Ini Cara Mempercepat Pembukaan Persalinan Secara Alami

(0)
30 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cara mempercepat pembukaan persalinan ternyata dapat dilakukan di rumah!Berhubungan intim juga menjadi cara mempercepat pembukaan persalinan!
Terdapat banyak cara mempercepat pembukaan persalinan secara alami yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah.Bagi para calon ibu yang sudah tak sabar bertemu dengan buah hatinya, tidak ada salahnya memahami berbagai cara mempercepat pembukaan secara alami ini supaya proses persalinan lebih lancar.

8 cara mempercepat pembukaan persalinan secara alami

Pembukaan persalinan dikenal dengan sebutan cervical dilation di dalam dunia medis. Umumnya, pembukaan terjadi di bulan ke sembilan.Saat pembukaan serviks sudah mencapai 10 centimeter, jalan lahir sudah terbuka dan bayi siap dilahirkan.Berikut ini adalah cara mempercepat pembukaan persalinan secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

1. Banyak gerak

Cara mempercepat pembukaan yang mudah dilakukan di rumah
Cara cepat mempercepat pembukaan, banyak gerak saja!
Saat persalinan sudah semakin dekat, sebaiknya Anda biasakan untuk aktif bergerak. Sebab, kebiasaan aktif bergerak dapat meningkatkan aliran darah sehingga proses pembukaan jalan lahir akan semakin cepat.Tidak perlu gerakan yang rumit. Ibu hamil cukup berjalan di sekeliling rumah atau mengganti posisi tubuh saja. Intinya, biasakan untuk bergerak secara rutin.

2. Gunakan birth ball

Birth ball atau bola persalinan juga bisa dijadikan sebagai cara mempercepat pembukaan persalinan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, ibu hamil hanya perlu duduk di atasnya dan gerakkan bola ke depan atau belakang.Cara mempercepat pembukaan ini dipercaya bisa membuat otot di panggul menjadi kendur dan rileks saat persalinan nantinya.

3. Tenangkan pikiran dan tubuh

Wajar jika ibu hamil merasa tegang saat sudah dekat dengan Hari Perkiraan Lahir (HPL). Namun, sebaiknya ibu hamil tidak berlarut-larut dalam ketegangan karena nantinya malah berpotensi memperlambat proses pembukaan.Rasa stres dan ketegangan otot dapat menyulitkan serviks untuk terbuka sehingga proses persalinan akan berlangsung lama.Itulah mengapa banyak dokter kandungan yang merekomendasikan wanita hamil untuk melatih pernapasan atau yoga. Kedua aktivitas ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan juga tubuh supaya proses pembukaan bisa lancar.

4. Tertawa

Cara mempercepat pembukaan persalinan bisa dilakukan di rumah
Tertawa, cara mempercepat pembukaan yang mudah!
Cara mempercepat pembukaan secara alami yang satu ini sangat sederhana, tetapi dampaknya cukup besar.Tertawa dipercaya dapat mengatasi rasa stres dan takut yang dirasakan para calon ibu menjelang proses persalinan. Bahkan, tertawa sedikit saja dapat membuat tubuh rileks.Cobalah menonton film lucu atau berbincang tentang hal-hal lucu bersama pasangan. Hal ini dapat membantu ibu hamil menjadi semangat dan merasa rileks dalam menghadapi proses persalinan.

5. Berhubungan intim

Cara mempercepat pembukaan persalinan selanjutnya adalah berhubungan intim dengan suami. Terdapat berbagai alasan mengapa hubungan intim dapat membantu persalinan.Pertama, orgasme saat berhubungan intim dapat merilis hormon oksitosin, yang mampu membantu kontraksi rahim.Kedua, sperma suami mengandung hormon prostaglandin yang dipercaya dapat membuka serviks agar persalinan jadi lancar.Perlu diketahui, berhubungan intim dipercaya aman saat usia kehamilan sudah mencapai 9 bulan. Namun ingat, jangan berhubungan intim saat air ketuban sudah pecah karena dapat meningkatkan risiko infeksi.

6. Cobalah minyak jarak (castor oil)

Mengonsumsi minyak jarak atau castor oil dalam jumlah sedikit dianggap sebagai cara mempercepat pembukaan yang efektif. Menurut sebuah penelitian, minyak jarak dapat merilis reseptor prostaglandin yang ampuh melebarkan serviks.Selain itu, minyak jarak juga dipercaya sebagai laksatif yang bisa memancing kontraksi. Namun sebaknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsinya.

7. Mengonsumsi buah kurma

Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi buah kurma saat usia kehamilan sudah mencapai 9 bulan dapat membantu mempercepat proses pembukaan serviks sehingga proses persalinan jadi lebih lancar.

8. Akupunktur

Cara mempercepat pembukaan lainnya adalah akupunktur. Selama ribuan tahun, akupunktur telah dipercaya untuk mengatasi berbagai kondisi medis. Namun, apakah akupunktur bisa dijadikan cara mempercepat pembukaan?Menurut riset, manfaat utama akupunktur dalam proses persalinan adalah mematangkan serviks sehingga menjadi lebih lunak dan tipis menjelang persalinan.

Catatan dari SehatQ:

Jika Anda masih ragu dengan berbagai cara mempercepat pembukaan persalinan di atas, datanglah ke dokter kandungan tepercaya. Mereka dapat memberikan rekomendasi atau tips untuk mempercepat proses pembukaan jalan lahir yang sudah terbukti secara medis.
menjaga kehamilanolahraga ibu hamilpersalinan
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/symptoms-and-solutions/dilation-and-effacement.aspx
Diakses pada 16 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322810#how-to-dilate-faster-at-home
Diakses pada 16 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/natural-ways-to-induce-labor#sex
Diakses pada 16 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait