Ingin Melakukan Keratin Treatment Atau Perawatan Keratin? Baca Ini Dulu!


Keratin treatment adalah perawatan keratin yang bertujuan untuk meluruskan rambut. Perawatan ini hanya efektif dilakukan di salon. Namun ingat, ada bahaya melakukan keratin treatment yang tidak diketahui semua orang.

(0)
03 Mar 2021|Maria Yuniar
Kreatin treatment punya manfaat dan efek samping yang perlu dipertimbangkanKeratin treatment bisa membuat rambut lurus
Perawatan keratin rambut atau keratin treatment adalah rangkaian perawatan kecantikan yang digunakan untuk mendapatkan rambut lurus. Banyak orang yang telah melakukan perawatan keratin rambut mengaku rambutnya menjadi lebih halus dan mudah diatur. Memang, apa manfaat keratin treatment?

Keratin treatment adalah perawatan untuk rambut lurus, apa manfaatnya?

Keratin adalah protein yang dapat ditemukan pada rambut, kulit, dan kuku. Fungsi keratin adalah menjaga rambut tetap sehat dan tampak berkilau. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia dan pola hidup, fungsi keratin bisa menurun. Akibatnya, rambut menjadi tampak kusam, kusut, sulit diatur, hingga rusak. Tak ayal bila beberapa orang menjajal perawatan keratin rambut atau keratin treatment. Selain meluruskan rambut, beberapa manfaat keratin treatment adalah sebagai berikut. 

1. Mencegah rambut kusut

Kreatin treatment bisa mencegah rambut kusut
Rambut kusut bisa dicegah dengan perawatan keratin rambut
Salah satu manfaat keratin treatment adalah mencegah rambut kusut. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan keratin treatment memiliki rambut yang halus dan mudah diatur. Ini karena perawatan keratin rambut bekerja dengan menghaluskan sel-sel rambut yang tumpang tindih membentuk helai rambut Anda. Lapisan sel, yang disebut kutikula rambut, secara langsung dapat menyerap keratin sehingga menghasilkan rambut yang lebih mengkilap. Manfaat keratin treatment juga membuat rambut keriting menjadi lurus, mudah ditata, dan tampilannya lebih rapi.

2. Menguatkan rambut

Melakukan keratin treatment dapat mempererat ikatan antara akar dan folikel rambut sehingga mampu menjaga rambut Anda dari rontok dan rapuh. Dengan demikian, rambut menjadi lebih sehat, bahkan tumbuh lebih cepat.

3. Melindungi rambut 

Keratin treatment bisa membuat rambut lebih kuat
Perawatan keratin bisa membuat rambut lebih kuat
Perawatan keratin dapat melindungi rambut sehingga helaiannya lebih kuat. Perawatan keratin membuat rambut lebih berkilau dalam cuaca apa pun, seperti panas, berangin, atau kering.Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki banyak polusi atau kabut asap, melakukan keratin treatment secara rutin dapat mencegah rambut menjadi kusam setelah kerap terpapar asap tersebut.

4. Membuat rambut lebih cepat kering saat basah

Jika Anda selalu bepergian di pagi hari, keratin treatment bisa menjadi pilihan perawatan rambut karena dapat menghemat waktu bagi Anda untuk mengeringkan rambut.Rambut Anda akan lembut dan halus, bahkan di saat cuaca sedang panas dan lembap. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan alat pengering rambut setiap hari.

Bagaimana proses perawatan keratin rambut di salon kecantikan?

Proses perawatan keratin rambut memerlukan waktu sekitar 90 menit lamanya. Akan tetapi, tergantung pada panjang rambut Anda, mungkin dibutuhkan waktu berjam-jam untuk melakukan keratin treatment di salon kecantikan dan retouch setiap beberapa bulan. Untuk melakukan perawatan keratin rambut di salon, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu:
  1. Pegawai salon akan mencuci rambut Anda sampai bersih. 
  2. Keratin treatment dilakukan dengan mengoleskan serum atau cairan keratin mulai dari kulit kepala hingga batang rambut. 
  3. Selanjutnya, rambut Anda akan dikeringkan dan dilakukan proses pelurusan rambut menggunakan alat pemanas besi berbentuk pipih.
  4. Setelah itu, rambut Anda akan dibilas lagi untuk membersihkan proses perawatan yang sudah dilakukan. 
  5. Pegawai salon akan mengeringkan rambut Anda. 

Berapa lama keratin rambut bertahan?

Hasil keratin treatment biasanya dapat bertahan selama 2,5 bulan. Setelah melakukan perawatan keratin rambut, umumnya Anda tidak perlu mencuci rambut selama minimal 2 hari ke depan. Bahkan, tetesan air yang menyentuh rambut dapat merusak hasil perawatan keratin rambut. 
Keratin treatment bisa bertahan selama beberapa bulan
Gunakan sampo bebas sulfat agar hasil keratin tetap bertahan
Anda juga tidak disarankan untuk mengikat rambut dalam berbagai tampilan atau gaya untuk 2 hari ke depan. Begitu pula dengan penggunaan tatanan rambut lainnya. Penting juga bagi Anda untuk menghindari penggunaan sampo yang mengandung sulfat. Sampo yang mengandung sulfat dapat mengacaukan serangkaian hasil keratin treatment yang telah dilakukan. Jadi, setelah melakukan perawatan keratin treatment, pastikan Anda mengganti atau menggunakan sampo yang tidak mengandung sulfat agar hasilnya efektif dan maksimal. 

Apakah efektif melakukan perawatan keratin rambut di rumah? 

Mengingat proses perawatannya yang cukup lama di salon kecantikan, Anda mungkin berniat untuk melakukan di rumah menggunakan berbagai produk perawatan rambut mengandung keratin yang dijual di pasaran. Pada dasarnya, tidak semua fungsi perawatan keratin rambut sama. Jika perawatan keratin rambut di salon kecantikan menggunakan keratin untuk meluruskan rambut, berbeda halnya dengan sampo, kondisioner, atau serum mengandung keratin yang dijual di pasaran. Pasalnya, berbagai produk perawatan rambut tersebut memiliki klaim manfaat keratin treatment yang berbeda dengan di salon kecantikan, yakni hanya untuk menghindari kerusakan rambut atau memperbaiki rambut kering.Untuk mengetahui apakah produk perawatan rambut yang bisa memperoleh manfaat yang sama dengan keratin treatment di salon kecantikan, Anda bisa mencari produk dengan klaim ‘keratin hydro lysates’ untuk mendapatkan rambut kuat. 

Apa bedanya smoothing dan keratin treatment?

Meski sama-sama berfungsi untuk meluruskan rambut, nyatanya ada perbedaan smoothing dan keratin treatment. Perbedaan smoothing dan keratin treatment terletak pada bahan yang digunakan untuk meluruskan rambut. Pada keratin treatment, proses perawatan dilakukan menggunakan keratin yang merupakan protein alami pada rambut dalam bentuk serum atau cairanSementara itu, smoothing adalah perawatan untuk meluruskan rambut menggunakan bahan-bahan kimia.  Perbedaan smoothing dan keratin treatment juga terletak pada lama hasilnya akan bertahan. Keratin treatment akan bertahan selama kurang lebih 2,5 bulan. Sementara, smoothing bisa bertahan selama kurang lebih 6-8 bulan. Hal ini tergantung pada perawatan rambut yang Anda lakukan setelah perawatan. 

Apa efek samping keratin treatment?

Meski memiliki berbagai manfaat, keratin treatment ternyata dapat menimbulkan efek samping dan sejumlah masalah pada rambut. Adapun efek samping perawatan keratin rambut adalah sebagai berikut. 

1. Menyebabkan iritasi pada mata dan kulit

Salah satu efek samping dari keratin treatment adalah kemungkinan munculnya reaksi alergi, seperti ruam dan gatal-gatal di kulit. Bahkan, ada pula yang sampai mengalami iritasi mata.

2. Bisa memicu kanker

Keratin yang digunakan dalam perawatan kecantikan biasanya berasal dari protein alami.Walaupun begitu, pasti ada beberapa bahan tambahan lainnya yang mengandung bahan kimia, seperti formaldehida.Banyaknya kadar formaldehida yang ada dalam produk perawatan keratin tentu berbeda-beda, tergantung jenis produknya. Sebagian besar produk perawatan keratin rambut mungkin menggunakannya dalam kadar yang aman. Namun, bisa jadi sejumlah salon kecantikan mencampurkan berbagai produk perawatan keratin rambut dengan formaldehida yang lebih banyak. Anda bisa berkonsultasi dengan penata rambut atau pegawai salon terlebih dahulu untuk memastikan bahwa semua produk yang digunakan pada rambut tergolong aman.The American Cancer Society mengungkapkan bahwa formaldehida adalah gas berbau kuat dan bersifat karsinogen yang diketahui dapat menyebabkan kanker atau membantu perkembangbiakan kanker, terutama kanker hidung dan kanker darah. Beberapa efek samping formaldehida yang dilaporkan lainnya, seperti mimisan dan masalah pernapasan, akibat menghirup asap yang dihasilkan dari produk perawatan keratin rambut ini. Oleh karena itu, orang-orang yang sensitif terhadap zat formaldehida atau memiliki gangguan pernapasan sebaiknya tidak disarankan untuk melakukan perawatan keratin rambut. Hal yang sama juga berlaku bagi ibu hamil. 

3. Biayanya cukup mahal

Perawatan keratin rambut yang dilakukan tidak murah, lho. Begitu juga dengan proses maintenance-nya yang membutuhkan biaya cukup tinggi dan perlu dilakukan setiap beberapa bulan sekali.Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan melakukan keratin treatment. Apakah Anda tertarik melakukan perawatan ini?

Perawatan rambut bukan hanya untuk rambut panjang

Presented by PANTENE
Selama ini, perawatan rambut masih identik bagi pemilik rambut panjang. Padahal, rambut pendek juga mesti dirawat. Perlu diketahui bahwa rambut pendek tetap perlu dirawat agar tetap sehat dan tidak terkena rambut bebek, yaitu kondisi saat rambut rusak sehingga tidak bisa dapat diatasi dengan dipotong.Atasi rambut bebek dengan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan rambut menggunakan shampo dan  kondisioner menutrisi seperti PANTENE Gold Series. Shampo dan kondisioner PANTENE Gold Series mengandung Pro-Vitamin Complex dan Biotin yang setara dengan 45 karung bayam.Selain itu, PANTENE Gold Series menghadirkan kemampuan antioksidan, yang dapat:
  • Membantu rambut agar tetap kuat dan lebat dengan kilau alami
  • Membantu menjaga kekuatan rambut sehingga rambut fleksibel dan tidak mudah patah
Dengan PANTENE Gold Series, No Rambut Bebek, Yes Rambut ke Dalam!
kesehatan rambutrambut keringkesehatan kulit kepala
Bluesalon. https://blusalon.net/5-benefits-of-keratin-treatment/
Diakses pada 25 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/what-are-the-side-effects-of-a-keratin-treatment#benefits
Diakses pada 25 Mei 2020
Timesofindia. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/keratin-treatment-for-hair-pros-and-cons/articleshow/26252247.cms
Diakses pada 25 Mei 2020
Webmd. https://www.webmd.com/beauty/features/keratin-hair-straightening-treatments#1
Diakses pada 25 Mei 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/keratin
Diakses pada 20 November 2020
Beauty Glimpse. https://www.beautyglimpse.com/keratin-hair-straightening-treatments-benefits-side-effects/
Diakses pada 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait