Ingin Punya Perut Roti Sobek? Ini Latihan untuk Membentuk Perut Kotak-Kotak


Latihan yang bisa diterapkan untuk membentuk perut roti sobek antara lain flutter kicks, flat bench leg raise, reverse crunch, toe reach, hingga bicycle crunch.

(0)
Salah satu gerakan untuk membentuk perut kotak-kotak adalah bicycle crunchGerakan bicycle crucnch yang dilakukan secara konsisten akan membantu Anda mendapatkan perut kotak-kotak
Tidak sedikit orang yang bermimpi untuk mempunyai perut kotak-kotak atau perut roti sobek. Berbagai cara pun dilakukan untuk membuat perut kotak-kotak, mulai dari melakukan latihan, hingga menerapkan pola hidup sehat.

Manfaat perut kotak-kotak untuk kesehatan

Banyak orang menilai, perut kotak-kota dapat membuat penampilan jadi lebih menarik. Selain menambah nilai plus pada penampilan, memiliki perut roti sobek juga memberi beragam manfaat untuk Anda.Manfaat mempunyai perut kotak-kotak, di antaranya:
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Meningkatkan performa atletik
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh
  • Mengurangi risiko mengalami cedera otot perut

Latihan yang harus dilakukan untuk membentuk perut kotak-kotak

Berbagai cara dapat dilakukan untuk membentuk perut kotak-kotak. Namun, hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk membentuk perut kotak-kotak adalah rutin menjalani latihan. Berikut ini beberapa rekomendasi latihan yang bisa diterapkan untuk membentuk perut roti sobek:

1. Flutter kicks

Gerakan untuk membentuk perut kotak-kotak adalah flutter kicks
Latih otot perut dengan melakukan flutter kicks
Gerakan flutter kicks digunakan untuk melatih otot perut dan mengencangkan pinggul. Sebelum melakukan latihan ini, berbaringlah terlebih dahulu pada bangku yang datar dan letakkan kedua tangan Anda di bawah bokong. Angkatlah kedua kaki dengan ketinggian sekitar 30 derajat dari permukaan, pastikan keduanya berada dalam posisi lurus.Dalam posisi tersebut, kibaskan kaki ke atas dan bawah secara bergantian. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 hingga 20 kali dalam 2 atau 3 set.

2. Flat bench leg raise

Latihan ini sangat bagus untuk melatih otot perut. Untuk melakukannya, berbaringlah di bangku datar yang dapat digunakan untuk berbaring. Dalam posisi tangan berada di kedua sisi kepala dan memegang bagian samping bangku, tariklah napas dalam-dalam.Buang napas sambil mengangkat kedua kaki Anda lurus ke atas hingga membentuk sudut 90 derajat. Turunkan kaki secara perlahan ke posisi awal, lakukan gerakan ini sebanyak 2 atau 3 set dengan repetisi 10 hingga 20 kali.

3. Reverse crunch

Sebelum melakukan gerakan reverse crunch, Anda harus berbaring terlebih dahulu di atas matras atau lantai. Letakkan kedua tangan pada masing-masing sisi tubuh, lalu tekuk lutut hingga membentuk sudut 90 derajat.Sambil mengatur pernapasan, angkat lutut ke arah dada. Pastikan Anda menjaga lutut tetap dalam posisi membentuk sudut 90 derajat. Lakukan latihan ini sebanyak 2 atau 3 set dengan repetisi 10 hingga 20 kali.

4. Toe reach

Latihan ini bisa membantu membentuk perut kotak-kotak. Untuk melakukan gerakan toe reach, angkat kaki lurus ke atas hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat. Dalam posisi itu, cobalah untuk meraih ujung kaki Anda menggunakan tangan.Saat berusaha meraih ujung kaki, pastikan untuk mengencangkan tubuh bagian atas dan perut. Ulangi latihan ini sebanyak 10 hingga 20 kali dalam 2 atau 3 set. 

5. Bicycle crunch

Untuk melakukan latihan ini, Anda harus berbaring terlebih dahulu di atas matras atau lantai. Setelah itu, tempel kedua telapak tangan ke belakang kepala, dan tekuk lutut Anda hingga membentuk sudut 90 derajat.Dalam posisi tersebut, angkat bahu dan tempelkan siku Anda pada lutut yang berlawanan secara bergantian. Pastikan lutut Anda tidak bergerak melebihi pinggul. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 hingga 20 kali dalam 2 atau 3 set.

6. Kardio

Latihan kardio memang tidak akan membentuk otot perut, namun dapat mengurangi jumlah lemak perut. Usahakan melakukan latihan kardio minimal lima kali dalam seminggu, dengan durasi sedikitnya 30 menit.Beberapa contoh kardio yang dapat membantu mengoptimalkan latihan Anda, antara lain:
  • Berlari
  • Renang
  • Mendaki
  • Bersepeda
  • Jalan cepat

Tindakan selain latihan yang membantu mempercepat pembentukan perut kotak-kotak

Latihan memang dapat membuat perut kotak-kotak, namun ada beberapa tindakan lain yang harus Anda lakukan supaya hasilnya terlihat dengan cepat dan optimal. Sejumlah tindakan yang dapat membantu proses pembentukan perut roti sobek, meliputi:
  • Konsumsi makanan sehat

Untuk mengoptimalkan pembentukan otot perut, Anda harus mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi dengan kandungan gizi seimbang. Selain itu  Anda sebaiknya menghindari makanan dan minuman seperti roti putih, nasi putih, soda, alkohol, serta produk dengan tambahan gula.
  • Konsumsi lebih banyak protein

Meningkatkan asupan protein dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak, dan mendukung perkembangan otot supaya perut kotak-kotak. Menurut penelitian, konsumsi makanan tinggi protein dapat membantu menjaga metabolisme dan massa otot selama diet.Beberapa contoh makanan yang kaya akan kandungan protein, di antaranya daging unggas, telur, makanan laut, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat memberikan waktu bagi tubuh untuk memperbaiki diri setelah Anda berolahraga. Selain itu, cara ini juga membantu meningkatkan kadar hormon tubuh Anda, yang memengaruhi penurunan berat badan.Paling tidak, usahakan untuk tidur malam selama 7 jam. Anda mungkin membutuhkan waktu istirahat yang lebih lama jika melakukan aktivitas-aktivitas berat maupun latihan dengan keras.

Catatan SehatQ

Perut kotak-kotak bisa dibentuk dengan cara rutin melakukan latihan yang berpusat pada otot perut. Selain latihan, tindakan lain seperti konsumsi makanan sehat dan istirahat cukup dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan hasil latihan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai perut kotak-kotak dan cara membuatnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips olahragalatihan otot perutlatihan fisikcara membentuk otot perut
Healthline. https://www.healthline.com/health/washboard-abs
Diakses pada 22 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/best-ways-to-get-abs
Diakses pada 22 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait