Ini Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi yang Patut Diwaspadai

Penggunaan tusuk gigi dapat mengganggu kesehatan mulut
Tusuk gigi sering digunakan untuk mengatasi makanan yang menyangkut

Ketika ada makanan yang mengganjal di sela gigi, hal pertama yang umumnya dicari banyak orang adalah tusuk gigi. Meski tusuk gigi dipercaya efektif dalam membersihkan makanan yang menyangkut, penggunaan alat ini justru tidak disarankan karena dapat membahayakan kesehatan mulut Anda.

Alasannya adalah potongan kayu pada tusuk gigi bisa patah dan menusuk jaringan gusi Anda. Jaringan yang tertusuk ini berpotensi menjadi jalan masuk bakteri penyebab infeksi pada gusi Anda.

Jika Anda termasuk sering menggunakan tusuk gigi, dokter gigi Anda mungkin akan memeriksa adanya kerusakan pada gusi ketika Anda melakukan pemeriksaan kesehatan mulut.

Kenali juga bahaya lainnya menggunakan tusuk gigi

Selain bisa membukakan pintu masuk bagi bakteri, penggunaan tusuk gigi ternyata juga bisa menimbulkan bahaya lain yang cukup mengerikan, misalnya seperti tusuk gigi tertelan.

Seseorang bisa saja secara tidak sengaja menelan sesuatu yang sedang berada di dalam mulutnya. Contohnya, kebiasaan menggigit-gigit tusuk gigi setelah menggunakannya atau bahkan tusuk gigi yang tertelan karena menempel pada makanan.

Studi kasus di Inggris bahkan menunjukkan bahwa seorang pria hampir meninggal karena tidak sengaja menelan tusuk gigi yang ada ditusukkan pada sandwich.

Tergantung ukurannya, tusuk gigi yang tertelan dapat menyebabkan seseorang tercekik, atau bahkan benda tersebut bisa masuk ke dalam saluran pencernaan dan terjebak di sana.

Ketika tusuk gigi terjebak di usus, maka ujungnya yang tajam dapat menusuk lubang melalui arteri atau usus. Hal ini akan menyebabkan sepsis, pendarahan, infeksi, bahkan hingga kematian.

Selain itu, tusuk gigi yang ditaruh sembarangan dapat dimainkan oleh anak-anak. Hal ini tentunya bisa menimbulkan bahaya lain, seperti melukai badan, mata, atau telinga mereka.

Menggunakan tusuk gigi sebenarnya boleh saja, jika Anda tidak memiliki pilihan lain dan jika Anda bisa memastikan bahwa akan melakukannya dengan hati-hati. Namun jika tidak, sebaiknya Anda mencari alternatif lain.

Cara alternatif membersihkan makanan menyangkut di gigi

Agar terhindar dari beberapa bahaya tusuk gigi di atas, sebenarnya masih ada beberapa cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan makanan menyangkut di gigi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Benang gigi

Benang gigi atau dental floss dapat membantu Anda dalam menghilangkan makanan yang menyangkut pada sela-sela gigi. Jika Anda kesulitan menggunakan benang gigi, Anda bisa membeli dental floss stick untuk memudahkan penggunaannya.

2. Sikat gigi setelah makan

Selain menggunakan benang gigi, Anda juga mengatasi makanan yang menyangkut di sela gigi dengan sikat gigi setiap setelah makan.

Selain bisa membersihkan gigi secara menyeluruh, sikat gigi juga dapat membantu Anda memberikan dorongan ekstra ke pada makanan yang menyangkut di sela gigi.

3. Konsumsi makanan yang bisa membersihkan gigi

Mengonsumsi makanan tertentu juga bisa membantu Anda membersihkan gigi, contohnya dengan mengonsumsi apel atau wortel. Mengonsumsi apel tak hanya bisa membersihkan gigi, tapi juga membantu Anda mengatasi bau mulut. Kandungan serat dalam apel mampu bertindak layaknya sikat gigi dan membersihkan plak dari gigi

Selain itu, keasaman apel turut membantu membunuh bakteri jahat yang mengatasi bau mulut. Tindakan ini bisa dilakukan dengan catatan, yaitu pastikan Anda tidak mengupas apel karena di situlah letak serat pada buah ini.

Khusus untuk wortel, selain juga memiliki serat yang membantu Anda membersihkan gigi, sayuran ini juga mampu memerangi gingivitis atau radang gusi karena kandungan vitamin B di dalamnya.

Selain mengonsumsi makanan yang bisa membantu Anda membersihkan gigi, Anda juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa menyelip di gigi Anda. Contohnya adalah jagung, stroberi, dan popcorn. Beberapa makanan tersebut bentuknya kecil sehingga mudah tersangkut dan bersarang di gigi Anda.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tusuk gigi dan alternatif pembersih gigi seperti apa yang bisa Anda gunakan.

Jaga terus kesehatan gigi Anda dengan rutin menyikat gigi dan menggunakan dental floss. Periksakan juga kesehatan gigi Anda secara berkala ke dokter gigi untuk menjaganya tetap kuat, sehat, dan terhindar dari beragam penyakit.

Unitedconcordia.com
https://benefitsbridge.unitedconcordia.com/toothpicks-shouldnt-used-clean-teeth/
Diakases 19 April

Abc news
https://abcnews.go.com/Health/hidden-danger-humble-toothpick/story?id=60756605
Diakses 19 April

Healthline
https://www.healthline.com/health/foreign-objects#causes
Diakses 19 April

NCBI
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6748180
Diakses 19 April

Mytotaldensistry
https://www.mytotaldentistry.com/blog/how-to-avoid-food-getting-stuck-in-your-teeth/
Diakses 19 April

Pediatric dental care
https://www.pediatricdentalcare.com/blog/foods-that-clean-teeth-as-you-eat/
Diakses 19 April

Artikel Terkait