7 Penyebab Pori-Pori Besar dan Cara Mengecilkannya yang Ampuh


Penyebab pori-pori besar pada wajah dapat berasal dari lingkungan dan gaya hidup. Cara mengecilkan pori-pori wajah yang besar bisa dengan perawatan kulit dari luar dan dalam, serta penggunaan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

(0)
25 Jun 2019|Armita Rahardini
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Kondisi lingkungan dapat menjadi penyebab pori-pori besarPenyebab pori-pori besar pada kulit bisa dari genetik dan faktor lingkungan
Bagi kaum hawa, bercermin memandang pori-pori wajah besar yang tampak jelas seringkali membuat penampilan terganggu. Apa penyebab pori-pori besar dan bagaimana cara mengatasinya?Pori-pori wajah adalah lubang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum atau minyak alamiTanpa disadari, selama ini pori-pori wajah banyak tersumbat oleh kotoran maupun minyak, dan membuatnya tampak lebih besar dari yang sesungguhnya.Selain mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang membesar juga membuat aplikasi make up tidak dapat menutup pori-pori dengan sempurna.Meski make up dianggap dapat menutupi pori-pori wajah, hal ini tidak dapat berlangsung lama. Untuk tahu cara mengecilkan pori-pori, Anda perlu tahu penyebab pori-pori besar terlebih dulu. 

Apa penyebab pori-pori besar?

Pada dasarnya, penyebab pori-pori besar adalah produksi sebum yang berlebihan. Akibatnya, pori-pori wajah membesar untuk mengeluarkan kelebihan sebum. Lubang yang besar tersebut bisa menyebabkan pori-pori tersumbat akibat penumpukan kotoran serta sel kulit mati. Meski bukan hal yang berisiko membahayakan, keberadaan pori-pori besar pada wajah tentu dapat mengganggu penampilan. Kenali lebih lengkap mengenai penyebab pori-pori wajah membesar berikut ini. 

1. Genetik

Penyebab pori-pori besar karena wajah berminyak
Wajah berminyak bisa membuat pori-pori terlihat membesar
Salah satu penyebab pori-pori besar bisa jadi karena faktor genetik atau keturunan.Jenis kulit berminyak dan memiliki kulit tebal merupakan kondisi yang diturunkan. Itu berarti, jika orang tua atau saudara kandung Anda memiliki kulit berminyak dan pori-pori wajah besar, Anda juga cenderung akan memilikinya. Orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung mengalami pori-pori membesar. Ini karena kelenjar sebum lebih aktif dalam memproduksi minyak sehingga pori-pori membesar untuk mengeluarkan kelebihan minyaknya. Orang-orang yang memiliki lapisan kulit tebal juga biasanya memiliki pori-pori wajah dengan ukuran lebih besar. 

2. Fluktuasi hormon

Penyebab pori-pori wajah membesar adalah fluktuasi hormon.Besar atau kecil ukuran pori-pori kulit sebenarnya tidak tetap. Pasalnya, ukurannya akan ikut berubah sesuai fluktuasi hormon. Contoh yang sering jelas terlihat adalah pada ibu hamil.Pada beberapa calon ibu, kulit wajahnya terlihat makin halus dan berseri selama kehamilan. Sementara pada sebagian ibu hamil lainnya, perubahan hormon justru membuat kulit wajah berminyak, kusam, dan pelebaran pori-pori. Dalam siklus bulanan wanita, meningkatnya kadar hormon menjelang ovulasi juga berpengaruh terhadap kulit. Peningkatan hormon dapat menjadi penyebab pori-pori besar. Sebaliknya saat masa ovulasi lewat, kadar hormon akan turun dan pori-pori kembali mengecil. 

3. Paparan sinar matahari secara berlebihan

paparan sinar matahari jadi penyebab pori-pori besar
Paparan sinar matahari berlebihan bisa menyebabkan pori besar
Paparan sinar matahari terlalu sering atau secara berlebihan juga menjadi penyebab pori-pori wajah besar. Kulit yang sering terkena sinar matahari langsung lama-kelamaan akan mengalami penebalan, sehingga pori-pori membesar tak dapat terelakkan. Selain kulit menebal, sinar ultraviolet (UV) juga mampu melemahkan produksi kolagen. Manfaat kolagen adalah menjaga kulit agar tetap kencang dan pori-pori lebih rapat. Kerusakan kolagen akan berakibat pada berkurangnya elastisitas kulit dan melebarnya lubang pori-pori.

4. Pertambahan usia

Penyebab pori-pori membesar berupa pertambahan usia memang tak bisa dihindari. Semakin tua usia seseorang maka semakin berkurang kemampuan tubuh dalam produksi kolagen dan elastin.Alhasil, kulit jadi terlihat kendur, muncul keriput, dan pori-pori jadi tampak membesar. Kulit kendur ini yang disebabkan oleh produksi kolagen melemah disertai pola aktivitas dan paparan sinar matahari selama masa muda. 

5. Terlalu sering cuci muka

Penyebab pori-pori besar karena sering cuci muka
Sering cuci muka justru menyebabkan pori-pori wajah besar
Membersihkan wajah merupakan hal wajib dilakukan secara rutin untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika tidak dilakukan, kondisi ini dapat berkembang menjadi jerawatMeski kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori, mencuci muka terlalu sering justru dapat menjadi penyebab pori-pori besar. Penggunaan sabun atau produk pembersih wajah yang terlalu berlebihan berpotensi mengiritasi kulit. Akibatnya, kulit akan menebal dan mengakibatkan pori-pori membesar.

6. Jenis kelamin

Secara alami, pori-pori wajah besar lebih umum dialami oleh kulit laki-laki daripada perempuan. Hal ini karena adanya perbedaan hormon pada pria dan wanita. Selain itu, kaum lelaki juga memiliki rambut tubuh lebih banyak sehingga pori-porinya juga lebih lebar.

7. Merokok

Kebiasaan merokok tidak sehat untuk kulit. Pasalnya, racun-racun yang dihasilkan oleh asap rokok akan merusak elastisitas kulit dan menyebabkan penuaan diniMerokok dapat menyebabkan kulit mengeluarkan sebum lebih banyak sehingga menjadi penyebab pori-pori membesar atau terbuka.

Bagaimana cara mengecilkan pori-pori di wajah dengan mudah?

Setelah mengenal berbagai penyebab pori-pori besar, penting untuk mengetahui cara menghilangkannya dengan tepat. Menurut American Academy of Dermatology Association ada sejumlah rekomendasi yang bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan pori-pori di wajah, di antaranya:

1. Pilih produk skincare dan make up noncomedogenic

Salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah adalah pilih produk skincare dan make up yang berlabel noncomedogenic atau tidak rentan menyebabkan pori-pori tersumbat. Di samping itu, penting juga memilih label oil free atau kandungan bebas minyak pada produk perawatan kulit dan make up yang digunakan.

2. Cuci muka dua kali sehari

Cara mengatasi penyebab pori-pori besar adalah rutin cuci muka
Cuci muka dua kali sehari adalah cara mengatasi pori-pori wajah
Penyebab pori-pori wajah membesar adalah penyumbatan pori-pori dan kulit yang berminyak. Rajin cuci muka dua kali sehari secara rutin dapat mencegah penyumbatan pori-pori dan mengurangi minyak pada wajah. Anda bisa cuci muka menggunakan air hangat dan sabun pembersih wajah yang kandungannya halus. Kandungan sabun pembersih wajah yang bersifat keras rentan menyebabkan kulit iritasi hingga peradangan sehingga pori-pori wajah jadi semakin terlihat. Gunakan air dingin atau air hangat untuk mencuci muka. Pastikan suhunya pas karena suhu air yang terlalu panas justru akan membuka pori-pori wajah, bahkan bisa membuat kulit iritasi. Bersihkan wajah secara lembut. Menggosok-gosok wajah terlalu keras saat cuci muka bisa menimbulkan iritasi yang berisiko menjadi peradangan. Saat kulit meradang, pori-pori biasanya akan terlihat lebih besar.

3. Oleskan pelembap

Mengoleskan pelembap secara rutin juga menjadi pilihan cara mengecilkan pori-pori di wajah. Sayangnya, banyak orang dengan kulit berminyak menghindari penggunaan pelembap karena khawatir dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Padahal, penggunaan pelembap bisa membantu sebum atau minyak alami menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Dengan demikian, produksi minyak di wajah bisa berkurang sehingga kulit tampak lebih sehat. Untuk masalah pori-pori wajah besar, kuncinya Anda perlu memilih pelembap berbahan dasar air yang teksturnya lebih ringan dan tidak rentan menyumbat pori-pori.

4. Oleskan sunscreen

Penyebab pori-pori besar diatasi dengan sunscreen
Oleskan tabir surya untuk mengecilkan pori-pori wajah
Paparan sinar ultraviolet (UV) dari cahaya matahari secara terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Kulit bisa kehilangan elastisitasnya, menjadi kendur, dan pori-pori wajah semakin tampak jelas. Suhu panas juga dapat membuka pori-pori. Oleskan tabir surya atau sunscreen dengan SPF minimal 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sebab, paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab pori-pori besar sampai merusak kulit. 

5. Eksfoliasi wajah secara rutin

Rutin melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati bisa menjadi cara mengecilkan pori-pori di wajah agar tidak terlihat. Melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah secara teratur bisa menjadi salah satu cara mengatasi pori-pori besar. Pasalnya, langkah ini akan mengurangi risiko sel-sel kulit mati menjadi kotoran yang menyumbat dan memperbesar ukuran pori-pori wajah. Namun, ingatlah untuk memilih produk eksfoliator wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, lakukan proses eksfoliasi dengan lembut agar kulit tidak iritasi atau meradang. Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu. Namun, proses ini sebaiknya tidak dilakukan jika kulit sedang berjerawat. Untuk menghindari peradangan, Anda bisa menggunakan produk eksfoliator yang mengandung alpha-hydroxy acids (AHA) dan beta-hydroxy acids (BHA).

6. Gunakan produk skincare mengandung retinol

Penyebab pori-pori besar bisa karena cuci muka berlebihan
Penggunaan retinol bisa membuat kulit kering
Jika Anda memiliki kulit berminyak atau mengalami jerawat ringan, pori-pori wajah besar dapat terjadi. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan retinol. Gunakan retinol sebelum tidur di malam hari. Beberapa orang dengan jenis kulit wajah tertentu mungkin mengalami iritasi kulit saat mengoleskannya. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan retinol 30 menit setelah cuci muka. Namun, jika Anda dalam kondisi hamil atau menyusui sebaiknya tidak menggunakan produk ini.

7. Pakai sabun cuci muka mengandung asam salisilat untuk kulit berjerawat

Pori-pori wajah membesar bisa menyebabkan jerawat muncul. Maka dari itu, coba gunakan sabun pembersih wajah mengandung asam salisilat sebagai cara mengecilkan pori wajah. Sebuah studi membuktikan bahwa asam salisilat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Cara mengecilkan pori-pori di wajah pada kulit berminyak sebaiknya disarankan untuk memilih sabun cuci muka bertekstur gel. Pembersih berbahan gel dapat membantu mengecilkan pori-pori dari produksi minyak yang dihasilkan. Dengan ini, pori-pori wajah besar tampak lebih kecil.

8. Gunakan clay mask

Clay mask bisa mengusir penyebab pori-pori besar
Clay mask bisa mengangkat minyak dan kotoran di wajah
Cara mengecilkan pori-pori di wajah lainnya adalah dengan clay maskClay mask adalah jenis masker yang terbuat dari tanah liat, seperti kaolin atau bentonit.Jenis masker ini dapat membantu mengangkat minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang terdapat dalam pori-pori wajah paling dalam. Anda bisa menggunakan clay mask 1-2 kali dalam seminggu. Namun, sebaiknya jangan menggunakan clay mask bersamaan dengan waktu eksfoliasi wajah. Melakukan eksfoliasi wajah dan menggunakan clay mask di hari yang sama bisa meningkatkan risiko iritasi kulit. 

9. Bersihkan make up sebelum tidur

Cara mengecilkan pori-pori di wajah juga perlu didukung dengan rutinitas membersihkan make up sebelum tidur. Beberapa orang yang sudah sangat lelah beraktivitas mungkin kerap lupa membersihkan wajah di malam hari. Padahal, tertidur dengan riasan wajah yang masih menempel dapat berisiko merusak kulit. Jika dibiarkan terus-menerus, produk kosmetik bisa bercampur dengan kotoran, minyak, dan bakteri sehingga menyumbat pori-pori wajah. Kebiasaan ini yang jadi penyebab pori-pori besar tidak dapat dihindari. Jadi, sangat penting untuk membersihkan make up di malam hari, tak peduli seberapa lelah atau larut Anda pulang ke rumah. 

10. Makan makanan sehat dan bergizi

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami ternyata tidak cukup dengan perawatan kulit dari luar. Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan perawatan kulit dari dalam, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Misalnya, dari protein, lemak sehat, dan karbohidrat.Pola makan yang sehat mampu meningkatkan kesehatan kulit sehingga Anda akan terhindar dari masalah pori-pori wajah besar. Sebaiknya, hindari makanan tinggi lemak dan berminyak karena bisa menyebabkan pori-pori tersumbat..

11. Minum air putih yang cukup

Penyebab pori-pori besar bisa diatasi dengan minum air putih
Minum air putih yang cukup setiap hari
Minum air putih yang cukup juga penting menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami. Pastikan Anda minum air putih yang cukup, setidaknya 2 liter per hari. Minum air putih yang cukup tidak hanya menyehatkan kulit dari dalam, melainkan juga membuang racun yang terdapat di dalam pori. 

12. Lakukan perawatan di klinik kecantikan

Meski sudah rutin melakukan beberapa cara mengatasi pori-pori besar di atas, tak ada salahnya melengkapi dengan perawatan wajah yang dilakukan oleh para profesional di bidangnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit mengenai langkah menangani pori-pori membesar.Hasil perawatan professional ini juga biasanya cukup berhasil sebagai cara mengatasi pori-pori wajah tersumbat. 

Adakah cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami?

Selain menerapkan berbagai cara mengatasi pori-pori besar di atas, Anda juga dapat mengecilkan pori-pori dengan bahan alami yang ada di rumah. Bagi pemilik kulit sensitif dan kondisi kulit tertentu, alangkah baiknya untuk berhati-hati sebelum mencoba cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami ini. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui cocok atau tidaknya. Adapun berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami adalah sebagai berikut. 

1. Lidah buaya

Penyebab pori-pori besar diatasi dengan lidah buaya
Anda bisa menggunakan lidah buaya langsung dari tanamannya
Salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami adalah dengan mengoleskan lidah buaya. Anda bisa menggunakan lidah buaya yang berasal dari tanaman langsung atau gel lidah buaya yang dijual di pasaran (pastikan kandungan lidah buayanya murni).Manfaat lidah buaya bekerja dengan menutrisi dan melembapkan kulit serta tidak menyumbat pori-pori. Oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit wajah secara perlahan selama beberapa menit.Diamkan 10 menit agar kandungan pada lidah buaya meresap dengan baik ke dalam kulit. Kemudian, bilas wajah dengan air. Lakukan langkah ini secara rutin setiap hari untuk membantu mengecilkan pori-pori kulit. 

2. Madu

Madu merupakan salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang bisa Anda coba. Madu bertindak sebagai pelembap alami dan pembersih yang dapat membantu menghilangkan pori-pori wajah. Cara menggunakannya, oleskan madu pada permukaan wajah. Pijat area wajah, terutama area pipi dan hidung, dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air suam-suam kuku atau air hangat sampai bersih. Anda dapat melakukan cara mengatasi pori-pori besar di wajah ini secara rutin atau 3 kali dalam seminggu. 

3. Pepaya

Pakai masker pepaya untuk menyingkirkan penyebab pori-pori besar
Masker pepaya baik untuk menyingkirkan komedo
Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami berikutnya adalah menggunakan pepaya. Kandungan enzim di dalam pepaya dipercaya dapat membersihkan sekaligus mengeksfoliasi kulit. Dengan demikian, berbagai komedo dan pori-pori kulit yang tersumbat dapat hilang. Anda bisa menghaluskan 4-5 buah pepaya yang sudah dipotong kotak-kotak terlebih dahulu.Tambahkan beberapa tetes madu, jika diinginkan. Oleskan pada permukaan wajah secara merata, hindari area mata dan mulut. Bilas wajah setelah 10 menit dengan air sampai bersih. Gunakan masker untuk mengecilkan pori-pori ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal. 

4. Yogurt

Cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami bisa pula menggunakan yogurt. Anda membutuhkan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa. Oleskan pada permukaan wajah menggunakan kapas secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

5. Air perasan lemon

Penyebab pori-pori besar karena faktor genetik
Buat masker wajah dari air perasan lemon
Air perasan lemon memiliki sifat astringent yang dapat membantu mengecilkan pori-pori besar. Anda bisa mencampurkan ½ sendok makan air lemon, 1 sendok makan madu, dan sejumput gula pasir.Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. Lalu, oleskan pada permukaan wajah Anda yang sudah dibersihkan.Pijat kulit secara perlahan dengan gerakan memutar. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air suam-suam kuku. Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya perlahan. Beberapa penyebab pori-pori besar mungkin sulit untuk dijauhi, seperti faktor genetik, usia, maupun jenis kelamin. Namun, sebagian penyebab pori-pori wajah membesar lainnya masih bisa Anda hindari sebisa mungkin. Misalnya, merokok, paparan sinar matahari, serta frekuensi mencuci wajah. Dengan rutin melakukan sederet cara mengatasi pori-pori besar di wajah, kondisi kulit membaik yang Anda idamkan akan mendekati kenyataan. Jika keluhan pori-pori besar masih belum juga teratasi, coba konsultasikan dengan dokter. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter seputar penyebab pori-pori membesar dan cara mengatasinya, Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitpori-pori besarmasalah kulitmengatasi pori-pori besar
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17014635
Diakses pada 25 Juni 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22211382
Diakses pada 25 Juni 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4337418/
Diakses pada 25 Juni 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26918966
Diakses pada 25 Juni 2019
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4337418/
Diakses pada 25 Juni 2019
NCBI. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320775.php
Diakses pada 25 Juni 2019
WebMD. https://www.webmd.com/smoking-cessation/ss/slideshow-ways-smoking-affects-looks
Diakses pada 25 Juni 2019
NHS. https://www.nhs.uk/news/lifestyle-and-exercise/are-smokers-more-likely-to-have-acne/
Diakses pada 25 Juni 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/open-pores#causes
Diakses pada 25 Juni 2019
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/face/treat-large-pores
Diakses pada 09 Oktober 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/effective-homemade-face-packs-to-treat-open-pores/#TomatoJuice
Diakses pada 19 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait