Mengenal 8 Aturan Menjenguk Orang Sakit di Rumah Sakit


Menjenguk orang sakit tentu ada aturannya. JPerlu dipahami, jangan sampai niat baik Anda justru memberi dampak yang tidak menyenangkan bagi pasien rumah sakit.

(0)
Aturan menjenguk orang sakit di rumah sakitMemberikan bunga segar saat mengunjungi teman yang sakit ternyata perlu dipertimbangkan
Menjenguk teman yang sakit tentu ada aturannya walaupun terkesan sepele dan sederhana. Ya, jangan sampai niat terpuji Anda untuk menjenguk kerabat justru memberi dampak yang tidak menyenangkan bagi pasien yang sedang sakit. Ada beberapa aturan menjenguk orang sakit yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

Aturan menjenguk orang sakit di rumah sakit

Menjenguk teman yang sakit di rumah sakit sebenarnya dapat memberikan dampak positif tersendiri bagi pasien. Menjenguk teman yang sakit dapat memberikan semangat, mempercepat proses pemulihan, hingga mengurangi rasa cemas dan stres bagi pasien. Akan tetapi, saking asyiknya berkunjung, kita mungkin suka lupa bahwa mereka juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut, Anda wajib mengetahui aturan yang berlaku saat menjenguk teman yang sakit. Apa saja?

1. Memberi kabar tentang kedatangan Anda

memberi kabar kedatangan Anda adalah salah satu aturan menjenguk teman yang sakit
Anda bisa menanyakan kesediaan pasien yang akan dijenguk melalui anggota keluarga yang menemani
Salah satu aturan menjenguk teman yang sakit adalah menanyakan kesediaan pasien yang akan dijenguk melalui anggota keluarga yang menemaninya. Misalnya, apakah mereka mau menerima kedatangan kita atau mereka justru memilih beristirahat tanpa diganggu? Atau apakah mereka memilih untuk dibesuk saat sudah berada di rumah? Jika mereka mengizinkan Anda menjenguk pasien, datanglah pada jam yang telah ditentukan oleh rumah sakit. Usahakan untuk tidak melewati jam besuk pasien yang telah ditentukan karena Anda bisa saja mengganggu waktunya beristirahat. Namun, apabila Anda tidak dapat menjenguk teman yang sakit pada jam besuk, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan anggota keluarga pasien atau perawat untuk mengatur jam alternatif menjenguk pasien. Jika pasien tidak bersedia dijenguk, jangan memaksa. Mungkin saja mereka hanya ingin beristirahat karena sudah banyak orang yang menjenguk atau khawatir akan menularkan penyakit yang dideritanya. 

2. Pertimbangkan saat membawa buah tangan

Membawa buah tangan seolah sudah menjadi salah satu kebiasaan saat menjenguk teman yang sakit. Biasanya beberapa orang memilih untuk membawakan buah atau bunga saat membesuk pasien di rumah sakit. Akan tetapi, ternyata ada beberapa rumah sakit yang tidak membolehkan pengunjung untuk membawakan bunga dan buah bagi pasiennya.Bunga segar memang dapat mempercantik ruangan dan menyejukkan mata. Namun, serbuk sari di dalam bunga diduga dapat menyebabkan alergi bagi mereka yang sensitif atau punya alergi terhadap serbuk sari. Sementara, memberikan buah-buahan saat mengunjungi pasien di rumah sakit juga perlu dipertimbangkan. Meski baik untuk kesehatan dan tidak membahayakan, nyatanya tidak semua pasien bebas mengonsumsi jenis buah apa pun.Meski demikian, setiap rumah sakit tentu memiliki peraturan yang berbeda-beda sehingga sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu kebijakan di masing-masing rumah sakit. Sebagai solusinya, Anda tetap dapat memberikan hadiah saat menjenguk teman yang sakit dengan cara memberikan kartu ucapan agar lekas sembuh, buku, atau permainan yang dapat mengusir kebosanan. Anda juga bisa memberikan perlengkapan pribadi untuk membuat pasien merasa lebih rileks. 

3. Tidak membawa banyak orang

Saat menjenguk teman yang sakit di rumah sakit, pastikan untuk tidak membawa orang terlalu banyak. Pasalnya, hal tersebut dikhawatirkan dapat mengganggu orang yang dibesuk atau pasien lainnya yang ingin beristirahat. Selain itu, jangan membawa anak kecil ke rumah sakit. Ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit kepada anak-anak. Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila Anda menjenguk teman di rumah sakit seorang diri. 

4. Mencuci tangan sebelum dan sesudah menjenguk pasien

Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menjenguk teman yang sakit di rumah sakit
Cuci tangan sebelum dan setelah memasuki kamar pasien penting agar terhindar dari penularan penyakit
Aturan menjenguk teman yang sakit berikutnya adalah mencuci tangan sebelum dan sesudah menjenguk pasien. Rumah sakit tempat Anda menjenguk teman yang sakit merupakan sarang kuman dan bakteri, terutama yang berasal dari orang-orang sakit. Maka dari itu, pastikan Anda membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum dan setelah memasuki kamar pasien agar terhindar dari penularan penyakit. Umumnya, setiap kamar pasien serta area dan ruang tunggu rumah sakit menyediakan hand sanitizer yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti air mengalir dan sabun cuci tangan. 

5. Mengubah pengaturan ponsel ke mode getar

Setiap rumah sakit memang memiliki peraturan menjenguk pasien sakit yang berbeda-beda. Salah satunya, mungkin ada rumah sakit yang mewajibkan Anda untuk mematikan ponsel atau minimal mengubah pengaturannya ke mode getar. Sebenarnya, hal ini bertujuan agar ketika Anda menerima pesan atau telepon, tidak ada suara yang dapat mengganggu kenyamanan pasien saat beristirahat. 

6. Tidak menjenguk teman yang sakit dalam waktu lama

Membesuk pasien tidak terlalu lama juga menjadi aturan yang tidak boleh diabaikan saat menjenguk teman yang sakit. Kehadiran Anda yang sudah rela meluangkan waktu untuk menjenguk pasien tentu membuat mereka semangat dan merasa diperhatikan. Namun, terlalu lama menjenguk teman yang sakit dan mengajaknya berbincang-bincang terus menerus tentu bukanlah hal yang baik. Pasalnya, pasien membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Sedangkan, saat Anda datang menjenguk, mereka cenderung ingin terjaga karena tidak enak bila mengabaikan tamunya.Jika Anda ingin mengobrol lagi dengan pasien, sebaiknya lakukan pada jam besuk berikutnya yang telah ditentukan oleh rumah sakit.

7. Tinggalkan kamar pasien sejenak bila ada dokter atau perawat yang memeriksa pasien

Saat tengah asyik mengobrol dengan teman Anda yang sakit, dokter atau perawat mungkin saja masuk untuk memeriksa kondisi pasien. Pada momen tersebut, sebaiknya Anda meninggalkan kamar pasien sementara waktu.Sebab, percakapan atau perawatan medis yang dokter atau perawat berikan kepada pasien bersifat pribadi. Hanya anggota keluarga terdekat, seperti orangtua atau pasangan, yang boleh menemani pasien. Anda dapat kembali masuk ke kamar pasien dan berbincang-bincang kembali setelah dokter atau perawat usai memeriksa pasien. Inilah aturan menjenguk teman yang sakit di rumah sakit selanjutnya. 

8. Jangan merokok

Aturan saat menjenguk teman yang sakit di rumah sakit adalah tidak merokok
Bau rokok yang menempel pada pakaian dapat mengganggu kenyamanan pasien
Aturan menjenguk teman yang sakit lainnya adalah jangan merokok. Meskipun Anda melakukannya di luar atau sebelum berkunjung ke rumah sakit, merokok saat menjenguk teman yang sakit bukanlah sikap yang baik. Ini karena bau rokok dapat menempel pada pakaian Anda sehingga berisiko membuat pasien dan orang-orang di sekitar Anda merasa pusing dan mual. Jadi, jangan sampai Anda mengganggu kenyamanan mereka karena bau rokok yang menempel pada tubuh Anda. 

Larangan lainnya yang perlu diketahui saat menjenguk teman di rumah sakit

Selain penjelasan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa larangan lainnya juga tak boleh diabaikan saat menjenguk teman di rumah sakit, yaitu:
  • Jangan duduk di tempat tidur pasien. Sebab, bukan tidak mungkin ada bakteri atau virus yang menempel pada pakaian Anda sehingga berisiko menularkan atau memperparah kondisi pasien yang sedang sakit. Sebaiknya, duduklah di kursi yang sudah disediakan dan geser posisi duduk Anda menjadi lebih dekat dengan pasien.
  • Jangan menyentuh area tubuh pasien yang luka atau terdapat peralatan medis, seperti selang infus atau kateter. Menyentuh area dan peralatan medis dapat berisiko meningkatkan infeksi. 
  • Tidak menggunakan toilet pasien. Anda bisa menggunakan toilet umum yang berada di luar kamar pasien. 
Etika menjenguk teman yang sakit biasanya disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di rumah sakit. Akan tetapi, ada beberapa aturan tidak tertulis mengenai cara menjenguk teman yang sakit yang sebaiknya wajib Anda perhatikan. Oleh sebab itu, penting untuk bersikap sopan dan senantiasa menjaga kebersihan diri saat menjenguk teman yang sakit. Dengan ini, teman atau orang yang sedang sakit akan merasa senang dengan kehadiran Anda. 
rumah sakit
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-dos-and-donts-of-a-hospital-visit-2614912Diakses pada 11 April 2020Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/best-gifts-for-a-hospital-patient-3156813Diakses pada 11 April 2020NHS. https://www.nhs.uk/using-the-nhs/nhs-services/hospitals/visiting-someone-in-hospital/Diakses pada 11 April 2020Better Health. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/servicesandsupport/visitors-in-hospitalDiakses pada 11 April 2020Huffington Post. https://www.huffingtonpost.co.uk/anikka-burton/flowers-and-fruit-hospital-wards_b_9720414.htmlDiakses pada 11 April 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait