Ini Cara Mencukur Bulu Kemaluan yang Baik dan Sehat

(0)
04 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mencukur bulu kemaluan yang baik adalah dengan menyesuaikan arah tumbuh buluCara mencukur bulu kemaluan dengan gunting adalah sesuaikan dengan arah tumbuhnya
Cara mencukur bulu kemaluan penting diperhatikan agar Anda tidak mengalami efek samping yang membuat tidak nyaman, seperti gatal, iritasi, hingga infeksi. Ada langkah yang perlu diketahui dengan baik selama masa persiapan, saat mencukur, maupun setelahnya.

Persiapan mencukur bulu kemaluan yang perlu dilakukan

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum mencukur bulu kemaluan, yaitu seperti berikut ini.
Cara mencukur bulu kemaluan yang tepat adalah dengan menggunakan alat yang bersih
Cara mencukur bulu kemaluan yang terpenting adalah memastikan alat steril

• Pastikan alat cukur benar-benar bersih

Pastikan alat yang akan digunakan untuk bercukur benar-benar bersih agar kemunculan infeksi bisa dicegah. Jangan gunakan satu alat yang sama untuk anggota tubuh yang berbeda. Gunting dan pisau cukur untuk area genital, sebaiknya tidak digunakan untuk mencukur bulu ketiak maupun area tubuh lain.Sebelum bercukur, sterilkan alat yang akan digunakan dengan merendamnya dalam larutan disinfektan selama 10 menit atau membasuhnya dengan alkohol.

• Sebelum cukur bulu kemaluan, mandi terlebih dahulu

Anda perlu bercukur dalam keadaan bersih. Sehingga, mandilah terlebih dahulu sebelum memangkas rambut kemaluan. Hal ini juga bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih lembut sehingga rambut lebih udah dipangkas.Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati sebelum bercukur, agar serpihan sel kulit mati itu tidak menyumbat pori-pori yang terbuka. Penyumbatan pori-pori di kulit area genital berisiko menimbulkan benjolan seperti jerawat atau bisul yang disebut sebagai folikulitis.
Cara mencukur bulu kemaluan yang baik adalah menggunakan krim cukur
Krim cukur penting untuk mengurangi risiko iritasi saat mencukur bulu kemaluan

• Siapkan krim cukur

Krim cukur dapat membantu menjaga kulit tetap lembap, sehingga luka atau iritasi akibat pisau cukur bisa diminimalisir. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai alternatif.

• Perhatikan arah mencukur

Sebelum mencukur, ketahui dulu arah mencukur yang benar. Mencukur bulu kemaluan sebaiknya dilakukan sesuai arah tumbuhnya. Jika dilakukan dengan arah sebaliknya, maka risiko terjadinya iritasi akan meningkat.Baca Juga: Tips Menjaga Vagina Wangi Sepanjang Hari

Cara mencukur bulu kemaluan

Cara mencukur bulu kemaluan menggunakan gunting, pisau cukur biasa, maupun pisau cukur elektrik sebenarnya tidak terlalu berbeda. Anda bisa memilih salah satu dari ketiganya sesuai keinginan dan kebutuhan.

1. Cara mencukur bulu kemaluan menggunakan gunting

Cara mencukur bulu kemaluan menggunakan gunting
Cara mencukur bulu kemaluan menggunakan gunting dan sisir dinilai praktis
Bagi Anda yang tidak ingin membabat habis rambut kemaluan dan hanya ingin merapikannya sedikit saja, maka gunting adalah pilihan yang tepat untuk mencukurnya.Untuk mencukur bulu kemaluan menggunakan gunting, siapkan juga sisir tipis untuk memudahkan prosesnya. Berikut ini caranya.
  • Sisir rambut kemaluan sesuai arah tumbuhnya.
  • Lalu, letakkan sisir di ujung dekat akar rambut. Jadikan sisir sebagai pembatas antara gunting dan kulit area genital.
  • Gunting rambut kemaluan yang keluar melalui sela-sela sisir.
  • Lakukan perlahan di satu area kecil terlebih dahulu, baru berlanjut ke area lain.
  • Anda disarankan untuk mulai dari bagian atas yang paling dekat dengan perut baru perlahan-lahan menuju ke bawah.

2. Cara mencukur bulu kemaluan menggunakan pisau cukur biasa

Cara mencukur bulu kemaluan yang benar adalah dengan menggunakan pisau cukur
Pilih pisau cukur yang tajam untuk pangkas bulu kemaluan
Bila menginginkan hasil cukuran rapi dan menyisakan rambut kemaluan lebih pendek, Anda bisa menggunakan pisau cukur biasa yang banyak terdapat di toko.Sebelum mulai mencukur, pastikan bahwa pisau cukur yang digunakan masih tajam. Jangan lupa bersihkan pisau dan oleskan krim cukur untuk mencegah iritasi.Untuk mencukur bagian atas yang dekat dengan perut, arahkan pisau cukur sesuai dengan arah tumbuhnya rambut. Anda bisa mengulangi pemotongan di area yang sama. Namun tiap selesai mencukur, bersihkan pisaunya terlebih dahulu.Lalu di bagian yang lebih rendah dari itu, berikut ini cara mencukur bulu kemaluan yang tepat.

• Untuk mencukur bagian penis

Pegang batang penis dan naikkan sedikit ke atas sehingga ada akses yang lebih luas untuk menjangkau area genital yang ditumbuhi rambut. Barulah setelah itu, arahkan pisau cukur ke permukaan kulit dan mulailah mencukur secara perlahan mengikuti arah tumbuhnya rambut. Untuk Anda yang juga ingin mencukur bagian testis atau skrotum, tarik bagian kulitnya perlahan, lalu arahkan pisau cukur ke permukaan kulit itu secara perlahan. Selanjutnya, cukurlah rambut di sekitar skrotum ke arah bawah.

• Untuk mencukur bagian vulva

Vulva adalah bagian bibir vagina. Untuk mencukur bagian ini, lakukan dulu di salah satu sisi baru berlanjut ke sisi selanjutnya. Saat mencukur, pegang bibir vagina yang sedang dicukur agar terbuka lebih lebar. Cukur dari arah atas ke bawah secara lembut.Baca Juga: Macam-macam Bentuk Penis, Mana yang Normal dan Tidak?

3. Cara mencukur bulu kemaluan menggunakan pisau cukur elektrik

Cara mencukur bulu kemaluan dengan pisau cukur elektrik
Cara mencukur bulu kemaluan paling mudah adalah dengan pisau cukur elektrik
Pisau cukur elektrik pun dapat menjadi pilihan apabila Anda ingin mendapatkan hasil cukuran yang lebih rapi. Pilih pisau cukur elektrik yang tahan air agar aman digunakan.Sebelum bercukur, ingatlah untuk gunakan krim cukur terlebih dahulu di area genital yang ingin dicukur.Bercukurlah dengan arah yang sama dengan arah tumbuhnya rambut saat pertama dimulai. Lalu, ketika ingin mengulanginya, Anda disarankan untuk mencukurnya berlawanan dengan arah tumbuhnya rambut, agar rambut dia area itu benar-benar habis.

Menghilangkan gatal setelah mencukur bulu kemaluan

Kulit di sekitar area genital sifatnya sensitif, sehingga cukup mudah mengalami gatal dan iritasi setelah bercukur. Tidak jarang, benjolan-benjolan merah juga muncul di permukaan kulit tersebut.Untuk mengurangi rasa tidak nyaman setelah mencukur bulu kemaluan, berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan.
  • Berendam di air hangat atau mandi dengan air hangat.
  • Setelah itu, keringkan bagian genital menggunakan handuk berbahan lembut. Saat mengeringkan, jangan menggosok permukaan kulit tersebut. Tepuk-tepuk halus saja menggunakan handuk atau keringkan menggunakan hair dryer dengan pengaturan paling rendah.
  • Setelah kering, oleskan losion yang tidak mengandung bahan iritan seperti parfum
Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering mencukur bulu kemaluan, karena bisa meningkatkan risiko iritasi. Jika dalam satu minggu gatal, benjolan, maupun iritasi tak juga reda, lebih baik hubungi dokter untuk berkonsultasi.Dokter biasanya akan meresepkan krim yang mengandung hidrokortison untuk mengurangi gatal. Selain itu, segera hubungi dokter apabila ruam, benjolan, maupun iritasi yang dialami cukup parah dan disertai demam dan keluarnya nanah.

Cara lain untuk mencukur bulu kemaluan

Selain dengan mencukur, ada beberapa cara maupun produk lain yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bulu kemaluan, seperti berikut ini.

Waxing

Berbeda dari mencukur yang ‘hanya’ akan menghilangkan rambut di atas permukaan kulit, waxing benar-benar mengangkat akar rambut dari bawah kulit. Sehingga, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih halus.Namun, metode ini juga membuat risiko terjadinya infeksi lebih tinggi. Sebab, dengan diangkatnya rambut bersama akarnya, folikel atau tempat berdiamnya rambut akan terbuka dan rentan dihinggapi bakteri.

• Krim perontok rambut

Krim perontok rambut atau depilatori kimia akan membuat rambut rontok sehingga lepas dari permukaan kulit. Namun, metode ini tidak disarankan untuk digunakan di area genital lebih dalam, dan hanya boleh dipakai di area atas yang dekat dengan perut.

• Laser

Laser merupakan solusi jangka panjang untuk Anda yang tidak ingin bolak-balik bercukur. Metode ini bekerja dengan cara menutup folikel rambut di bawah kulit, sehingga rambut tidak akan kembali tumbuh.Dari berbagai cara mencukur bulu kemaluan di atas, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Jika ngin tahu lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing metode, serta yang paling sesuai dengan kondisi kulit Anda, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan organ intimorgan intim wanitareproduksi pria
Young Women’s Health. https://youngwomenshealth.org/2013/08/22/removing-pubic-hair/
Diakses pada 22 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-trim-pubic-hair
Diakses pada 22 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-groom-pubic-hair
Diakses pada 22 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait