Ingin Sulam Bulu Mata? Pertimbangkan Risiko Ini Terlebih Dahulu

Sulam bulu mata dapat membuat bulu mata lebat dan panjang
Bulu mata yang lebat dan panjang bisa didapatkan melalui sulam bulu mata

Selain sulam alis, teknik kecantikan lewat sulam bulu mata ternyata juga banyak digandrungi oleh wanita. Bahkan, kini sudah banyak salon maupun klinik kecantikan yang menyediakan jasa ini. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Sulam bulu mata, atau dikenal juga dengan eyelash extension, adalah prosedur kosmetik yang bertujuan menambah panjang dan lebat bulu mata. Tidak seperti menggunakan bulu mata palsu, ekstensi bulu mata dilakukan dengan menempelkan rambut di masing-masing helai bulu mata asli Anda sehingga proses ini bisa memakan waktu berjam-jam.

Jika dilakukan oleh ahlinya, sulam bulu mata bisa menghasilkan bulu mata yang terlihat panjang dan lebat secara natural. Untuk itu, Anda harus berhati-hati memilih salon atau klinik kecantikan yang menawarkan jasa sulam bulu mata karena ada bahaya yang mengintai jika prosedur ini dilakukan dengan sembarangan.

Risiko melakukan sulam bulu mata

Bagi wanita yang ingin tampil dengan bulu mata lebat setiap hari, melakukan sulam bulu mata bisa jadi pilihan tepat. Namun sebelum Anda melakukannya, ada beberapa efek samping yang mungkin Anda alami ketika melakukan prosedur ini, yaitu:

  • Mata bengkak
  • Kerontokan bulu mata secara sementara maupun permanen
  • Iritasi kulit pada kelopak mata, bahkan hingga bengkak
  • Infeksi pada kornea mata hingga mengakibatkan mata merah
  • Rasa seperti tertusuk atau terbakar pada mata atau sekitarnya
  • Muncul rasa gatal, nyeri, bahkan biang keringat di sekitar mata.

Kebanyakan efek samping ini terjadi ketika Anda memiliki kulit yang sensitif terhadap zat-zat yang digunakan pada sulam bulu mata, terutama pada lem khusus yang digunakan. Reaksi di atas juga bisa muncul ketika terapis Anda tidak menjaga kebersihan selama proses penempelan bulu mata berlangsung.

Untuk meminimalisir risiko ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, misalnya:

  • Memilih tempat sulam mata yang aman, misalnya di dokter kulit atau ahli kecantikan maupun di klinik dengan kebersihan yang baik.
  • Pastikan lem yang digunakan dalam sulam bulu mata tidak mengandung formaldehida, yaitu zat beracun yang sangat rentan memunculkan reaksi alergi serta iritasi pada kulit.
  • Pastikan juga lem yang digunakan adalah lem khusus sulam bulu mata, bukan lem untuk menyambung kuku palsu.
  • Pada orang yang alergi lateks, pastikan lem maupun rambut untuk menyambung bulu mata Anda tidak mengandung bahan tersebut.
  • Pastikan terapis Anda mencuci tangan sebelum melakukan sulam bulu mata, mensterilkan alat yang akan digunakan, dan menyediakan handuk bersih.

Sulam bulu mata bukanlah prosedur yang aman untuk semua orang. Anda sebaiknya menghindari ekstensi bulu mata ini jika tengah menderita dermatitis kelopak mata, blefaritis, alopecia areata, trichotillomania, maupun baru saja melakukan operasi LASIK, kemoterapi, maupun terapi radiasi.

Alternatif sulam bulu mata

Untuk mendapatkan bulu mata yang lebat dan panjang, sulam bulu mata bukan satu-satunya jalan yang bisa Anda tempuh. Selain menggunakan maskara atau bulu mata palsu, berikut beberapa pilihan lain yang juga bisa menghasilkan bulu mata idaman Anda:

  • Serum penumbuh bulu mata

Serum ini mengandung prostaglandin analog yang terbukti dapat merangsang pertumbuhan folikel rambut bulu mata. Dalam versi generik, serum ini merupakan obat bimatoprost yang sebetulnya diperuntukkan bagi penderita glaukoma.

Serum ini sebaiknya dioleskan ke garis bulu mata menggunakan aplikator khusus. Sebisa mungkin hindari pengolesan di dekat bola mata untuk menghindari efek samping, seperti iritasi mata, warna kelopak mata menghitam, maupun munculnya reaksi alergi.

  • Implan bulu mata

Sama seperti implan rambut kepala, implan bulu mata merupakan penanaman bulu mata lewat operasi kosmetik. Cara ini dilakukan dengan menanam rambut di garis bulu mata dan akan menghasilkan efek bulu mata lebat dan panjang yang lebih permanen.

Hanya saja, para ahli bedah mata memperingatkan bahwa prosedur ini juga memiliki risiko. Salah satu yang paling awam terjadi adalah trikiasis (bulu mata tumbuh tidak beraturan) maupun pada kasus yang ekstrem dapat mengakibatkan kebutaan.

Sulam bulu mata pada dasarnya merupakan prosedur yang aman dilakukan. Namun, Anda harus memerhatikan pemilihan klinik maupun terapis yang menangani Anda demi meminimalisir terjadinya efek samping yang membahayakan kesehatan Anda.

WebMD. https://www.webmd.com/eye-health/eyelash-extensions-and-eyelash-growth-serum
Diakses pada 25 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/eyelash-extensions-pros-and-cons
Diakses pada 25 Februari 2020

ASCRS Eye World. https://www.eyeworld.org/article-eyelash-transplant-surgery-poses-serious-risks
Diakses pada 25 Februari 2020

Artikel Terkait