logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

10 Bahaya Narkoba bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

open-summary

Bahaya narkoba bagi kesehatan tidak hanya menyebabkan ketergantungan, tapi juga bisa mengundang penyakit jantung, menyebabkan perubahan sel saraf otak, hingga kematian. Terdapat beberapa cara untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, seperti belajar untuk menolak dan menjalani hidup yang seimbang.


close-summary

3.69

(13)

7 Jan 2022

| Dessy Diniyanti

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Bahaya penyalahgunaan narkoba, salah satunya kerusakan otak

Narkoba bisa sebabkan ketergantungan hingga kerusakan otak

Table of Content

  • 10 bahaya narkoba bagi kesehatan yang perlu diwaspadai
  • Cara mencegah penyalahgunaan narkoba
  • Catatan dari SehatQ

Narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) adalah zat atau obat (terbuat dari bahan alami, sintetis, maupun semisintesis) yang dapat menimbukan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Sementara itu, menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan narkoba merupakan zat buatan yang berasal dari tanaman dan memberi efek halusinasi hingga menyebabkan kecanduan dan menimbulkan akibat buruk bagi kesehatan.

Advertisement

10 bahaya narkoba bagi kesehatan yang perlu diwaspadai

Dampak narkoba bagi kesehatan didasari oleh beberapa faktor, seperti jenis narkoba yang digunakan, seberapa banyak yang telah dikonsumsi, dalam jangka waktu berapa lama, kondisi kesehatan penggunanya, maupun faktor lainnya.

Ketika seseorang melakukan penyalahgunaan narkoba dalam jangka panjang, ia juga akan mengalami kertergantungan.

Tidak hanya kesehatan saja yang terdampak. Pengguna narkoba juga berisiko dijerumuskan ke dalam penjara. Karena sejatinya, pengertian penyalahgunaan narkoba adalah orang yang menggunakan narkotika tanpa hak atau melawan hukum.

Berikut adalah sejumlah bahaya narkoba bagi kesehatan yang perlu diwaspadai:

1. Ketergantungan

Salah satu dampak negatif narkoba yang utama adalah menyebabkan ketergantungan. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua orang yang mengonsumsi narkoba akan merasakan ketergantungan selama zat adiktif berbahaya di dalamnya belum merusak sel-sel otak.

Kerusakan sel otak inilah yang akan mengakibatkan ketergantungan dan juga dapat menimbulkan dampak narkoba lainnya.

Kondisi ini juga akan membuat penderitanya sulit menghentikan pemakaian narkoba, bahkan ketika mereka berusaha keras untuk berhenti dari penggunaan barang haram tersebut.

2. Perubahan sel saraf otak

Bahaya narkoba yang tak boleh diremehkan lainnya adalah perubahan sel saraf otak.

Seseorang yang mengonsumsi narkoba secara berulang dan dalam jangka waktu yang panjang, dapat memicu perubahan sel saraf dalam otak, yang kemudian akan mengganggu komunikasi antarsel saraf.

Dalah kondisi yang kronis, efek tersebut bisa menetap dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan setelah konsumsi narkoba dihentikan.

3. Daya ingatan menurun

Bahaya narkoba bagi generasi muda yang perlu diwaspadai adalah penurunan daya ingat. Dampak perubahan sel saraf otak akibat narkoba dapat menyebabkan daya ingat menjadi menurun atau bahkan kehilangan ingatan.

Kondisi ini dikarenakan jenis obat-obatan asam gamma-hidroksibutirat dan rohypnol dipercaya bisa mengakibatkan efek sedatif atau mengantuk, perubahan perilaku, koordinasi tubuh terganggu, kebingungan, hingga melemahnya daya ingat seseorang.

4. Kehilangan keseimbangan tubuh

Waspadalah, bahaya narkoba juga dipercaya bisa menyebabkan penggunanya kehilangan keseimbangan tubuh.

Pasalnya, beberapa jenis narkoba dapat mempengaruhi saraf otak dan organ keseimbangan di telinga sehingga tubuh dapat mengalami gangguan keseimbangan.

Kondisi ini dikarenakan otak bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan gerakan. Oleh karena itu, seorang pencandu narkoba tidak diperbolehkan untuk mengemudi.

5. Halusinasi

Dampak negatif narkoba juga bisa membuat penggunanya mengalami perubahan kesadaran atau halusinasi. Hal ini tentu akan membuat mereka menjadi sulit untuk melakukan aktivitas, mengikuti pelajaran, dan sulit untuk konsentrasi.

Efek ini biasanya dirasakan saat menggunakan narkoba dan beberapa jam setelah mengonsumsinya. Pengguna narkoba cenderung kesulitan untuk fokus dan sulit untuk mengambil keputusan.

6. Penyakit jantung

no caption
Poster tentang bahaya narkoba (Sumber: BNN)

Akibat penyalahgunaan narkoba yang cukup fatal adalah rusaknya jantung. Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa narkotika dapat memberi efek peningkatan frekuensi denyut jantung, irama jantung tidak teratur, penyempitan pembuluh darah, dan peningkatan tekanan darah.

Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan aliran darah ke otot jantung. yang akhirnya mengakibatkan serangan jantung.

7. Sulit tidur

Penyalahgunaan narkoba juga dapat membuat penggunanya menjadi sulit tidur dan sering merasa gelisah.

Kandungan yang terdapat di dalam narkoba dapat mengurangi durasi tidur sehingga penderitanya cenderung sulit untuk memejamkan mata dan tidak dapat tidur dengan nyenyak.

Bahaya narkoba bagi generasi muda ini berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

8. Dehidrasi

Dehidrasi ternyata juga merupakan salah satu efek dari penyalahgunaan napza. Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh dan biasanya diikuti dengan ketidakseimbangan elektrolit dalam darah.

Dehidrasi dapat memicu kondisi lain yang dapat membahayakan tubuh, seperti hilang konsentrasi, serangan panik, bahkan hingga kejang-kejang.

9. Gangguan kualitas hidup

Bahaya penyalahgunaan narkoba berikutnya adalah kualitas hidup yang terganggu. Sebab, dampak buruk narkoba tidak hanya menyerang kondisi tubuh, tapi juga bisa mengganggu aspek kehidupan yang lainnya.

Misalnya, sulit berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah finansial akibat terus membeli obat-obatan terlarang, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian jika terbukti melanggar hukum.

Berbagai efek narkoba yang satu ini perlu diwaspadai karena dapat berdampak besar pada kehidupan penggunanya.

10. Kematian

Selain dapat memicu berbagai penyakit di atas, dampak penyalahgunaan narkoba yang paling fatal adalah dapat menyebabkan kematian.

Kerusakan saraf di otak dan kegagalan organ untuk berfungsi dapat menjadi dampak dari narkoba, yang secara langsung memberikan efek buruk pada tubuh hingga meningkatkan berbagai risiko penyakit dan kematian.

Sederet bahaya penggunaan narkoba di atas perlu menjadi perhatian kita semua supaya anak, saudara, hingga kerabat tidak menjadi korban dari zat terlarang tersebut.

Cara mencegah penyalahgunaan narkoba

Setelah mengetahui berbagai dampak penyalahgunaan narkoba di atas, kini saatnya Anda memahami berbagai cara mencegah penyalahgunaan narkoba untuk menjaga keluarga atau kerabat dari barang haram itu.

  • Ajari cara untuk menolak

Salah satu penyebab penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja atau masyarakat umum ialah adanya dorongan atau bahkan paksaan dari lingkungan. Maka dari itu, Anda bisa mengajari seseorang untuk bisa menolak jika ada godaan untuk menggunakan narkoba.

Kalau bisa, cobalah untuk menghindari teman-teman atau lingkungan yang sering menggoda untuk menggunakan narkoba tersebut. Carilah teman yang mengajak untuk melakukan hal-hal positif.

  • Bantu atasi tekanan hidup

Terkadang, faktor penyebab penyalahgunaan narkoba dapat muncul saat seseorang merasakan tekanan bertubi-tubi di dalam hidupnya. Namun ingat, narkoba hanya akan memperparah masalah dalam hidup.

Untuk mencegah efek narkoba yang buruk bagi kesehatan, cobalah cari cara yang lebih positif untuk mengatasi tekanan hidup, misalnya berolahraga, berkreasi dengan teman, atau melakukan hal-hal menenangkan seperti yoga.

  • Atasi gangguan mental

Berbagai macam gangguan mental seperti gangguan cemas, stres, hingga depresi, dapat menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, bantulah orang-orang ini untuk mengobati gangguan mentalnya dengan datang ke dokter atau psikolog.

  • Jalani hidup yang seimbang

Menjalani hidup yang seimbang dianggap sebagai cara penanggulangan narkoba yang efektif.

Perlu diketahui, ada kalanya orang-orang terperangkap dalam penyalahgunaan narkoba di saat hidupnya sedang berantakan. Tidak jarang juga seseorang menggunakan narkoba karena mereka tidak puas dengan kualitas hidupnya.

Baca Juga

Baca Juga

  • Fungsi dan Peran Keluarga dalam Proses Sosialisasi serta Pendidikan Anak
  • Sederet Manfaat Glutathione yang Beragam: Cegah Kanker Hingga Autisme
  • Pilihan Olahraga yang Membakar 1000 Kalori dalam Sehari

Catatan dari SehatQ

Bahaya penyalahgunaan narkoba yang lebih luas juga terlihat pada lingkungan. Misalnya, pecandu narkoba akan rentan melakukan tindakan kriminal, terlibat dalam perkelahian, serta memberi efek buruk pada lingkungan tempat tinggalnya. Jika sudah kecanduan, jangan ragu untuk segera melakukan rehabilitasi.

Bagi Anda yang ingin bertanya lebih lanjut seputar bahaya narkoba bagi tubuh, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!

Advertisement

narkobahidup sehatpola hidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved