Ingin Makin Sehat? Rasakan Manfaat Sauna, Sama Seperti Berolahraga!

Manfaat sauna disebut hampir sama dengan berolahraga
Tidak hanya untuk kecantikan, manfaat sauna untuk kesehatan tubuh ternyata beragam

Ketika mendengar kata sauna, yang kerap terlintas adalah bersantai, relaksasi, layaknya spa. Apalagi, sauna juga kadang menjadi penutup rangkaian spa. Tapi ternyata, manfaat sauna sama seperti berolahraga.

Apabila Anda membayangkan sauna berarti tekanan darah dan detak jantung menjadi tenang dan pelan, ternyata justru sebaliknya. Ada manfaat sauna yang sangat baik bagi tubuh, terutama jika dilakukan dengan konsisten.

Temuan terbaru ini datang dari para peneliti dari Martin Luther University Halle-Wittenberg (MLU) dan Medical Center Berlin (MCB).

Manfaat sauna sama seperti berolahraga

Manfaat sauna hampir sama dengan manfaat berolahraga ringan

Dalam penelitian yang melibatkan peserta untuk melakukan sauna dan bersepeda, ditemukan hal menarik. Asumsi sebelumnya adalah ketika sesi sauna, tekanan darah akan turun dan detak jantung melambat.

Ternyata hasilnya justru sebaliknya.

Penelitian ini melibatkan 19 partisipan untuk melakukan sauna dan bersepeda di hari yang berbeda. Tak hanya tekanan darah, detak jantung mereka juga diukur.

Pertama, mereka diminta berada di sauna selama 25 menit sebelum detak jantung dan tekanan darah diukur. Terlihat bahwa tekanan darah sekaligus detak jantung terus meningkat. Setelah sesi sauna usai, barulah tekanan darah dan detak jantung menurun bahkan di bawah level sebelum sesi sauna dimulai.

Di hari berbeda, mereka diminta bersepada. Lagi-lagi, tekanan darah dan detak jantung mereka diukur. Hasilnya, levelnya sama di antara dua aktivitas tesebut. Hal ini berarti manfaat sauna sama dengan manfaat berolahraga ringan.

Mematahkan teori sebelumnya

Observasi dan temuan baru ini mematahkan teori yang berkembang sebelumnya, bahwa sauna dapat memicu tekanan darah semakin turun. Bahkan sebagian besar penderita darah rendah disarankan untuk menghindari sauna.

Rupanya, manfaat sauna dalam jangka panjang sangatlah baik untuk jantung. Artinya, sauna bisa menjadi alternatif olahraga bagi mereka yang kurang suka olahraga melibatkan fisik.

Manfaat sauna ini pula yang membuat orang sengaja mengikuti sesi sauna untuk mengurangi risiko penyakit jantung hingga demensia. Panas yang diterima selama sesi sauna ini juga mengurangi kakunya pembuluh darah.

Penelitian manfaat sauna di Finlandia

Selain penelitian di atas, temuan menarik tentang manfaat sauna juga ditemukan dari studi di Finlandia, tempat asal-usul mandi sauna. Ada 102 orang dewasa berusia 40-50 tahun yang menjadi partisipan.

Setiap dari mereka mengikuti satu sesi mandi sauna khas Finlandia dengan suhu 71 derajat Celsius.

Hasilnya, sebagian besar pria yang mandi sauna secara rutin terhindar dari risiko penyakit jantung dan Alzheimer dibandingkan dengan mereka yang jarang menjajal sauna.

Manfaat sauna terlihat dari tekanan darah mereka yang turun dan pembuluh darah juga kian elastis. Sementara detak jantung mereka yang semula 65 kali per menit menjadi 81 kali per menit.

Manfaat sauna menurunkan berat badan? 

Sauna bisa menurunkan berat badan? Hal tersebut ternyata tidak tepat

Asumsi lain yang juga banyak berkembang adalah manfaat sauna untuk menurunkan berat badan. Ini adalah konsep yang salah kaprah.

Ketika seseorang mengikuti sesi sauna, tidak ada pergerakan otot. Artinya, tidak ada gerakan-gerakan yang menyebabkan berat badan turun.

Bagaimana dengan keringat yang dikeluarkan sepanjang sesi sauna? Itu hanya cairan yang dikeluarkan tubuh karena panas di ruangan sauna. Itu sebabnya selepas sesi sauna, sebaiknya segera mengonsumsi cairan untuk merehidrasi tubuh.

Manfaat psikologis sauna juga jauh lebih baik. Orang yang rutin mengikuti sauna akan merasakan tubuh semakin rileks. Untuk sementara, mereka akan benar-benar mindful dengan aktivitas yang dilakukan dan tidak berkutat dengan ponsel, contohnya.

Selain itu, rasa pegal di persendian juga bisa reda berkat panas yang membuat pembuluh darah rileks dan aliran darah yang semakin lancar.

Bagaimana, tertarik mencoba sauna? Semoga Anda dapat merasakan manfaat sauna bagi kesehatan tubuh.

WebMD. https://www.webmd.com/heart/news/20180116/sauna-may-be-as-good-as-exercise-for-the-heart#2
Diakses pada 20 Juni 2019

Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2019/06/190612093900.htm
Diakses pada 20 Juni 2019

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/554790-saunas-vs-cardio/
Diakses pada 20 Juni 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed