Ingin Payudara Tetap Kencang? Coba Lakukan 8 Cara Merawat Payudara Ini


Payudara yang sehat dan kencang tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara merawat payudara agar tetap sehat, kencang, dan cantik.

(0)
Mengetahui cara merawat payudara agar tetap sehat, kencang, dan cantik adalah hal yang pentingPayudara yang sehat dan kencang tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita
Memiliki tampilan payudara yang sehat dan kencang tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Untuk mendapatkannya, ada beberapa cara merawat payudara yang bisa Anda lakukan, antara lain rutin latihan otot dada, perbanyak makan buah dan sayur, hingga rutin memijat payudara.Selain memahami cara merawat payudara yang baik, Anda juga dapat mengenali hal-hal yang menyebabkan payudara menjadi kendur. Dengan begitu, Anda dapat melakukan usaha-usaha untuk menghindarinya di kemudian hari. 

Cara merawat payudara agar tetap sehat, kencang, dan cantik

Merawat payudara agar sehat dan kencang dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah sederhana di rumah. Berikut adalah berbagai cara merawat payudara yang bisa Anda lakukan:
Cara merawat payudara agar kencang adalah dengan rutin latihan otot dada alias push up
Push up bisa menjadi cara merawat payudara

1. Rutin latihan otot dada

Latihan otot dada adalah salah satu cara merawat payudara agar sehat dan kencang. Struktur payudara memang terdiri dari lemak atau jaringan kelenjar, dan bukan otot. Meski payudara tidak memiliki otot, tetapi otot-otot di sekitar dan di belakang payudara, seperti bahu, dada, dan punggung dapat dilatih agar tetap kencang.Dengan mengencangkan otot dada, bahu, dan punggung, maka postur tubuh bagian atas Anda akan menjadi lebih kencang dan kuat dalam menopang payudara.Latihan ini juga akan membantu membuat otot dada di sekitar payudara lebih kuat sehingga postur tubuh Anda cenderung tegap dan membusung. Dengan begini payudara Anda pun jadi terlihat kencang.Beberapa olahraga yang menguatkan otot dada yang bisa Anda lakukan adalah berenang, pushup, dan bench press.

2. Rutin berolahraga

Tak hanya latihan otot dada, rutin berolahraga secara keseluruhan juga bisa jadi cara merawat payudara yang baik. Pasalnya, olahraga teratur dapat menurunkan produksi hormon estrogen yang disinyalir sebagai hormon pemicu kanker. American Cancer Society merekomendasikan para wanita untuk melakukan olahraga aerobik minimal 150 menit setiap minggunya guna menjaga kebugaran tubuh.Selain latihan yang menitik beratkan pergerakan di area dada, Anda bisa melakukan jenis olahraga aerobik lainnya yang Anda sukai secara rutin.Melakukan olahraga teratur juga dapat membantu wanita mendapatkan berat badan yang ideal serta mencegah perubahan bentuk payudara yang berkaitan dengan kenaikan dan penurunan berat badan ekstrem.

3. Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran

Memang tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan keterkaitan bahwa jenis makanan tertentu dapat membuat payudara menjadi kencang.Namun, para pakar kesehatan percaya bahwa makan makanan kaya antioksidan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran dapat mengurangi risiko kulit keriput dan kendur, termasuk area payudara.Makan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur, juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan payudara, terutama kanker payudara.Agar payudara tetap sehat dan kencang, sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah yang mengandung karotenoid setiap hari. Kedua senyawa tersebut mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker payudara.Selain rutin makan buah dan sayur, pastikan Anda memenuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh guna menjaga elastisitas kulit, termasuk kulit payudara.

4. Atur posisi tidur

Mengatur posisi tidur juga menjadi salah satu cara merawat payudara agar tetap sehat dan kencang. Misalnya, terlalu sering tidur dengan posisi miring membuat bentuk payudara mengendur.Selain itu, posisi tidur tersebut juga berperan pada timbulnya kerutan di wajah. Hal ini mungkin terjadi jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.Sebagai solusinya, Anda bisa tidur dengan posisi telentang sehingga beban payudara dapat ditopang oleh dada guna mempertahankan bentuk payudara yang sehat dan kencang.
Memijat payudara adalah salah satu cara merawat payudara mudah di rumah
Anda bisa memijat payudara sendiri sebagai salah satu cara merawat payudara

5. Memijat payudara

Cara merawat payudara agar kencang berikutnya adalah dengan memijatnya. Memijat payudara dapat membantu memperbaiki bentuk payudara yang kendur dengan cara meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara.Anda dapat memijat payudara menggunakan jenis minyak esensial tertentu, seperti minyak zaitun, guna mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit.

6. Turunkan berat badan

Berolahraga dan mengonsumsi buah dan sayur memang menyehatkan. Namun pada beberapa orang, kebiasaan tersebut tidak selalu berujung pada penurunan berat badan dan hanya mempertahankan berat yang ada.Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan ataupun obesitas, salah satu cara merawat payudara yang paling baik adalah dengan menurunkan berat badan agar ideal.Sebab, berat badan berlebih tidak hanya berisiko mendatangkan penyakit, tetapi juga dapat memberikan tekanan ekstra pada jaringan kulit disekitar payudara dan membuatnya mengendur. 

7. Pilih bra yang tepat

Jangan salah, selain penampilan, jenis bra yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kesehatan payudara. Gunakanlah bra yang dapat menyokong payudara ke atas dan memiliki ukuran yang sesuai.Anda tidak perlu membeli bra yang dapat menopang payudara secara ‘super ekstra’, karena menggunakan jenis bra tersebut justru dapat melemahkan otot yang berada di bawah payudara.

8. Berhenti merokok

Efek negatif kebiasaan merokok ternyata dapat menyebabkan bentuk payudara kendur. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Aesthetic Surgery Journal mengemukakan bahwa wanita yang merokok lebih berisiko mengalami kekenduran payudara setelah masa kehamilan.Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin sehingga menyebabkan kerutan dini serta kekenduran kulit, termasuk pada bagian payudara.Oleh sebab itu, jika Anda termasuk perokok aktif, sebaiknya mulai berpikir untuk berhenti merokok demi kesehatan dan kecantikan payudara.Baca Juga: Mengenal Aneka Bentuk Payudara Wanita dan Faktor yang Memengaruhinya

Beberapa penyebab payudara menjadi kendur

Payudara kendur adalah bagian dari perubahan penampilan payudara yang dialami oleh setiap wanita seiring bertambahnya usia.Meski faktor usia merupakan penyebab paling umum dari kondisi ini, ada berbagai faktor lain yang juga dapat menyebabkan payudara menjadi kendur, di antaranya:
  • Penuaan
  • Kekurangan kolagen
  • Kekurangan hormon estrogen
  • Indeks massa tubuh tinggi
  • Menopause
  • Ukuran payudara terlalu besar
  • Kehamilan kembar
  • Berat dan tinggi badan tidak sesuai
  • Kebiasaan merokok
Banyak perempuan yang menganggap bahwa menyusui merupakan salah satu penyebab payudara kendur lainnya. Menyusui diyakini dapat merenggangkan jaringan di payudara. Akan tetapi, sebuah penelitian membuktikan bahwa anggapan tersebut hanyalah mitos semata.

Catatan dari SehatQ

Ada berbagai cara merawat payudara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya tetap terlihat kencang dan sehat. Selain menjalani gaya hidup yang sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi sayur dan buah, Anda juga dapat menghindari beberapa kebiasaan buruk seperti berhenti merokok.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang cara merawat payudara ataupun organ kewanitaan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan wanitapayudara
Health. https://www.health.com/beauty/how-to-lift-saggy-breastsDiakses pada 17 Januari 2020Healthline. https://www.healthline.com/health/saggy-breasts#causesDiakses pada 17 Januari 2020Healthline. https://www.healthline.com/health/breast-massage#purposeDiakses pada 17 Januari 2020Self. https://www.self.com/story/tips-for-good-breast-healthDiakses pada 17 Januari 2020NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19083576Diakses pada 17 Januari 2020NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19083576Diakses pada 17 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait