Ingin Menghilangkan Stres? Coba Lakukan 7 Pilihan Olahraga Ini

Menari dapat meningkatkan kelincahan tubuh dan setiap gerakannya dapat meningkatkan detak jantung.
Menari bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik sekaligus melepas stres

Rutinitas sehari-hari yang Anda lakukan tentu tak lepas dari stres. Jika tak dapat menghilangkan stres, hal ini dapat berakibat Anda menjadi tidak produktif saat bekerja hingga sulit tidur nyenyak.

Namun, jangan sampai stres mengganggu kesehatan tubuh Anda. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres, salah satunya dengan olahraga.

Jenis-jenis olahraga yang dapat menghilangkan stres

Anda bisa melakukan olahraga yang Anda sukai. Kemudian, lakukan variasi pada rutinitas olahraga Anda agar tidak bosan menjalaninya.

Berikut adalah beberapa jenis olahraga untuk menghilangkan stres yang bisa menjadi pilihan:

1. Jalan kaki

Pilihan olahraga untuk menghilangkan stres yang paling mudah adalah jalan kaki. Tak perlu jauh-jauh, Anda dapat berjalan kaki di sekitar rumah saat pagi atau sore hari.

Orang yang sering jalan kaki, baik jalan santai atau jalan cepat, akan mendapatkan manfaat, seperti melepaskan ketegangan otot, melatih pernapasan, dan menenangkan sistem saraf. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih santai karena tingkat stres berkurang.

Tak hanya itu, sering jalan kaki dapat mengurangi risiko munculnya penyakit yang berkaitan dengan stres, termasuk penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Jika Anda baru memulai olahraga jalan kaki, lakukanlah 10 menit setiap minggu. Setelah 2-3 minggu, Anda dapat meningkatkan frekuensi dan durasi berjalan kaki secara bertahap.

Selanjutnya, rutin lakukan jalan kaki setidaknya 30 menit tanpa berhenti, minimal tiga kali dalam seminggu untuk mengelola stres.

2. Yoga

Salah satu jenis olahraga lain yang dapat menghilangkan stres adalah yoga. Pasalnya, berbagai postur yoga melibatkan kekuatan tubuh serta pikiran sehingga mengurangi ketegangan otot dan fisik.

Selain itu, yoga menggunakan teknik pernapasan dalam yang memicu respons relaksasi tubuh dan menjadi kunci untuk mengatasi stres. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa yoga dapat mengurangi tekanan darah.

Karena itu, tak ada salahnya untuk rutin melakukan yoga selama enam hari, dengan durasi 35-40 menit per harinya.

Anda bisa melakukan yoga sendiri di rumah atau bergabung dengan kelas yoga. Beberapa kelas yoga yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan stres, antara lain hatha, ashtangam vinyasa, atau bikram.

3. Tai chi

Serupa dengan yoga, tai chi adalah teknik relaksasi tubuh yang mengandalkan gerakan tubuh menggunakan teknik pernapasan dalam.

Meski gerakan ini berakar dari seni bela diri, tai chi dapat bertujuan untuk menenangkan pikiran dan kondisi tubuh sehingga sangat baik untuk menghilangkan stres. Bela diri asal Tiongkok ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan stamina tubuh.

Beberapa manfaat olahraga tai chi untuk kesehatan adalah membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga meringankan gejala penyakit, seperti gagal jantung, radang sendi, dan fibromialgia.

4. Menari

Menari memiliki sederet manfaat fisik, mental, bahkan emosional. Menari dapat meningkatkan kelincahan tubuh dan setiap gerakannya dapat meningkatkan detak jantung.

Menari juga menumbuhkan rasa kebersamaan karena umumnya dilakukan dengan orang lain. Dengan begitu, menari dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kebahagiaan.

5. Pilates

Pilates adalah jenis olahraga lainnya yang dapat menghilangkan stres. Pilates bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot serta kelenturan dan daya tahan tubuh sehingga membuat tingkat stres dalam diri Anda berkurang.

Selain mengatasi stres, pilates juga dipercaya dapat mengurangi nyeri leher dan punggung.

6. Kickboxing

Bagi Anda yang ingin melampiaskan rasa stres dan kesal terhadap pekerjaan, kickboxing bisa menjadi pilihan. Kickboxing melibatkan berbagai gerakan meninju dan menendang.

Melakukan kickboxing secara rutin dapat membantu meningkatkan keseimbangan, kelenturan, dan koordinasi tubuh Anda. Hal tersebut yang menjadi cara ampuh untuk melepaskan energi kemarahan dan stres.

7. Tenis

Olahraga tenis harus dimainkan berpasangan sehingga Anda akan membangun ikatan dengan orang lain, baik dengan pasangan atau teman.

Selain dapat melepaskan hormon endorfin, olahraga yang dapat membuat jantung lebih sehat dan tekanan darah normal ini juga mendorong Anda untuk lebih kompetitif dalam mengumpulkan poin. Nantinya, Anda akan merasa puas dan bangga sehingga mengatasi stres yang mendera.

Tak hanya tenis, olahraga lainnya yang bersifat kompetitif dan dapat dimainkan bersama orang lain adalah sepakbola, badminton, voli, dan basket.

Bagaimana olahraga dapat menghilangkan stres?

Tak hanya memberikan segudang manfaat fisik, olahraga memiliki manfaat secara psikologis, termasuk menghilangkan stres. Saat olahraga, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin.

Hormon tersebut berperan penting dalam menghilangkan tekanan dan rasa khawatir dalam diri sehingga dapat melawan stres. Selain itu, endorfin dapat memicu munculnya energi positif dalam tubuh.

Kebahagiaan dan kepuasan setelah melakukan olahraga dapat memberikan energi positif dan rasa bahagia dalam menjalani aktivitas.

Endorfin juga memiliki peran sebagai analgesik, yang berarti dapat mengurangi persepsi rasa sakit yang dirasakan tubuh. Hormon ini bertindak seperti halnya obat penenang. Dengan begitu, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah. 

Pastikan Anda mengetahui kondisi fisik Anda terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Anda pun bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pilihan olahraga yang tepat.

Jika sudah lelah, sebaiknya jangan paksa tubuh untuk terus berolahraga. Ingat, untuk tetap istirahat yang cukup setelah Anda melakukan olahraga apa pun.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/exercise-photos/exercises-that-relieve-stress.aspx
Diakses pada 4 Oktober 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/healthy-living/fitness/9-exercises-stress-relief/
Diakses pada 4 Oktober 2019

WebMD. https://www.webmd.com/depression/guide/exercise-depression#1
Diakses pada 4 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed