Kreatin treatment punya manfaat dan efek samping yang perlu dipertimbangkan
Ilustrasi keratin treatment di salon

Memiliki rambut yang indah merupakan anugerah yang tidak semua orang dapatkan. Kini, tidak sulit bagi Anda untuk memiliki rambut yang indah dalam waktu singkat karena industri kecantikan telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Salah satunya dengan munculnya keratin treatment.

Kreatin treatment adalah serangkaian perawatan kecantikan yang digunakan untuk meluruskan rambut. Orang-orang yang telah melakukan perawatan ini mengatakan bahwa rambut mereka lebih halus dan lebih mudah diatur. Efeknya sangat bervariasi, tergantung pada kondisi rambut Anda, tingkat ketebalan, dan jenis keratin treatment yang digunakan.

Manfaat keratin treatment

Selain meluruskan rambut, berikut adalah manfaat lainnya dari keratin treatment bagi rambut Anda.

1. Mencegah rambut kusut

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan keratin treatment memiliki rambut yang lebih halus dan mudah diatur. Keratin bekerja menghaluskan sel-sel yang tumpang tindih untuk membentuk helai rambut Anda.

Lapisan sel, yang disebut kutikula rambut, secara langsung dapat menyerap keratin sehingga menghasilkan rambut yang mengkilap. Keratin treatment juga membuat rambut keriting menjadi lurus, lebih mudah ditata, dan penampilannya lebih rapi.

Keratin treatment biasanya dapat bertahan hingga enam bulan. Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan penata rambut Anda terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa semua produk yang digunakan pada rambut Anda aman.

2. Menguatkan rambut

Melakukan keratin treatment dapat mempererat ikatan antara akar dan folikel rambut sehingga dapat menjaga rambut Anda dari rontok dan rapuh. Rambut akan menjadi lebih sehat dan bahkan akan tumbuh lebih cepat.

3. Melindungi rambut dari polusi

Helai rambut Anda akan lebih kuat setelah melakukan keratin treatment sehingga mampu menahan polutan lingkungan. Keratin membuat rambut Anda berkilau dalam cuaca apa pun, seperti panas, berangin, atau kering.

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki banyak polusi atau kabut asap, keratin treatment dapat mencegah rambut menjadi kusam setelah terpapar asap tersebut.

4. Membuat rambut lebih cepat kering

Jika Anda selalu bepergian di pagi hari, keratin treatment sangat cocok untuk Anda karena dapat menghemat waktu untuk mengeringkan rambut.

Rambut Anda akan lembut dan halus, bahkan di saat cuaca sedang panas dan lembap seperti sekarang ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan pengering rambut setiap hari.

Efek samping dan kerugian melakukan keratin treatment

Tidak hanya bermanfaat bagi rambut, ternyata keratin treatment juga memiliki beberapa efek samping yang bisa terjadi dan dapat menimbulkan beberapa masalah pada rambut.

Penting untuk mengetahui kemungkinan efek samping dan risiko keratin treatment, supaya dapat membantu Anda memutuskan apakah produk kecantikan ini tepat untuk Anda. Berikut ini beberapa efek samping dan kerugiannya.

1. Bisa memicu kanker

Keratin yang digunakan dalam perawatan kecantikan biasanya berasal dari protein alami. Walaupun begitu, pasti ada beberapa bahan tambahan lainnya yang mengandung bahan kimia seperti formaldehida.

The American Cancer Society mengungkapkan bahwa formaldehida adalah gas berbau kuat dan bersifat karsinogen yang diketahui dapat menyebabkan kanker atau membantu pertumbuhan kanker, terutama kanker hidung dan kanker darah. 

2. Menyebabkan iritasi pada mata dan kulit

Salah satu efek samping dari keratin treatment adalah kemungkinan munculnya alergi, seperti ruam dan gatal-gatal di kulit. Bahkan ada pula yang sampai mengalami iritasi mata.

3. Membutuhkan banyak waktu

Tergantung pada panjang rambut Anda, perlu waktu berjam-jam untuk melakukan keratin treatment di salon dan perlu retouch setiap beberapa bulan. 

4. Harus menggunakan sampo yang bebas sulfat

Sampo yang mengandung sulfat akan mengacaukan serangkaian keratin treatment yang telah dilakukan. Setelah treatment, pastikan Anda mengganti atau menggunakan sampo yang tidak mengandung sulfat supaya hasilnya akan terlihat efektif dan maksimal.

5. Biayanya cukup mahal

Perawatan keratin yang dilakukan tidak murah, lho. Begitu juga dengan maintenance-nya yang membutuhkan biaya cukup tinggi dan perlu dilakukan setiap beberapa bulan sekali.

Itulah beberapa plus minus melakukan keratin treatment. Apakah Anda tertarik melakukan perawatan ini?

Bluesalon. https://blusalon.net/5-benefits-of-keratin-treatment/
Diakses pada 25 Mei 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/what-are-the-side-effects-of-a-keratin-treatment#benefits
Diakses pada 25 Mei 2020

Timesofindia. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/keratin-treatment-for-hair-pros-and-cons/articleshow/26252247.cms
Diakses pada 25 Mei 2020

Webmd. https://www.webmd.com/beauty/features/keratin-hair-straightening-treatments#1
Diakses pada 25 Mei 2020

Artikel Terkait