Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma dan Fungsi Seksual? Coba Manfaat Kayu Manis untuk Pria

(0)
16 Sep 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Potensi manfaat kayu manis untuk pria yaitu meningkatkan fungsi seksual serta memperbaiki kualitas spermaMeski bermanfaat untuk pria, sebaiknya tetap batasi konsumsi kayu manis secukupnya
Kayu manis telah populer sejak dahulu kala sebagai herbal yang kaya manfaat, termasuk untuk kesehatan jantung dan pengendalian gula darah. Selain manfaatnya bisa dinikmati oleh semua kalangan, kayu manis juga berpotensi bermanfaat bagi pria dalam meningkatkan vitalitas mereka. Apa saja potensi manfaat kayu manis untuk pria?

Potensi manfaat kayu manis untuk pria

Walau riset lanjutan masih diperlukan, potensi manfaat kayu manis untuk pria berikut ini cukup menggugah:

1. Meningkatkan fungsi seksual pada pria

Salah satu potensi manfaat kayu manis untuk pria adalah meningkatkan fungsi seksual, termasuk dalam mengatasi disfungsi ereksi atau ketidakmampuan pria dalam mempertahankan ereksi. Secara spesifik, jenis kayu manis yang dipercaya berkhasiat untuk pria ini adalah Cinnamomum cassiaSebuah studi pada hewan yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine melaporkan, ekstrak Cinnamomum cassia dapat meningkatkan fungsi seksual pada tikus jantan yang masih muda. Riset lain yang dimuat dalam Journal of Young Pharmacist juga menemukan hasil serupa – bahwa ekstrak Cinnamomum cassia dapat memperbaiki fungsi dan aktivitas seksual pada tikus jantan tua.Walau menarik, penting untuk diingat bahwa jenis kayu yang digunakan yaitu Cinnamomum cassia. Jenis ini mungkin sulit ditemukan sehingga Anda harus berhati-hati dalam membeli produk ekstrak kayu manis. Riset lanjutan juga diperlukan untuk menguatkan potensi manfaat kayu manis untuk pria ini. Pasalnya, riset di atas menggunakan ekstrak kayu manis dan bukan kayu manis utuh yang biasa kita konsumsi. Terlebih lagi, riset-riset di atas masih dilakukan pada hewan percobaan dan bukan pada manusia.

2. Memperbaiki kualitas dan jumlah sperma

Manfaat kayu manis untuk pria salah satunya adalah meningkatkan kualitas sperma
Mengonsumsi kayu manis berpotensi memperbaiki kualitas sperma
Potensi manfaat kayu manis untuk pria lainnya adalah meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Sebuah riset pada tikus yang dimuat dalam Iranian Red Crescent Medical Journal melaporkan bahwa kayu manis jenis Cinnamomum zeylanicum memiliki potensi untuk  memperbaiki kualitas sperma.Menurut hasil riset tersebut, pemberian harian 75 miligram kayu manis Cinnamomum zeylanicum per kilogram berat tikus secara signifikan meningkatkan populasi sel sperma. Tak hanya itu, riset yang dipublikasikan tahun 2015 ini juga melaporkan adanya peningkatan motilitas spermatozoa (laju pergerakan) serta viabilitasnya (persentase sel sperma yang hidup). Riset lain pada hewan dalam jurnal Nutrition and Cancer juga mengindikasikan, konsumsi rutin minyak kayu manis berpotensi efektif untuk melindungi sistem reproduksi pria dan meningkatkan kualitas sperma.Temuan dua riset terkait manfaat kayu manis untuk pria di atas tentu sangat menarik bagi kaum Adam. Hanya saja, karena riset masih dilakukan pada hewan, riset pada manusia diperlukan untuk menguatkan premis di atas. 

Manfaat kayu manis untuk pria maupun wanita

Setelah mengetahui potensi manfaat kayu manis untuk pria di atas, penting untuk diketahui bahwa herbal ini juga bisa dirasakan oleh semua kalangan – baik pria maupun wanita. Berikut ini manfaat kayu manis untuk pria maupun wanita:
  • Mengendalikan radikal bebas karena kaya dengan zat antioksidan, terutama kelompok senyawa antioksidan polifenol
  • Mengontrol peradangan di dalam tubuh
  • Mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol total, dan trigliserida 
  • Mengontrol tekanan darah
  • Meningkatkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin
  • Menurunkan gula darah
  • Berpotensi bermanfaat untuk menghambat penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson
  • Berpotensi untuk melawan kanker
  • Memiliki sifat antibakteri dan antijamur

Berapa dosis aman kayu manis agar bermanfaat?

Walau manfaat kayu manis untuk pria (dan wanita) di atas amat menggugah, penting untuk diingat bahwa herbal ini dapat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.Belum ada rekomendasi resmi terkait berapa banyak kayu manis yang bisa dinikmati. Anda bisa mencampurkan ½ hingga 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam sehari ke dalam makanan atau minuman sehat yang biasa Anda konsumsi.  

Catatan dari SehatQ

Potensi manfaat kayu manis untuk pria yaitu meningkatkan fungsi seksual serta memperbaiki kualitas sperma. Walau menarik, khasiat kayu manis bagi pria di atas masih perlu dikaji lebih lanjut.
hubungan seksualherbalantioksidansperma
Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/essential-oils-for-erectile-dysfunction
Diakses pada 2 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-benefits-of-cinnamon
Diakses pada 2 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3930108
Diakses pada 2 September 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4376985
Diakses pada 2 September 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24758372
Diakses pada 2 September 2020
Taylor and Francis Online. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/01635581.2016.1152384
Diakses pada 2 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/qa/how-much-cinnamon-should-you-take
Diakses pada 2 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait