Ingin Segera Kencing dan Sulit Ditahan, Apa Penyebab Beser?


Dalam dunia medis, beser disebut dengan overactive bladder atau kandung kemih overaktif karena keinginan kencing muncul begitu mendadak.  Kondisi kandung kemih overaktif ini sangat mungkin mengganggu kehidupan sehari-hari hingga aktivitas sosial.

(0)
02 May 2021|Azelia Trifiana
Beser bisa disebabkan kandung kemih yang overaktifBeser bisa disebabkan kandung kemih yang overaktif
Dalam dunia medis, beser disebut dengan overactive bladder atau kandung kemih overaktif karena keinginan kencing muncul begitu mendadak.  Kondisi kandung kemih overaktif ini sangat mungkin mengganggu kehidupan sehari-hari hingga aktivitas sosial.Selain itu, terkadang sulit mengelola gejala atau menemukan obat beser yang tepat karena datangnya tidak bisa diprediksi. Namun, kombinasi penanganan dokter dan perubahan gaya hidup dapat mengurangi keinginan sering kencing.

Gejala kandung kemih overaktif

Meskipun sama-sama berkaitan dengan masalah buang air kecil, kandung kemih overaktif ini berbeda dengan inkontinensia urine. Sebab, ketidakmampuan menahan urine juga bisa terjadi karena faktor lain seperti tertawa berlebihan hingga menahan kencing terlalu lama.Di sisi lain, gejala yang menunjukkan seseorang mengalami kandung kemih overaktif di antaranya:
  • Keinginan buang air kecil mendadak dan sulit dikendalikan
  • Sering ngompol tanpa bisa ditahan
  • Buang air kecil lebih dari 8 kali sehari
  • Terbangun lebih dari satu kali di malam hari untuk kencing
Terkadang, gejala kandung kemih overaktif ini bisa berbeda antara satu pasien dan lainnya. Inilah yang membuat identifikasi isunya menjadi lebih sulit tanpa campur tangan ahlinya.

Penyebab beser

minum air putih
Terlalu banyak minum air putih bisa sebabkan beser
Idealnya, ginjal memproduksi urine yang akan disalurkan ke kandung kemih. Kemudian, otak mengirim sinyal agar tubuh buang air kecil. Kemudian, otot dasar panggul akan menjadi rileks sehingga urine bisa terbuang.Namun pada orang yang mengalami beser, otot kandung kemih berkontraksi tanpa disengaja. Akibatnya, muncul sensasi ingin segera kencing meski kandung kemih belum penuh.Ada banyak faktor yang menyebabkan overactive bladder, di antaranya:
  • Mengonsumsi terlalu banyak cairan
  • Mengonsumsi obat yang meningkatkan produksi uirne
  • Infeksi saluran kemih
  • Konsumsi kafein atau alkohol
  • Gagal mengosongkan kandung kemih hingga tuntas
  • Batu ginjal di kandung kemih
  • Diabetes
Tidak diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya kandung kemih overaktif. Selain itu, risiko mengalaminya juga meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Penanganan kandung kemih overaktif

Setelah tahu apa penyebab beser, akan lebih mudah mendiskusikan dengan dokter apa saja obat beser yang efektif. Beberapa penanganan yang bisa membantu meredakan overactive bladder di antaranya:

1. Terapi fisik dasar panggul

Ada terapis yang memang khusus untuk melatih otot dasar panggul. Gerakan-gerakannya ditargetkan untuk memperkuat otot. Terapi semacam ini bisa meredakan masalah buang air kecil yang berkaitan dengan durasi, frekuensi, dan keluhan saat malam hari.

2. Pemberian obat

Fungsi utama dari obat untuk menangani overactive bladder adalah meredakan gejala dan mengurangi terjadinya inkontinensia. Jenis obatnya bisa berupa tolterodine, trospium, dan mirabegron.Terkadang, ada efek samping dari obat-obat semacam ini seperti membuat mata kering, mulut kering, hingga konstipasi. Dokter akan mendiskusikan terlebih dahulu pilihan obat beser sebelum meresepkannya.

3. Botox

Dalam dosis kecil, Botox dapat melumpuhkan atau melemahkan sementara otot kandung kemih. Dengan demikian, kontraksi tidak akan terjadi terlalu sering dan mengurangi gejala kandung kemih overaktif.Setelah satu kali mendapat suntikan Botox, biasanya ini akan bertahan selama 6-8 bulan. Lebih lama dari itu, perlu diulangi lebih sering.

4. Stimulasi saraf

Prosedur ini bekerja dengan mengubah sinyal elektrik saraf yang memberikan impuls pada kandung kemih. Stimulasi elektrik ini dilakukan dengan menempelkan kabel kecil ke punggung bagian bawah. Selain itu, bisa juga dengan memasukkan jarum kecil ke kulit di kaki.Memang ada beberapa riset yang menyebut prosedur ini bisa mengurangi frekuensi buang air kecil. Namun, masih perlu penelitian lebih jauh lagi.

5. Operasi

Dokter juga mungkin menyarankan operasi untuk meningkatkan kapasitas kandung kemih. Ini dilakukan apabila tidak ada perbaikan setelah pemberian obat beser, stimulasi saraf, dan terapi lainnya.

Diet bagi penderita beser

Orang dengan kondisi kandung kemih overaktif sebaiknya memilah apa yang dikonsumsi. Sebab, makanan dan minuman bisa meningkatkan risiko iritasi pada kandung kemih.Namun, jenis makanan dan minuman apa saja yang berdampak bisa berlainan antara satu orang dan lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencatat apa saja yang dikonsumsi dan menjadi penyebab gejala memburuk.Beberapa faktor yang berkaitan dengan kesehatan kandung kemih adalah kebiasaan atau konsumsi makanan dan minuman seperti:

Catatan dari SehatQ

Memang benar bahwa kemampuan menahan kandung kemih menurun seiring dengan bertambahnya usia. Namun, bukan berarti beser adalah bagian yang normal dari penuaan. Jika muncul gejala yang tidak normal seperti frekuensi kencing berlebih, pastikan segera berkonsultasi pada dokter.Keterkaitannya adalah fungsi kandung kemih sangat bergantung pada kesehatan saluran kemihnya. Pada sebagian besar kasus, penyebab overactive bladder adalah masalah pada saluran kemih.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar penanganan beser, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakiturineinkontinensia urine
Healthline. https://www.healthline.com/health/overactive-bladder
Diakses pada 17 April 2021
Neurourology and Urodynamics. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29464764/
Diakses pada 17 April 2021
Current Urology Reports. https://link.springer.com/article/10.1007/s11934-013-0358-1
Diakses pada 17 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait