Ini Cara Membesarkan Pinggul Secara Alami Lewat Olahraga


Cara membesarkan pinggul secara alami bisa dilakukan sendiri di rumah dengan melakukan strength workout. Caranya bisa lewat latihan kekuatan hingga kardio.

0,0
01 Feb 2021|Azelia Trifiana
cara membesarkan pinggul dengan gerakan olahraga iniOlahraga untuk membesarkan pinggul secara alami
Dari semua otot manusia, yang ada di tubuh bagian bawah termasuk paling kuat. Itulah mengapa ada banyak latihan sebagai cara membesarkan pinggul secara alami. Bukan hanya soal postur, tujuannya juga untuk membuat rentang gerak menjadi lebih leluasa.Ada banyak aktivitas yang melibatkan otot pinggul dan tubuh bagian bawah lain seperti duduk, berdiri, naik turun tangga, dan lainnya. Untuk melatihnya, bisa dengan berolahraga di rumah secara rutin.

Cara membesarkan pinggul secara alami

Beberapa gerakan di bawah ini bisa membantu memperkuat ketiga otot yang ada di sekitar pinggul yaitu gluteus maximus, medius, dan minimus.Latihan kekuatan tidak hanya membuatnya semakin stabil menopang dalam aktivitas sehari-hari, tapi juga membuat otot optimal saat harus beraktivitas fisik cukup berat seperti naik tangga, berlari, hingga naik gunung.Lalu, apa saja latihan yang cocok dilakukan?

1. Strength workout

Jenis strength workout sangat beragam. Hanya saja, jika ingin fokus memperkuat otot pinggul, maka lakukan kombinasi tiga gerakan yaitu squat, lunges, dan juga deadlift. Cara melakukannya:
  • Squat

gerakan squat
Berdiri dengan kedua kaki sedikit lebih lebar dari pinggul, jari kaki mengarah sedikit keluar. Mulai gerakan dengan mendorong bokong ke belakang seperti akan duduk. Lalu, tekuk kedua kaki sebawah mungkin. Saat melakukan ini, lutut tidak boleh lebih maju dari mata kaki.
  • Lunges

gerakan lungers
Mulai dengan berdiri tegak, kemudian satu kaki maju ke depan. Turunkan tubuh hingga kaki belakang membentuk sudut 90 derajat. Kemudian, kembali ke posisi semula. Lakukan repetisi 10-12 kali pada setiap kaki.
  • Deadlift

gerakan deadlift
Berdiri dengan kedua kaki berada di bawah barbell. Bungkukkan tubuh dan ambil beben dengan kedua tangan terbuka selebar bahu. Tekuk kedua lutut. Kemudian, angkat dada serta luruskan punggung.Sesuaikan beban dengan kemampuan tubuh. Bukan berat bebannya yang penting, melainkan melakukan teknik dengan tepat.

2. Latihan kardio

Ada banyak pilihan latihan kardio yang bisa dilakukan sebagai cara membesarkan pinggul. Beberapa pilihannya adalah:
  • Berjalan kaki

jalan kaki
Aktivitas berjalan bisa mengaktifkan otot glutes dan juga hamstring, terutama ketika menanjak. Untuk itu, sebisa mungkin cari jalur yang sedikit menanjak dan berjalanlah dengan cepat. Ketika menurun, kurangi kecepatan. Lakukan secara berkala setiap minggunya.
  • Lari jarak pendek

lari
Berlari jarak pendek atau lari interval adalah aktivitas yang memerlukan kekuatan dan daya tahan. Cara mudahnya bisa dengan memilih objek berjarak sekitar 5-100 meter, kemudian lari secepat mungkin. Perlahan, kurangi kecepatan dan berjalan. Ulangi sekitar 5-6 kali.
  • Bersepeda

Olahraga bersepeda juga merupakan cara membesarkan pinggul yang dan otot tubuh bagian bawah yang efketif. Bisa dilakukan baik di dalam maupun luar ruangan.Namun, ingat tekniknya yang tepat. Ketika mengayuh pedal ke bawah, pusatkan kekuatan pada tumit. Sementara saat naik, tarik pedal (apabila menggunakan foot strap) sehingga semua otot benar-benar bekerja.

3. Kickboxing

Olahraga seperti kickboxing juga bisa melatih otot pinggul, hamstring, dan juga quadricep. Selain itu, latihan ini memperkuat keseimbangan dan fleksibilitas. Namun tentu saja perlu diimbangi dengan latihan strength training agar hasilnya lebih maksimal.

4. Mendaki gunung

hiking
Hiking atau mendaki gunung yang juga melatih kekuatan otot bagian bawah. Bonusnya, kalori yang terbakar pun tidak main-main. Ketika ada perubahan ketinggian, energi yang dikeluarkan juga lebih banyak.Mendaki gunung ini bisa menjadi alternatif apabila ada medan yang bisa dijelajahi. Namun apabila tidak memungkinkan, bersepeda juga bisa dijadikan cara untuk memperkuat otot pinggul.

5. Naik turun tangga

Step-up atau latihan naik turun tangga juga bisa menjadi opsi gerakan untuk memperkuat otot pinggul. Untuk memulai, pastikan sudah memilih pijakan atau anak tangga sehingga lutut berada di sudut 90 derajat saat ditekuk.Untuk menambah intensitas, tekuk lutut sehingga membentuk gerakan lunges. Ulangi gerakan 1-3 set dengan repetisi 12-16 kali. Jika ingin tantangan lebih, bisa dengan membawa beban atau resistance band di kaki.

Semakin besar otot pinggul, tentu kian banyak pula kalori yang bisa terbakar. Tak hanya itu, memiliki tubuh bagian bawah yang kuat juga berarti dapat melindungi dari kemungkinan cedera.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar strength training untuk kekuatan otot tubuh lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragakesehatan wanitapola hidup sehat
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/your-best-butt-working-the-glutes-hips-and-thighs-1229536
Diakses pada 15 Januari 2021
WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/ss/slideshow-build-a-better-butt
Diakses pada 15 Januari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/best-butt-exercises-1230773
Diakses pada 15 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait