Ini 6 Nutrisi yang Diperlukan Tubuh, Asupannya Datang dari Makanan Bergizi

(0)
19 Jul 2020|Azelia Trifiana
Makanan bergizi seperti buah, sayuran, ikan dan telur menyehatkan untuk tubuhMulai dari ikan telur, buah dan sayuran merupakan makanan bergizi untuk tubuh
Ada beberapa jenis nutrisi yang diperlukan tubuh dan asupannya hanya bisa dari luar, yaitu makanan. Jika tubuh bisa memproduksinya sendiri, jumlahnya pun belum tentu mencukupi. Itulah mengapa penting mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung nutrisi berupa protein, karbohidrat, lemak, dan lainnya.Tak hanya untuk kesehatan, asupan nutrisi dari makanan bergizi juga penting untuk mencegah terserang penyakit. Jenis nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak merupakan macronutrients, sementara vitamin dan mineral merupakan micronutrients.

Kebutuhan nutrisi dari makanan bergizi

Beberapa kebutuhan nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan bergizi di antaranya:

1. Protein

Protein membantu pembentukan seluruh bagian tubuh, bukan hanya otot. Mulai dari sel, tulang, kulit, dan rambut semuanya mengandung protein. Setidaknya, 16% dari berat badan rata-rata seseorang terbentuk dari protein. Fungsinya untuk pertumbuhan, kesehatan, dan menjaga tubuh.Tak hanya itu, hormon, antibodi, dan substansi penting lainnya juga terbuat dari protein. Untuk bisa memenuhi kebutuhan protein, seseorang harus mengonsumsi asam amino. Beberapa asam amino hanya bisa diperoleh dari makanan bergizi.Contohnya adalah daging, ikan, dan juga telur yang mengandung asam amino esensial. Sementara dari tanaman, kacang-kacangan, kedelai, gandum juga mengandung protein yang diperlukan tubuh.

2. Karbohidrat

Meskipun diet rendah karbohidrat cukup populer, tetap saja tubuh memerlukan asupan karbohidrat untuk menjaga kesehatannya. Karbohidrat menjadi bahan bakar sistem saraf pusat dan juga otak, sekaligus melindungi dari serangan penyakit. Idealnya, 45-65% asupan kalori harian mengandung karbohidrat.Pilih jenis karbohidrat sehat seperti whole grain, biji-bijian, dan sayuran kaya serat. Sebisa mungkin, hindari konsumsi karbohidrat yang dikemas dengan tambahan pemanis atau pengawet.

3. Lemak

Lemak sehat juga merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh. Lemak menyokong fungsi tubuh seperti penyerapan vitamin, pembentukan sel, pergerakan otot, dan proses pembekuan darah. Idealnya, 20-35% asupan kalori harian disuplai dari lemak sehat.Mengonsumsi lemak sehat akan membantu menjaga kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, serta meningkatkan fungsi otak. Tak hanya itu, lemak juga dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit Alzheimer.Sumber lemak sebaiknya dipilah yang benar-benar sehat seperti dari kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan juga minyak sayuran. Hindari lemak jenuh seperti keju, daging merah, es krim, atau butter berlebihan dalam asupan harian.

4. Vitamin

Tubuh memerlukan 13 vitamin esensial untuk mengoptimalkan fungsinya. Setiap vitamin punya fungsi berbeda dalam tubuh. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan masalah kesehatan dan menimbulkan penyakit. Tak hanya itu, vitamin juga merupakan sumber antioksidan yang bisa menjaga tubuh dari kerusakan akibat zat radikal bebas.Makanan bergizi bisa memenuhi kebutuhan vitamin seseorang, seperti dari sayur dan buah. Selama tidak ada keluhan medis, suplemen vitamin belum tentu diperlukan. Konsultasikan dengan dokter tentang pertimbangan ini.

5. Mineral

Sama pentingnya seperti vitamin, mineral juga penting untuk menyokong fungsi tubuh termasuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa jenis mineral yang paling umum adalah kalsium, zat besi, dan zinc.Fungsinya beragam tergantung dari jenis mineralnya. Contohnya kalsium yang membantu transmisi sinyal saraf, menjaga tekanan darah stabil, dan membantu konstraksi otot. Sementara zat besi membantu pembentukan hormon serta sel darah merah.

6. Air

Tak kalah penting, air merupakan hal esensial untuk tubuh. Seseorang tak akan bisa bertahan hidup beberapa hari tanpa asupan cairan. Bahkan, 62% berat badan seseorang merupakan cairan. Dengan mendapat asupan cairan cukup, fungsi otak dan mood bisa kian optimal.Tak hanya itu, cairan juga membantu membuang zat beracun, mendistribusikan nutrisi ke sel, menghidrasi tubuh, dan mencegah terjadinya konstipasi.Mengonsumsi makanan bergizi yang beragam dapat memenuhi kebutuhan nutrisi seseorang. Apa yang dikonsumsi akan berdampak pada tubuh, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Jadi, bijak memilah apa yang dimakan menjadi kunci tubuh yang sehat.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/six-essential-nutrients
Diakses pada 3 Juli 2020
Britannica. https://www.britannica.com/science/human-nutrition
Diakses pada 3 Juli 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326132
Diakses pada 3 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait