Ini 9 Alasan Mengapa Minyak Telon untuk Bayi Begitu Populer

Agar bayi tidur lebih nyenyak, Anda bisa mengoleskan minyak telon di perut bayi sambil dipijat lembut
Mengoleskan minyak telon setelah bayi mandi akan membuat tubuhnya lebih hangat

Hampir semua bayi identik dengan aroma minyak telon yang begitu segar dan menenangkan. Bisa dibilang pemberian minyak telon untuk bayi ini telah dilakukan sejak dulu hingga sekarang. Tak hanya untuk aromanya saja, minyak telon juga memberikan banyak manfaat untuk bayi.

Biasanya para orangtua mengoleskan minyak telon setelah memandikan bayi. Tak hanya bayi saja, anak-anak balita juga biasanya masih menggunakan minyak telon. Ada banyak merek minyak telon di pasaran yang aman digunakan untuk bayi dan anak-anak.

Perlukah bayi memakai minyak telon?

Minyak telon dibuat dari tiga jenis minyak, yaitu minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Artinya, ada tiga manfaat yang bisa diperoleh dari setiap kandungan minyak telon.

Biasanya, orangtua menggunakan minyak telon sembari memijat buah hati mereka. Dengan menggunakan minyak telon, akan lebih licin memijat tubuh bayi seusai mandi atau sebelum tidur.

Tapi ingat, minyak telon sebaiknya hanya diaplikasikan di bagian tubuh seperti perut, punggung, tangan, kaki, dan rambut. Hindari mengaplikasikan minyak telon di dekat mata dan area mulut.

Manfaat minyak telon untuk bayi

Kandungan alami dalam minyak telon memberi banyak manfaat bagi kesehatan bayi. Beberapa di antaranya adalah:

1. Menghangatkan tubuh

Ketika mengaplikasikan minyak telon untuk bayi, kandungan minyak kayu putih akan menimbulkan sensasi hangat di kulit bayi. Itulah mengapa minyak telon dapat menghangatkan tubuh terutama seusai mandi. Bayi belum dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri, itu sebabnya minyak telon dapat membantu menghangatkan tubuh mereka.

2. Meredakan gatal-gatal

Jangan heran jika bayi kerap jadi sasaran empuk nyamuk atau serangga lainnya. Ruam di sana, ruam di sini. Tapi tenang, para orangtua tak perlu khawatir karena minyak telon dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga atau nyamuk.

3. Baik untuk pencernaan

Terkadang ada saja masalah pencernaan yang mungkin terjadi pada bayi. Entah itu mengalami diare hingga konstipasi. Kandungan minyak adas dalam minyak telon rupanya sangat baik untuk pencernaan.

Itu sebabnya banyak juga orangtua yang memijat bayi mereka dengan metode I-L-U menggunakan minyak telon. Biasanya, ini dilakukan ketika bayi mengalami konstipasi atau belum buang air besar selama beberapa hari.

4. Mencegah infeksi

Minyak adas dalam minyak telon mengandung senyawa antimikroba yang bisa mencegah infeksi. Tak hanya itu, minyak telon juga menghambat kemungkinan tumbuhnya jamur yang rentan mengakibatkan penyakit kulit pada bayi.

5. Melembabkan kulit

Kulit bayi masih sensitif terutama ketika berurusan dengan cuaca tak menentu. Kadang kulit bayi bisa menjadi kering bahkan mengelupas jika kurang lembap. Nah, memberikan minyak telon bisa membantu melembabkan kulit bayi agar tetap terhidrasi.

6. Minyak pijat

Tak perlu bingung minyak apa yang perlu diaplikasikan saat memijat buah hati Anda. Terlebih untuk bayi di bawah usia 3 bulan yang tidak disarankan terkena essential oil, minyak telon bisa menjadi alternatif minyak pijat yang aman sekaligus efektif. Anda bisa menggunakan minyak telon kapanpun akan memijat buah hati.

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Wajar jika bayi baru lahir belum menemukan pola tidur yang pasti. Mereka bisa saja terbangun setiap beberapa jam sekali entah itu saat siang atau malam hari. Memberi pijatan dengan minyak telon bisa membuat tidur lebih nyenyak sekaligus meningkatkan kualitas tidur mereka.

8. Menenangkan bayi

Mood bayi kadang tidak bisa ditebak, dan aroma lembut dari minyak telon dapat menenangkan bayi. Anda bisa mengoleskan minyak telon seusai mandi sembari memijatnya perlahan. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat bayi semakin rileks dengan memeluk sembari menggendongnya.

9. Aroma menyenangkan

Tidak berlebihan bahwa minyak telon untuk bayi adalah parfum terbaik. Bahkan orang dewasa pun ada yang masih suka menggunakan minyak telon seusai mandi karena aromanya yang menenangkan.

Perpaduan minyak adas, minyak kelapa, dan minyak kayu putih dalam minyak telon memang memberikan efek relaksasi ketika menghirupnya. Bayi Anda pun akan beraroma lebih segar dan menyenangkan seusai dioleskan minyak telon.

Melihat banyaknya manfaat minyak telon untuk bayi, tidak heran minyak yang satu ini begitu populer. Minyak telon juga aman diaplikasikan ke bayi beberapa kali dalam sehari karena tidak ada efek sampingnya. Tapi ingat, selalu pastikan minyak telon yang Anda berikan ke buah hati masih dalam kondisi baik dan belum kedaluwarsa, ya!

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322532.php
Diakses 4 Oktober 2019

The American Association of Naturopathic Physicians. https://www.naturopathic.org/content.asp?contentid=225
Diakses 4 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-457/cajeput-oil
Diakses 4 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed