Ini 6 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Dicoba


Cara menjadi orang sukses bukan hal yang bisa terjadi begitu saja. Ada usaha dan kebiasaan yang dilakukan dibaliknya. Ada beberapa kebiasaan orang sukses yang bisa Anda tiru, seperti punya pola pikir berkembang dan tidak mudah menyerah.

(0)
22 Feb 2021|Azelia Trifiana
Orang sukses memiliki kebiasaan yang patut ditiruOrang sukses memiliki kebiasaan yang patut ditiru
Cara menjadi orang sukses bukan hal yang bisa terjadi begitu saja layaknya sulap. Pasti ada kebiasaan orang sukses yang berbeda dengan manusia pada umumnya dan kerap kali kurang “nyaman”. Bahkan, semuanya berakar dari pola pikir.Sebenarnya, konsep sukses bukan semata tentang berapa uang yang dimiliki. Secara garis besar, orang yang mencapai titik ini akan merasa bahagia dan utuh.

Kebiasaan orang sukses

Tidak ada satu panduan khusus tentang bagaimana menjadi sosok sukses. Bahkan, konsep sukses pun sangat relatif. Apa yang menurut satu orang dianggap sukses, belum tentu sama pada orang lain.Meski demikian, ada beberapa kebiasaan yang apabila diikuti bisa meningkatkan peluang mendapatkan pencapaian di berbagai bidang. Apa saja?

1. Pola pikir “growth mindset”

duduk sambil menggunakan laptop
Dengan adanya internet ada banyak hal baru yang bisa dipelajari
Growth mindset adalah lawan dari fixed mindset yaitu pola pikir mau terus bertumbuh. Orang dengan pola pikir berkembang yakin bahwa hal-hal seperti kecerdasan adalah hal yang masih bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Berbeda dengan mereka yang terkungkung dalam anggapan fixed mindset.Itulah sebabnya, ada ciri-ciri yang sangat khas dari orang dengan pola pikir semacam ini, seperti:
  • Merasa bisa berubah, bertumbuh, dan belajar lewat usaha
  • Rela bekerja keras dan berusaha lebih banyak agar bisa bertumbuh
  • Tak segan belajar skill baru
  • Menganggap kegagalan sebagai momentum untuk belajar

2. Terus memperbaiki kecerdasan emosional

Bisa jadi, kecerdasan emosional sebenarnya berperan jauh lebih signifikan ketimbang kecerdasan intelektual. Ini mengacu pada kemampuan memahami, memanfaatkan, dan berpikir dengan melibatkan emosi.Kebiasaan orang sukses adalah tak hanya memahami emosinya sendiri, tapi juga orang lain. Untuk mengasahnya, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:
  • Validasi setiap emosi yang tengah dirasakan
  • Mengelola emosi dengan pikiran jernih
  • Mendengarkan orang lain termasuk bahasa tubuh dan non-verbal

3. Tangguh

perempuan dengan laptop
Tidak mudah menyerah saat bertemu tantangan
Orang sukses tidak akan mudah menyerah ketika menghadapi tantangan. Justru, mereka menganggapnya sebagai peluang untuk bisa naik level. Di saat yang sama, ada rasa percaya diri bahwa mereka bisa sukses dan bisa menuntaskan apa yang menjadi tanggung jawabnya.Untuk meningkatkan ketangguhan mental, beberapa hal yang bisa ditanamkan di antaranya:
  • Percaya terhadap diri sendiri
  • Terus mencoba meski gagal
  • Menentukan tujuan hidup yang terukur
  • Mencari dukungan dari orang-orang terdekat

4. Punya tekad kuat

Ini yang mungkin tidak semua orang miliki: Tekad kuat sekaligus ketekunan untuk menjalaninya. Dalam sebuah penelitian terhadap anak-anak yang sangat cerdas, ketika tumbuh dewasa ada hal yang sama-sama mereka miliki, yaitu tekad kuat dan ketekunan.Bukan hanya dimiliki sejak kecil, kedua hal itu adalah hal yang bisa diasah. Beberapa strategi untuk memperkuat tekad di antaranya:
  • Mengalihkan pikiran dari hal yang mengganggu
  • Terus berlatih dan mengasah jam terbang
  • Mampu menahan diri mendapatkan imbalan
  • Tetap bertahan meski berhadapan dengan tantangan

5. Fokus pada motivasi dalam diri

Kebanyakan orang merasa sangat termotivasi ketika melakukan hal untuk kepuasan dirinya. Artinya, ada rasa nyaman ketika menggeluti hal itu. Ada motivasi dalam diri atau motivasi intrinsik yang turut mendasari.Menurut penelitian, motivasi intrinsik ini jauh lebih akurat memprediksi kualitas performa seseorang apabila dibandingkan dengan insentif yang diberikan.Apabila Anda merasa belum menemukan motivasi dari dalam diri, tak mengapa. Tidak semua orang memahaminya sejak awal. Terkadang, motivasi dari luar seperti melihat pencapaian teman bisa jadi yang menjadi pencetus pertama.Namun, tak ada salahnya mencoba beberapa hal yang bisa meningkatkan kadar motivasi dalam diri, seperti:
  • Menantang diri sendiri dengan target yang tidak terlalu mudah
  • Mencari hal yang menarik perhatian dan gali lebih dalam untuk menuntaskan rasa penasaran
  • Memastikan memberikan pengaruh nyata pada hasil akhirnya
  • Tidak takut berkompetisi dengan cara sehat

6. Belajar karakter yang erat dengan kesuksesan

Bukan sekadar mitos, para psikolog telah lama mencoba mencari benang merah antara jenis kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dengan kesuksesan. Hasilnya, ada beberapa karakter yang berkaitan erat dengan kesuksesan.Meski demikian, kadarnya harus optimal. Terlalu sedikit atau terlalu banyak justru bisa menghalangi kesuksesan. Karakter-karakter itu adalah:
  • Kesungguhan hati mencapai tujuan dengan berhati-hati dan tanggung jawab
  • Bisa menerima situasi ambigu sehingga lebih fleksibel
  • Dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan
  • Berani mengambil risiko meski bisa jadi menghadapi kegagalan
  • Penasaran terhadap hal di sekitarnya dan selalu haus ilmu pengetahuan
  • Menjadikan kompetisi sebagai motivasi namun tidak terjebak dalam dengki
Dari berbagai kebiasaan orang sukses di atas, tidak ada satu pun yang menjadi takaran pasti untuk bisa mencapainya. Namun, tak ada salahnya melatih diri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas karena semuanya sangatlah baik.Siapa tahu, konsistensi melakukan cara menjadi orang sukses akan membuahkan hasil yang manis pada akhirnya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang pentingnya mental yang tangguh saat menghadapi kegagalan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/how-to-be-successful-in-life-4165743
Diakses pada 8 Februari 2021
DOI. https://doi.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2Fa0035661
Diakses pada 8 Februari 2021
Forbes. https://www.forbes.com/sites/carolinecastrillon/2020/12/13/5-morning-habits-of-highly-successful-people/
Diakses pada 8 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait