Ini 7 Cara Membuat Bibir Merah Merona Alami

(0)
04 Oct 2020|Azelia Trifiana
7 Cara untuk membuat bibir merah merona alamiGel lidah buaya dapat digunakan untuk membuat bibir terlihat merona
Bibir merah merona menjadi idaman banyak perempuan karena menunjukkan bibir sehat. Untuk bisa mendapatkannya, cara membuat bibir merah merona perlu perawatan ekstra. Namun jangan khawatir, cara mendapatkan bibir cantik ini bisa dilakukan sendiri di rumah.Terlebih jika sehari-hari selalu memakai lipstick, penting untuk memastikan proses membersihkan bibir dengan eksfoliasi sudah tepat. Memastikan sel kulit mati di bibir terangkat akan membantu regenerasi sel dan membuatnya tampak merah merona.

Cara membuat bibir merah merona dengan alami

Ada beberapa cara membuat bibir merah merona dan mudah dilakukan di rumah saja, yaitu:

1. Eksfoliasi

Tak hanya kulit wajah saja yang memerlukan eksfoliasi, bibir pun memerlukan perawatan yang sama. Setiap kali usai beraktivitas, pastikan membersihkan bibir hingga benar-benar bersih. Kemudian sebelum tidur, oleskan lip balm yang dapat melembapkan bibir.Ketika terbangun di pagi hari, gunakan kain lembap untuk mengangkat sel kulit mati di bibir. Ini juga akan melancarkan aliran darah ke area bibir.

2. Jaga asupan cairan

Apabila bibir tampak kering dan pecah-pecah, bisa jadi salah satu indikator mengalami dehidrasi. Untuk itu, jaga asupan cairan dengan mengonsumsi banyak air putih. Tak hanya sebagai cara mendapatkan bibir sehat, ini juga berdampak positif bagi tubuh.

3. Proteksi bibir

Gunakan produk lip balm yang mengandung shea butter, cocoa butter, atau minyak kelapa sehingga dapat memberikan perlindungan alami pada bibir, utamanya dari paparan panas dan polusi. Hindari produk yang mengandung camphor karena justru membuat bibir kering. Perhatikan pula tanggal kedaluwarsa produk perawatan bibir.

4. Gel lidah buaya

Ketika bibir tampak kering dan pecah-pecah, aplikasikan gel lidah buaya untuk meredakannya. Lidah buaya memiliki khasiat melembutkan sekaligus menyembuhkan sehingga bisa menjadi cara membuat bibir merah merona.

5. Lindungi dari sinar matahari

Ketika harus beraktivitas di bawah paparan sinar ultraviolet, lindungi bibir dengan menggunakan produk proteksi tertentu. Pilihannya bisa dengan menggunakan lip balm yang mengandung SPF. Pakai perlindungan ini tak hanya saat terik saja, juga saat cuaca tengah berawan.Jangan lupa kembali mengaplikasikan lip balm dengan SPF setiap beberapa jam sekali demi perlindungan maksimal. Jadi, jangan hanya melindungi kulit dengan tabir surya saja karena bibir juga memerlukan proteksi yang sama.

6. Buat lip scrub sendiri

Jika ingin membuat lip scrub alami, coba gunakan buah-buahan berry seperti stroberi sebagai salah satu bahannya. Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat memberikan nutrisi pada bibir.Cara membuatnya bisa dengan mencampurkan stroberi, madu, dan minyak zaitun. Variasi lainnya bisa juga dengan menggunakan blueberry. Eksperimen ini akan menghasilkan lip scrub alami yang bisa digunakan kapan saja.

7. Lembapkan bibir dengan buah bit

Warna merah alami dari buah bit juga bisa menjadi cara membuat bibir merah merona. Caranya dengan mengaplikasikan satu sendok makan ekstrak buah bit dengan madu. Kemudian, aplikasikan sembari pijat perlahan di bibir. Diamkan semalaman.Buah bit bekerja dengan membantu menghilangkan pigmentasi di bibir. Setelah dibiarkan semalaman, pagi harinya bibir akan tampak berwarna merah merona sekaligus lebih lembut.

Mengapa warna bibir menjadi gelap?

kopi
Kebiasaan minum kopi dapat mengurangi rona bibir
Selain mengaplikasikan cara membuat bibir merah merona, penting untuk tahu alasan bibir menjadi berwarna gelap. Ada banyak faktor yang berpengaruh, seperti:
  • Dehidrasi atau membiarkan bibir kering dalam waktu lama
  • Kebiasaan buruk seperti merokok atau konsumsi obat terlarang
  • Penggunaan kosmetik bibir berlebihan dalam waktu yang lama
  • Melasma atau hiperpigmentasi
  • Terpapar sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama
  • Anemia
  • Konsumsi kopi atau minuman mengandung kafein
  • Stres
Jika sehari-hari Anda masih mengalami hal di atas, sebaiknya mulai hindari demi mendapatkan bibir yang lebih sehat. Produk lip balm komersil di pasaran mengandung zat kimia yang bisa membuat bibir menjadi kusam dalam jangka panjang. Lip balm buatan sendiri akan jauh lebih aman.

Catatan dari SehatQ

Hindari pula kebiasaan menjilat bibir karena saliva membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. JIka Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara menyehatkan bibir secara alami, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanpencerah kulitbibir kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-lips-pink
Diakses pada 19 September 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-pinky-soft-lips/
Diakses pada 19 September 2020
Skin Kraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/how-to-make-lips-pink-naturally
Diakses pada 19 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait