logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

11 Makanan Sumber Nutrisi Otak Anak untuk Tingkatkan Kecerdasannya

open-summary

Untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat si kecil, terdapat beberapa makanan sumber nutrisi otak anak yang bisa diberikan kepadanya, mulai dari ikan salmon, buah-buahan berry, olahan susu, hingga telur.


close-summary

3.67

(3)

2 Feb 2022

| Bayu Galih Permana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Nutrisi otak anak bisa didapatkan dari makanan sehat maupun suplemen sesuai kebutuhan tubuh si Kecil

Selain dari makanan sehat, nutrisi otak anak bisa didapatkan dari suplemen sesuai rekomendasi dari dokter anak

Table of Content

  • 11 makanan sumber nutrisi otak anak
  • Jenis nutrisi otak anak yang dibutuhkan si kecil
  • Catatan dari SehatQ

Guna memenuhi nutrisi otak anak, orangtua wajib memperhatikan makanan yang diberikan. Pemilihan makanan dengan nutrisi yang tepat untuk anak akan berpengaruh terhadap perkembangan otaknya.

Advertisement

Perkembangan yang baik pada otak nantinya dapat mempengaruhi bagaimana ia belajar, bermain, konsentrasi, mengontrol impuls, memberikan respons, membuat rencana, hingga mengambil keputusan.

Selain itu, perkembangan otak anak juga berkaitan dengan kemampuan sosial emosional, suasana hati, dan kesehatan mentalnya. Maka dari itu, makanan untuk kecerdasan otak anak perlu diperhatikan oleh orangtua.

11 makanan sumber nutrisi otak anak

Ketika si kecil masih dalam masa pertumbuhan, orangtua wajib memberikan makanan untuk kecerdasan otak anak. Berikut adalah beberapa makanan super untuk otak anak yang lezat dan menyehatkan:

1. Ikan salmon

Salmon adalah ikan yang bagus untuk kecerdasan otak anak. Ikan yang lezat ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang sangat baik dikonsumsi untuk pertumbuhan maupun perkembangan fungsi otak.

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan dengan asam lemak omega-3 dapat membantu mempertajam pikiran dan memperbaiki keterampilan mental anak.

Selain salmon, masih banyak jenis ikan yang mencerdaskan otak anak, seperti tuna dan sarden. Keduanya mengandung asam lemak omega-3 yang melimpah, sama seperti salmon.

Maka dari itu, cobalah kenalkan anak terhadap berbagai ikan berlemak yang bagus untuk kecerdasan otak anak tersebut sejak dini.

2. Buah beri

Selain mempunyai kandungan antioksidan yang berguna untuk mencegah kanker, stroberi, blueberry, dan blackberry memiliki manfaat bagi perkembangan otak anak. Menurut penelitian, ekstrak dari stroberi dan blueberry mampu meningkatkan memori anak.

Maka dari itu, cobalah memberikan berbagai buah yang bagus untuk kecerdasan anak tersebut secara rutin agar ia semakin cerdas.

3. Olahan susu

Dilengkapi dengan kandungan protein dan vitamin B, sejumlah olahan susu seperti keju dan yoghurt, dapat membantu pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim.

4. Sayuran

Sayuran dan buah-buahan berwarna adalah sumber antioksidan
Ajak anak untuk mengonsumsi beragam sayuran dan buah aneka warna

Sayur-mayur yang kaya akan warna merupakan sumber antioksidan terbaik. Tidak hanya mencegah kanker, antioksidan pada sayuran juga berfungsi untuk menjaga sel-sel otak tetap kuat dan sehat.

Jadi, tidak heran kalau berbagai macam sayur dianggap sebagai makanan penambah daya ingat dan kecerdasan yang baik untuk anak.

5. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak juga termasuk makanan untuk perkembangan otak anak karena mengandung zat besi. Mineral ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi anak.

Selain zat besi, daging sapi juga mengandung zinc yang baik untuk membantu memperkuat daya ingat anak.

6. Kacang-kacangan

Menurut penelitian, kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan zat besi. Tidak hanya itu, bahan makanan ini diketahui juga mengandung sejumlah nutrisi penting lainnya untuk anak, seperti zinc dan vitamin B6.

7. Biji-bijian

Roti, pasta, dan biskuit yang terbuat dari biji-bijian seperti gandum mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan otak anak, misalnya folat, zat besi, zinc, dan protein.

8. Telur

Mudah didapatkan, telur merupakan sumber protein dan kolin. Selain itu, makanan ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak, seperti zat besi, yodium, asam lemak omega-3, serta vitamin A, D, dan B12.

9. Cokelat hitam

Apakah anak Anda suka cokelat? Cobalah berikan cokelat hitam. Varian cokelat yang satu ini dianggap sebagai salah satu makanan yang membuat anak cerdas.

Faktanya, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Appetite mengungkapkan, partisipan yang rutin mengonsumsi cokelat hitam mampu menunjukkan performa yang lebih baik dalam tugas mengingat, dibandingkan partisipan yang jarang mengonsumsinya.

10. Kunyit

Salah satu makanan untuk kecerdasan otak bayi yang bisa dicoba adalah kunyit.

Dikutip dari Healthline, rempah yang memiliki banyak kegunaan ini mengandung senyawa bernama curcumin yang bisa masuk ke dalam otak dan memberikan dampak baik bagi sel-sel di dalamnya.

Sifat antioksidan dan antiradangnya juga dipercaya bisa meningkatkan daya ingat dan membantu pertumbuhan sel-sel baru di dalam otak.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk membuktikan manfaat kunyit untuk otak anak berusia dini.

11. Jeruk

Makanan untuk otak cerdas yang juga mudah ditemukan adalah jeruk. Buah berwarna kuning yang rasanya asam dan manis ini dipercaya baik untuk kesehatan otak. Terlebih lagi, jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Aging Neuroscience, tingginya kandungan vitamin C di dalam tubuh dapat membantu seseorang untuk meningkatkan fokus, daya ingat, perhatian, serta kecepatan dalam membuat keputusan.

Ditambah lagi, vitamin C dapat bertindak sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sehingga sel-sel di otak dapat terjaga.

Jenis nutrisi otak anak yang dibutuhkan si kecil

Supaya dapat berkembang dengan baik, orangtua harus mempersiapkan makanan yang dapat memenuhi nutrisi otak anak.

Jika tidak terpenuhi, hal ini akan berdampak pada perkembangan struktur otak, merusak fungsi otak, hingga mengganggu kemampuan berpikir anak (defisit kognitif).

Nutrisi-nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak, di antaranya:

  • Protein

Sering ditemukan di ikan hingga tempe, protein merupakan nutrisi yang punya peran penting terhadap perkembangan otak.

Selain itu, nutrisi ini merupakan komponen sel saraf dan neurotransmitter yang berguna membangun struktur otak, dan mengirimkan pesan antar neuron.

Menurut ahli, kekurangan neuron dalam tiga tahun pertama kehidupan berdampak negatif pada perkembangan saraf anak.

  • Asam lemak omega-3 (DHA)

Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari ikan salmon
Ikan salmon mengandung omega-3 yang baik bagi nutrisi otak anak

Asam lemak omega-3 sangat berguna dalam hal pengorganisasian, gerak, kreativitas, hingga koneksi antar neuron pada otak manusia. Selain itu, DHA berperan dalam membangun struktur retina.

Oleh sebab itu, asam lemak omega-3 sangatlah penting bagi otak anak karena berpengaruh terhadap kecerdasan, penglihatan, konsentrasi, dan kontrol impuls.

  • Kolin

Tidak diproduksi secara alami oleh tubuh, kolin memiliki peran dalam membentuk struktur sel otak, transmisi saraf, memproses informasi, dan penyimpanan memori.

Mengonsumi nutrisi ini pada masa kehamilan sangatlah penting karena bisa membantu mencegah anak mengalami cacat lahir pada sumsum tulang belakang dan otak.

  • Zat besi

Zat besi diperlukan untuk membantu kinerja neurotransmitter, yang akan mengirim pesan ke otak sebelum kemudian mengatur fungsi fisik, seperti detak jantung maupun pernapasan, hingga fungsi psikologis, mulai dari konsentrasi hingga pembelajaran.

Selain itu, orangtua juga perlu memerhatikan asupan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

  • Zinc

Banyak ditemukan dalam kacang-kacangan, zinc mempunyai peran dalam semua fungsi utama otak. Kekurangan nutrisi ini akan berdampak buruk pada pembelajaran, ingatan, perhatian, dan suasana hati anak.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menyebutkan bahwa nutrisi-nutrisi lain yang juga diperlukan untuk perkembangan otak anak, antara lain:

  • Folat
  • Iodine
  • Vitamin A
  • Vitamin D
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12.

Berbagai vitamin untuk perkembangan otak anak di atas bisa didapatkan dari berbagai macam buah dan sayur.

Catatan dari SehatQ

Nutrisi otak anak menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan orangtua supaya si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka dari itu, pemilihan makanan untuk kecerdasan otak anak tidak boleh sembarangan. Pastikan menu makanan hariannya mengandung nutrisi yang seimbang untuk mendukung kecerdasan kognitifnya.

Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.

Advertisement

makanan sehatkesehatan otaknutrisi anakgizi anakperkembangan anakzat gizi

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved