Ingin Membakar Kalori dengan Cara Unik? Coba Olahraga Anggar

Olahraga anggar bermanfaat membakar kalori tubuh
Meski terdengar tidak umum, olahraga anggar dapat membakar kalori tubuh

Di setiap 24 jam waktu yang ada tiap harinya, berapa persen yang Anda alokasikan untuk berolahraga? Jika masih dalam pencarian olahraga yang tak bikin bosan dan bermanfaat untuk kesehatan, coba pertimbangkan olahraga anggar. Meski gerakannya hanya dalam ruangan saja, tapi olahraga anggar dapat membakar hingga 400 kalori.

Tentu tak hanya soal kalori saja yang membuat olahraga anggar menarik. Meskipun tidak sepopuler olahraga lain seperti yoga, olahraga voli, atau berenang, rupanya olahraga yang membutuhkan konsentrasi dan refleks baik ini punya segudang manfaat.

Mengenal olahraga anggar

Saat melakukan olahraga anggar, ada 3 jenis senjata yang digunakan: epee, foil, dan saber. Berbeda jenis alatnya, berbeda pula durasi satu sesi olahraga anggar yang dilakukan. Ketika menggunakan epee dan foil, artinya olahraga anggar berlangsung selama 3 menit dengan jeda 1 menit di antaranya. Sementara untuk saber, permainan bisa berlangsung lebih lama karena bergantung pada poin tertentu.

Artinya, saat memainkan olahraga anggar belum tentu durasi yang diperlukan mencapai 60 menit. Bisa jadi lebih singkat. Namun saat latihan, setiap orang bebas menentukan seberapa lama mau berlatih untuk menguasai olahraga anggar.

Manfaat olahraga anggar untuk kesehatan

Beberapa manfaat olahraga anggar untuk kesehatan adalah:

1. Membakar kalori

Memang benar olahraga anggar tidak membutuhkan gerakan fisik berlebih seperti badminton atau voli, meski demikian tetap saja ada banyak kalori yang terbakar saat melakukan olahraga ini. Rata-rata, memainkan olahraga anggar dalam waktu 60 menit dapat membakar sekitar 400 kalori.

2. Melatih kekuatan otot

Tentunya kekuatan otot tangan sangat menentukan bagaimana orang memainkan olahraga anggar. Bagi pemula, mungkin terasa mengejutkan bagaimana satu sesi olahraga anggar ternyata melibatkan gerakan demi gerakan yang begitu intens dan perlu kekuatan. Jika dilakukan secara berkala, gerakan ini dapat melatih kekuatan otot tubuh bagian atas.

3. Baik untuk sirkulasi darah

Saat melakukan olahraga anggar, seluruh tubuh mau tidak mau harus bergerak. Itulah sebabnya olahraga yang satu ini membuat sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar. Tubuh yang terus bergerak juga membuat seseorang akan merasa semakin bugar.

4. Melatih refleks dan konsentrasi

Salah satu faktor yang menentukan kemenangan saat bermain olahraga anggar adalah seberapa banyak sentuhan ke area tubuh lawan. Artinya, diperlukan konsentrasi untuk bisa menyentuh lawan tanpa ditangkis, juga sebaliknya refleks menghindari serangan lawan harus serba cepat.

Hal ini melatih koordinasi antara tangan dan mata serta fleksibilitas tubuh. Ketika olahraga anggar dilakukan semakin intens, maka kekuatan dan daya tahan tubuh juga ikut meningkat.

5. Menurunkan berat badan

Mengingat gerakan dalam olahraga anggar cukup intens, maka olahraga yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Idealnya, dalam sepekan pilih 250 menit aktivitas fisik untuk mencapai berat badan ideal.

Artinya, olahraga anggar bisa dilakukan 1-2 kali seminggu dan dikombinasikan dengan olahraga lain yang sesuai dengan preferensi. Jangan lupa mengimbangi dengan mengonsumsi makanan dan sumber kalori yang tepat.

6. Terbuka untuk siapapun

Sama seperti manfaat memanah, siapapun bisa ikut mencoba olahraga anggar. Anak-anak, orang dewasa, hingga lansia sangat bisa memainkan anggar. Tak perlu merasa kebingungan atau paling tidak handal ketika baru mencoba anggar karena semua orang pasti pernah melalui tahap menjajal dan baru berlatih.

Menariknya lagi, olahraga anggar bisa diatur intensitasnya sesuai dengan kemampuan diri. Jika masih baru memulai, pilih intensitas ringan hingga sedang dengan durasi tidak terlalu lama. Namun jika sudah berpengalaman dan ingin tantangan lebih, atur intensitas menjadi lebih lama.

Untuk memulai olahraga anggar, cari tahu komunitas yang ada di kota tempat tinggal Anda. Kemudian, tanyakan jadwal serta peralatan apa saja yang perlu dimiliki bagi yang baru akan mencoba. Siapa tahu, olahraga anggar bisa menjadi pilihan aktivitas fisik produktif yang tak hanya menarik, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/is-fencing-good-exercise-4069762

Diakses 1 Mei 2020

MD Mag. https://www.mdmag.com/physicians-money-digest/lifestyle/physician-fitness-the-strategic-exercise-of-fencing/

Diakses 1 Mei 2020

Fencing for Fitness. http://www.fencingforfitness.com/health-benefits.html

Diakses 1 Mei 2020

Artikel Terkait