Ini Bahaya Makan Buah Pir Terlalu Banyak Terhadap Kesehatan

(0)
31 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu bahaya makar buah pir adalah gangguan pencernaanTerlalu banyak mengonsumsi pir dapat menimbulkan sejumlah bahaya bagi kesehatan
Buah pir adalah buah yang dapat dikonsumsi langsung bersama kulitnya. Sejak dahulu, buah ini dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, diare, konstipasi, mual dan muntah, hingga sirosis hati. Di balik manfaatnya, ada pula bahaya makan buah pir yang dipercaya oleh sebagian orang.

Bahaya makan buah pir

Meski dikenal bermanfaat bagi kesehatan, ada sejumlah bahaya makan buah pir yang patut Anda waspadai, terutama jika buah ini dikonsumsi secara berlebihan.

1. Sifat ‘dingin’ pir dapat menyebabkan gangguan kesehatan

Alexander Neckam, seorang ilmuwan, pengajar, dan kepala biara pada abad pertengahan, memberikan beberapa catatan mengenai konsumsi buah pir. Peringatan ini tertulis di dalam karyanya pada tahun 1190 yang berjudul De Naturis Rerum.Neckam menyebutkan ada sejumlah bahaya makan buah pir yang dapat merugikan kesehatan. Menurutnya, pir termasuk buah yang keras, sulit dicerna, dan dingin.Bahaya makan buah pir ini dapat meningkat apabila dikombinasikan dengan air dingin. Sebab, efek dingin yang mengganggu pencernaan akan meningkat sehingga kemungkinan Anda mengalami gangguan pencernaan juga lebih tinggi.

2. Pantang dikonsumsi sebelum makan

Neckam juga menambahkan bahwa pir termasuk dalam jenis buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum makan. Alasannya, pir memiliki efek pencahar sehingga berpotensi menimbulkan bahaya makan buah pir dalam bentuk sembelit (konstipasi).

3. Menyebabkan kembung

Bahaya makan buah pir lainnya adalah menyebabkan kembung. Sama halnya seperti apel, pir juga memiliki banyak kandungan serat, vitamin, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.Namun, pir memiliki kandungan fruktosa, yakni gula buah yang sulit dicerna oleh sebagian orang. Selain itu, buah ini juga mengandung sorbitol yang berpotensi menyebabkan kembung.Situs Medical News Today menyarankan untuk memasak pir terlebih dahulu dibandingkan dimakan secara langsung. Cara ini dapat membuat pir lebih mudah dicerna dan mengurangi risiko bahaya makan pir, seperti kembung dan gangguan pencernaan.

4. Risiko kelebihan asam folat

Kandungan asam folat pada buah pir memiliki banyak manfaat bagi perkembangan otak. Ibu hamil biasanya dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat. Akan tetapi, bahaya makan buah pir terlalu banyak malah dapat menyebabkan kelebihan asam folat.Kelebihan asam folat dapat menyebabkan ruam, kram, mual, kejang, gangguan tidur, dan berbagai masalah lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi pir dalam porsi yang sewajarnya.Bahaya makan buah pir terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelebihan kandungan zat pada buah pir, di antaranya kelebihan vitamin C, kelebihan vitamin A, kelebihan zat besi, kelebihan kalium, hingga kegemukan karena penumpukan kalori. Kelebihan zat-zat ini tentunya dapat mengganggu kesehatan.Secara keseluruhan, bahaya makan buah pir bisa dihindari jika buah ini dikonsumsi sewajarnya. Satu hal yang perlu Anda ingat, mengonsumsi makanan apa pun secara berlebihan, sekalipun itu makanan sehat, dapat berakibat buruk bagi kesehatan.Untuk mendapatkan manfaat buah pir secara maksimal dan menurunkan risiko bahaya makan buah pir, sebaiknya cuci buah dengan bersih dan konsumsi bersama kulitnya. Anda juga bisa memasak buah pir terlebih dahulu dan dikonsumsi setelah makan. Hindari konsumsi minuman dingin setelah makan buah pir.Jika Anda punya pertanyaan seputar buah pir dan buah-buahan sehat lainnya, Anda bisa bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
gangguan pencernaanbuah dan sayuran
Pola hidup sMedievalists. https://www.medievalists.net/2016/01/the-dangers-of-eating-pears-according-to-alexander-neckam/
Diakses 17 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322559
Diakses 17 Oktober 2020
Good Health All. https://goodhealthall.com/10-major-side-effects-of-eating-too-many-pears/
Diakses 17 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-482/pear
Diakses 17 Oktober 2020
Stemilt. https://www.stemilt.com/stem-blog/10-reasons-why-apples-pears-are-good-for-your-heart
Diakses 17 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait