Ini 7 Manfaat Jamur Lingzhi Bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

Jamur lingzhi telah digunakan sejak dulu dalam pengobatan tradisional Tiongkok
Jamur lingzhi dipercaya dapat mengurangi kelelahan dan depresi

Jamur lingzhi dikenal juga dengan nama jamur reishi dan Ganoderma lucidum. Jamur ini berukuran besar, berwarna gelap, dan memiliki efek mengkilap. Jamur lingzhi tumbuh di berbagai wilayah Asia, bahkan telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Tiongkok. 

Jamur lingzhi mengandung 400 senyawa bioaktif yang memiliki sejumlah efek potensial pada kesehatan, seperti triterpenoid, polisakarida, dan peptidoglikan. Jamur tersebut dapat langsung dikonsumsi setelah dipetik, namun juga bisa diekstrak menjadi bubuk, suplemen makanan, dan teh. Selain itu, ada banyak manfaat jamur lingzhi bagi kesehatan yang dipercayai oleh penggemarnya. Apa saja?

Manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan

Jamur lingzhi mengandung fosfor, silika, belerang, magnesium, kalium, dan kalsium sebagai komponen utama. Kandungan zat besi, seng, natrium, tembaga, mangan, dan strontium juga ada dalam jamur tersebut, namun dalam jumlahnya tidak signifikan. 

Jamur lingzhi juga mengandung beberapa senyawa lain yang dapat berkontribusi pada kesehatan, seperti protein, lektin, karbohidrat, serat, berbagai enzim, dan asam lemak rantai panjang. Adapun manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat yang paling dipercaya dari jamur lingzhi, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian tabung menunjukkan bahwa lingzhi dapat memengaruhi gen dalam sel darah putih yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini juga menemukan bahwa jamur tersebut dapat mengubah peradangan dalam sel darah putih.

Sementara, penelitian pada pasien kanker menunjukkan bahwa beberapa molekul dalam jamur lingzhi dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami yang dapat melawan infeksi dan kanker dalam tubuh. 

Berdasarkan penelitian lainnya, jamur lingzhi juga dapat meningkatkan fungsi limfosit yang dapat membantu melawan infeksi. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini.

  • Mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif

Penelitian menunjukkan bahwa jamur lingzhi dapat mengurangi peradangan pada penderita asma, rematik, dan konjungtivitis tanpa efek samping yang menonjol. Senyawa aktif dalam jamur tersebut dapat bekerja sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh.

Penggunaan jamur reishi selama 14 hari pada uji coba tikus menunjukkan adanya peningkatan efek antiperadangan dan antioksidan sehingga melindungi darah dari radikal bebas. Radikal bebas dapat menjadi cikal bakal penyebab kanker.  

  • Antikanker

Satu penelitian pada lebih dari 4.000 penyintas kanker payudara menemukan bahwa 59 persennya mengonsumsi jamur reishi. Beberapa penelitian tabung pun menunjukkan bahwa jamur ini dapat menyebabkan kematian sel kanker. Meski begitu, tentu dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada hewan dan manusia.

Jamur lingzhi juga telah dipelajari untuk perannya dalam mencegah atau melawan kanker kolorektal. Alasannya adalah peningkatan aktivitas sel darah putih yang dirangsang oleh jamur ini dapat membantu melawan kanker. Namun, para peneliti menyatakan bahwa jamur lingzhi harus diberikan dalam kombinasi dengan obat tradisional lain. Selain itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

  • Mengurangi kelelahan dan depresi

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jamur lingzhi juga dapat mengurangi kelelahan dan depresi. Sebuah studi meneliti efeknya pada 132 orang penderita neurasthenia. Para peneliti menemukan bahwa kelelahan para penderita berkurang dan merasa lebih baik setelah 8 minggu mengonsumsi suplemen jamur lingzhi.

Studi lain juga menunjukkan bahwa 48 penderita kanker payudara yang mengonsumsi bubuk reishi selama 4 minggu menyatakan kelelahan yang dirasakannya menjadi berkurang dan kualitas hidupnya pun meningkat. Orang-orang yang mengonsumsi bubuk jamur ini juga merasakan berkurangnya kecemasan dan depresi yang dialami .

  • Mencegah penyakit jantung

Senyawa aktif yang bertindak sebagai antioksidan dalam jamur lingzhi dapat mengurangi risiko penyempitan arteri. Ekstrak reishi juga mengurangi kerusakan pada sel-sel yang melapisi pembuluh darah sehingga mengurangi risiko serangan jantung dalam sebuah penelitian pada 14 orang penderita kerusakan ginjal. 

Dalam uji klinis pada 26 penderita diabetes, jamur lingzhi membantu mengurangi kolesterol darah dan resistensi insulin. Ekstrak kaya protein dari jamur ini juga bisa membantu menurunkan tekanan darah selama 8 jam pada tikus yang mengalami hipertensi sehingga terhindar dari penyakit jantung. 

  • Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Dalam percobaan pada 14 orang penderita proteinuria (tanda penyakit ginjal), ditemukan bahwa jamur lingzhi dapat mengatasi kondisi tersebut dan mengembalikan keseimbangan sistem kekebalan tubuh. 

Sementara itu, ekstrak reishi yang diperkaya dengan triterpenoid dan karbohidrat dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada hati dan mengatasi kondisi hati yang berlemak ringan. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa jamur lingzhi juga dapat melindungi hati dari kerusakan akibat konsumsi alkohol harian.

  • Mengurangi nyeri kronis

Dalam uji klinis pada 32 orang penderita rheumatoid arthritis, suplemen dengan jamur lingzhi dan herbal lain dalam pengobatan tradisional Tiongkok dapat ditoleransi dengan baik dan membantu mengurangi rasa nyeri. Selain itu, penggunaan jamur reishi selama 6 minggu juga dapat meningkatkan kebugaran fisik pada 64 wanita yang menderita fibromyalgia.

Masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan manfaat jamur lingzhi bagi kesehatan. Terbatasnya informasi mengenai keamanan jamur lingzhi juga membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya. 

Beberapa golongan tertentu juga sebaiknya menghindari jamur lingzhi, seperti ibu hamil atau menyusui, orang yang memiliki kelainan darah, menderita tekanan darah rendah, atau akan menjalani operasi. 

Jamur ini bukanlah obat utama untuk mengobati penyakit Anda, sebaiknya konsultasikanlah pada dokter sebelum Anda mengonsumsi jamur lingzhi dalam bentuk suplemen atau obat herbal untuk mendapat arahan yang tepat.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/reishi-mushroom-benefits#section7
Diakses pada 11 Februari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92757/
Diakses pada 11 Februari 2020
Self Hacked. https://selfhacked.com/blog/reishi/
Diakses pada 11 Februari 2020

Artikel Terkait