Berikut Kisaran Biaya Pembersihan Karang Gigi di Indonesia

Dokter gigi membersihkan karang gigi pasien pria
Biaya membersihkan karang gigi bisa berbeda tiap klinik dan tergantung tingkat keparahan karang gigi

Karang gigi bisa menjadi sumber berbagai masalah di rongga mulut, mulai dari bau mulut, radang gusi, hingga gigi goyang. Namun tenang saja. Sebab, kondisi menumpuknya karang gigi bisa dengan mudah diatasi oleh dokter gigi. Anda mungkin bertanya-tanya, berapa biaya membersihkan karang gigi?

Banyak orang yang enggan menjalani scaling gigi (metode pembersihan karang gigi) oleh dokter gigi, karena takut perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Sebenarnya, hal tersebut belum tentu terjadi. Sebab, ada banyak faktor yang memengaruhi biaya membersihkan karang gigi.

Kisaran biaya scaling gigi

Prosedur pembersihan karang gigi disebut sebagai scaling. Scaling gigi, hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi dan tidak bisa dilakukan sendiri di rumah, terlepas dari banyak produk yang mengklaim sebaliknya.

Tidak ada patokan resmi untuk biaya membersihkan karang gigi. Sebab, ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi atau rendahnya biaya prosedur ini, seperti:

Rentang biaya scaling gigi, umumnya dimulai dari Rp 200.000-300.000, untuk kasus yang paling ringan. Namun, ada beberapa klinik atau fasilitas kesehatan yang menawarkan perawatan dengan harga lebih murah, atau malah lebih tinggi.

Umumnya, lokasi fasilitas kesehatan serta peralatan yang digunakan juga akan berpengaruh pada tinggi rendahnya biaya membersihkan karang gigi.

Untuk kasus yang sedang, biaya scaling gigi umumnya berada di angka sekitar Rp 400.000-600.000 rupiah. Lagi-lagi, biaya ini bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi pada beberapa fasilitas kesehatan tertentu.

Sementara itu untuk kasus yang berat, biaya membersihkan karang gigi tentu akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kasus yang ringan dan sedang.

Dibandingkan dengan klinik swasta atau fasilitas kesehatan lainnya, Puskemas umumnya memiliki rentang biaya membersihkan karang gigi yang lebih murah.

Saat ini, sudah banyak fasilitas kesehatan yang menawarkan harga promosi, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak untuk menjalani prosedur scaling gigi.

Noda cokelat di gigi juga memengaruhi biaya pembersihan karang gigi

Selain banyak atau tidaknya karang gigi di rongga mulut Anda, keberadaan noda cokelat di gigi juga berpengaruh pada biaya membersihkan karang gigi. Noda cokelat atau kehitaman di gigi disebut sebagai stain.

Saat proses scaling gigi, dokter gigi juga akan sekaligus membersihkan noda ini agar gigi benar-benar bersih. Pembersihkan bisa dilakukan dengan mengoleskan cairan khusus ke kapas lalu menggosoknya ke permukaan gigi yang mengalami perubahan warna, atau juga dengan bantuan dari alat pembersih karang gigi (ultrasonic scaler).

Semakin banyak noda di gigi, maka proses pembersihannya pun akan semakin sulit. Sehingga, biaya yang dibutuhkan pun akan semakin besar.

Penjelasan singkat tentang scaling gigi

Saat Anda telah mengetahui kisaran biaya membersihkan karang gigi dan setuju untuk melakukannya, maka proses scaling gigi pun akan dimulai. Berikut ini langkah-langkah scaling gigi dari awal hingga akhir.

• Pemeriksaan awal

Sebelum pembersihan karang gigi dilakukan, dokter akan memeriksa kondisi rongga mulut Anda secara keseluruhan. Dokter gigi juga akan menanyakan riwayat kesehatan Anda, seperti jenis penyakit yang pernah atau sedang diderita, atau obat yang pernah dan sedang dikonsumsi.

Setelah pemeriksaan selesai dan Anda dinyatakan dalam kondisi baik untuk menjalani prosedur pembersihan karang gigi, maka dokter akan memulai prosesnya.

• Proses scaling gigi

Scaling gigi dilakukan dengan menggunakan alat ultrasonic scaler. Alat ini, akan membantu merontokkan karang gigi dengan gaya getaran, sehigga karang gigi bisa lepas. Namun, lapisan gigi kita tidak rusak.

Pembersihan akan dilakukan secara menyeluruh, baik di rahang atas maupun rahang bawah. Apabila ada karang gigi yang bersembunyi di sela-sela gigi, atau di bawah gusi, maka area tersebut juga akan dibersihkan. Pembersihan di kedua area ini mungkin akan menimbulkan sedikit rasa ngilu.

Saat proses scaling gigi, gusi akan sedikit berdarah. Hal ini wajar terjadi, karena gusi merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah.

• Setelah scaling gigi

Setelah semua area gigi dirasa bersih, itu tandanya proses scaling gigi telah selesai. Pada tahap ini, dokter akan mengoleskan pasta khusus ke gigi dan menyikatnya dengan alat sikat khusus, untuk menghaluskan permukaan gigi. Tahap ini juga akan membuat rongga mulut Anda terasa lebih segar.

Setelah scaling gigi, wajar apabila Anda merasa sedikit ngilu. Sebab, lapisan gigi yang tadinya tertutup karang, sekarang menjadi terbuka, sehingga lebih sensitif terhadap rangsang nyeri seperti suhu panas dan dingin.

Namun, rasa ngilu tersebut bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, karena gigi telah menyesuaikan diri dengan kondisinya yang baru.

Catatan dari SehatQ

Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya membersihkan karang gigi, yaitu tingkat kebersihan mulut, jenis fasilitas kesehatan, dan faktor penyulit prosedur yang mungkin terjadi.

Namun, acuan ini tidak dipakai di semua fasilitas kesehatan. Ada beberapa klinik, Puskesmas, ataupun rumah sakit, yang menghitung biaya membersihkan karang gigi per rahang atau sesuai jumlah gigi.

Sehingga, sebelum menjalani pembersihan karang gigi, sebaiknya Anda berdiskusi lebih lanjut dengan pegawai klinik ataupun dokter gigi, mengenai penghitungan biayanya. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan dana untuk menjalani perawatan tersebut.

Mouth Healthy – American Dental Association. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/scaling-and-root-planing
Diakses pada 29 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/teeth-scaling
Diakses pada 29 November 2019

Artikel Terkait