap dapat disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan lambung dan usus, seperti infeksi pylori atau infeksi bakteri pada usus halus dan lapisan lambung, serta penyakit asam lambung, di mana asam lambung akan naik ke kerongkongan.
  • Infeksi pada gusi. Bau mulut yang berlangsung terus-menerus juga dapat disebabkan oleh masalah gusi. Infeksi ini disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi sehingga menimbulkan peradangan pada gusi. Kondisi ini jika tidak ditangani akan membahayakan gusi dan tulang rahang.
  • Penyakit mulut kering. Penyakit ini berkaitan dengan penurunan produksi air liur yang bisa menyebabkan bau mulut.
  • Kanker mulut dan gangguan metabolisme tubuh.
  • Peradangan seperti sinusitis, tonsillitis, dan faringitis.
Sementara itu, masalah bau mulut biasa terjadi bukan disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius, umumnya berasal dari apa yang Anda masukkan ke dalam mulut. Berikut adalah beberapa penyebab dari kondisi ini.

1. Makanan yang berbau kuat

Makanan adalah sumber utama bau busuk yang berasal dari mulut. Beberapa makanan, seperti bawang putih, bawang, makanan pedas, rempah-rempah, keju, ikan, serta minuman asam seperti kopi, dapat meninggalkan bau yang melekat di mulut. Sebagian besar bau yang melekat memiliki aroma yang tidak sedap.

2. Perawatan mulut yang buruk

Menyikat gigi tidak teratur, flossing tidak benar, dan tidak melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, dapat menyebabkan sisa makanan tetap ada di mulut.Sisa makanan yang tertinggal akan menjadi tempat untuk berkembang biak bakteri. Dengan begitu, dapat menyebabkan bau dan rasa tidak enak di mulut.

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bau mulut dan meningkatkan risiko terhadap sejumlah penyakit.

4. Kebiasaan Tidak Sehat

Jika Anda sering malas menyikat gigi atau malas menggunakan dental floss, partikel kecil makanan yang tersangkut di sela-sela gigi akan tetap tinggal di dalam mulut. Lama kelamaan, sisa makanan ini akan mendorong pertumbuhan bakteri di antara gigi, di sekitar gusi, dan lidah. Inilah yang akhirnya menimbulkan bau mulut. Anda bisa memakai obat kumur antibakteri untuk mengurangi perkembangan bakteri mulut.Tidak hanya itu, bagi mereka yang menggunakan gigi palsu, sebaiknya juga selalu merawat kebersihan gigi palsu dengan benar untuk mencegah bakteri dan bau mulut. Merokok atau mengunyah permen berbasis tembakau juga faktor lain yang dapat menyebabkan bau mulut.Untuk mendiagnosis penyebab bau mulut, biasanya dokter gigi Anda akan mencium bau napas dan mengajukan pertanyaan tentang masalah Anda.Anda dapat menjawab pertanyaan tentang seberapa sering Anda menyikat dan membersihkan gigi dengan dental floss, jenis makanan yang Anda makan, srta segala alergi atau penyakit yang mungkin Anda miliki.

Cara mengatasi bau mulut kronis

Tahukah Anda kalau cara mengatasi bau mulut kronis itu berbeda dengan bau mulut biasa? Agar bau mulut tidak mengganggu penampilan atau kepercayaan diri, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik. Selain itu, Anda bisa mengikuti cara menghilangkan bau mulut berikut:

1. Menerapkan Kebersihan Mulut yang Baik

Gosok gigi sebanyak dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak. Selain gigi, bersihkan juga lidah dan gunakan benang atau obat kumur antibakteri dua kali sehari.

2. Temui Dokter Gigi Secara Teratur

Kunjungi dokter gigi Anda minimal dua kali dalam setahun. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut serta membersihkan plak atau karang gigi agar bau mulut dapat dicegah.

3. Berhenti Merokok

Dengan berhenti merokok, bau mulut Anda akan secara signifikan berkurang. Berhenti merokok juga membuat mulut Anda menjadi lebih sehat dan menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit mulut kronis, seperti kanker mulut.

4. Minum Banyak Air

Air akan menjaga mulut tetap lembap dan membantu membilas partikel makanan atau bakteri mulut.Jika bau mulut yang Anda alami adalah akibat dari masalah kronis, seperti pembusukan gigi atau kondisi penyakit yang serius, Anda harus konsultasikan dengan dokter.Alasannya adalah cara mengatasi bau mulut kronis tidak dapat diselesaikan dengan mengunyah permen karet dan menggunakan obat kumur yang sifatnya sementara.Obat kumur antiseptik dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Tanyakan kepada dokter gigi Anda produk mana yang terbaik atau Anda dapat bertanya mengenai alternatif lain dalam cara menghilangkan bau mulut.Dalam hal cara mengatasi bau mulut kronis, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya sebagai langkah awal yang harus Anda lakukan. Jika bau mulut tidak kunjung hilang, segera temui dokter gigi untuk penanganan yang lebih serius.
bau mulut
Badgut. https://badgut.org/information-centre/health-nutrition/h-pylori-halitosis/
Diakses pada 24 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/bad-breath#1
Diakses pada 24 Juni 2020
Jaredsmithdmd. https://www.jaredsmithdmd.com/difference-halitosis-bad-breath
Diakses pada 24 Juni 2020
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/166636
Diakses pada 24 Juni 2020
Medicinenet. https://www.medicinenet.com/bad_breath/article.htm
Diakses pada 24 Juni 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/columns/white-seeber-grogan-the-remedy-chicks/ways-fight-bad-breath-naturally/
Diakses pada 28 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait