Ingin Mencoba Hair Extension? Kenali Dulu Efek Sampingnya

(0)
06 Jun 2020|Adhenda Madarina
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Hair extension memiliki efek samping bagi rambutProses pemasangan hair extension
Memiliki rambut panjang yang Anda idam-idamkan kini bisa diraih dalam waktu beberapa jam saja. Kuncinya adalah melakukan hair extension yang dapat dilakukan secara instan di salon-salon kecantikan terdekat Anda. Metode pemanjangan rambut ini tergolong umum dan sering dilakukan oleh banyak orang yang menginginkan rambut panjang secara instan.

Mengenal hair extension

Hair extension adalah sebuah cara untuk menambah panjang dan volume rambut seseorang. Biasanya rambut sambungan ini dibuat dari rambut alami atau sintetis.Hair extension alami memiliki kualitas terbaik dan tentunya paling mahal karena kutikula rambut alami dipertahankan dan semua rambut dibuat untuk memberikan tampilan yang paling alami.Jika dana Anda terbatas, hair extension sintetis adalah solusinya. Meskipun penataannya sulit dan mudah kusut, tetapi hair extension sintetis bagus untuk Anda yang menginginkan perubahan gaya rambut sementara.Jika Anda tertarik untuk melakukan hair extension, ada beberapa hal yang perlu diingat sebelum melakukan prosedur ini. Pastikan melakukan hair extension di salon dengan bantuan penata rambut profesional. Beberapa hair extension mungkin terlihat cukup mudah untuk dilakukan sendiri, tetapi hal itu berpotensi membahayakan rambut Anda.Apabila Anda mengalami rasa sakit atau tidak nyaman saat pemasangan hair extension, segera bicarakan dengan penata rambut Anda. Selalu gunakan hair extension yang berkualitas baik, meskipun mungkin lebih mahal.Jangan lupa juga untuk merawat rambut alami Anda. Rambut yang rusak akan sulit untuk diatur, bahkan jika itu hanya hair extension. Lakukan perawatan rambut secara rutin dan jagalah dengan baik.

Efek samping hair extension

Proses hair extension memakan waktu rata-rata 3-4 jam. Hasilnya bisa bertahan dari 2-5 bulan dengan perawatan yang tepat. Satu-satunya persyaratan untuk prosedur ini adalah panjang helaian rambut setidaknya 5-10 cm. Lalu, apakah hair extension aman dan adakah efek samping dari perawatan ini?

1. Rambut rontok

Hair extension menyebabkan kerontokan rambut karena pemakaian klip atau pengikat yang menekan rambut secara terus-menerus. Sebenarnya ada banyak cara untuk menempelkan hair extension ke rambut alami Anda. Tetapi semuanya akan menarik rambut dan folikel rambut Anda sehingga bisa memicu kerontokan yang serius.

2. Infeksi pada kulit kepala

Dalam beberapa kasus, hair extension dapat menyebabkan infeksi, khususnya pada kulit kepala. Jarum digunakan untuk menyambungkan hair extension ke rambut alami Anda bisa berbahaya, apalagi yang belum didisinfeksi.Jarum yang belum didisinfeksi dapat menimbulkan infeksi pada kulit kepala. Infeksi ini bisa memicu gejala seperti munculnya benjolan kecil yang berdarah di kulit kepala. Benjolan tersebut kemudian dapat menyebar ke seluruh kulit kepala yang disertai dengan rasa gatal.

Aturan mencuci hair extension

Layaknya rambut alami, rambut hasil hair extension juga perlu dirawat dengan baik. Akan tetapi, tidak semua orang telah menguasai cara mencuci hair extension dengan benar, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat disembuhkan. Untuk alasan itu, berikut cara mencuci hair extension yang tepat.

1. Menyisir hair extension

Klip dalam hair extension membutuhkan sisir bergigi lebar khusus untuk menghilangkan kusut. Lakukan ini sebelum mulai mencuci rambut untuk dapat benar-benar membersihkan kotoran.

2. Keramas dengan air hangat

Selanjutnya, isi bak cuci atau ember dengan air hangat. Sangat tidak dianjurkan menggunakan air panas karena hal ini dapat merusak hair extension dan membuatnya lebih mudah aus serta tampak lebih kusam. Pastikan airnya tidak dingin juga, karena ini tidak akan membersihkan minyak dan kotoran dengan benar.

3. Rendam hair extension

Pegang potongan hair extension di samping klip dan pastikan Anda mencelupkannya sepenuhnya sampai titik itu. Sambil mencelupkan ke dalam air, sisir dengan lembut hair extension untuk memastikan Anda membasahi semua potongan rambut dengan tepat.

4. Gunakan sampo dan bilas dengan air hangat

Pilih sampo yang lembut dan lembap. Sampo yang bebas sulfat adalah yang terbaik untuk rambut ini. Setelah memilih sampo, pastikan Anda mengeramasi hair extension secara menyeluruh dan hindari bagian klip. Sesekali sisir rambut agar tidak kusut. Lalu, bilas dan peras dengan lembut hair extension sampai bersih.

5. Keringkan hair extension

Dan terakhir, biarkan hair extension mengering dengan sendirinya, bukan menggunakan handuk yang lembut ataupun alat pengering. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada hair extension. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan hanger pakaian untuk mengeringkannya.Itulah penjelasan seputar hair extension dan cara merawatnya dengan baik. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan hair extension?
kesehatan rambut
Hairextensions. https://www.hairextensions.com/blogs/news/how-to-wash-human-hair-extensions
Diakses pada 26 Mei 2020
Nutrafol. https://nutrafol.com/blog/hair-extensions-harmful-real-hair/
Diakses pada 26 Mei 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/hair-extensions-the-new-trend-in-town/
Diakses pada 26 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait