Ingin Sulam Bibir? Perhatikan Cara Pengerjaan dan Risiko Efek Samping di Baliknya


Sulam bibir adalah teknik mempercantik tampilan bibir dengan memasukkan pigmen warna pada bibir. Untuk menghindari efek samping tato bibir, penting mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah pengerjaan.

(0)
16 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Sulam bibir memiliki risiko kesehatan yang patut diwaspadaiSulam bibir adalah teknik mempercantik tampilan bibir dengan menyuntikkan pigmen warna pada bibir
Sulam bibir adalah salah satu cara mempercantik tampilan bibir agar tampak lebih penuh, cerah, serta menyamarkan ketidaksempurnaan bentuk bibir itu sendiri. Sulam bibir adalah istilah yang diberikan oleh orang Indonesia untuk merajah bibir alias tato bibir. Sulam bibir dikatakan sama dengan tato bibir karena proses pengerjaannya yang dilakukan dengan memasukkan pigmen warna ke dalam bibir menggunakan jarum tato berukuran kecil. Sama seperti sebelum memutuskan merajah badan Anda, ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan sulam bibir. Tak hanya soal harga sulam bibir, pertimbangan penting lainnya juga meliputi soal keamanan prosedur dan alat yang digunakan agar terhindari risiko efek samping.

Sulam bibir itu seperti apa?

Sulam bibir adalah teknik mempercantik tampilan bibir dengan cara memasukkan pigmen warna ke bibir menggunakan jarum tato berukuran kecil. Sulam bibir adalah prosedur kecantikan yang dapat membuat bibir merah merona setiap saat tanpa harus menggunakan lipstik. Efek sulam bibir ini bahkan digadang-gadang permanen karena pigmen warna yang dimasukkan ke dalam lapisan kulit dalam paling atas sehingga tidak mudah hilang saat dibilas menggunakan air. Meski dianggap permanen, pigmen warna yang dimasukkan ke dalam bibir tidak akan bertahan selamanya. Pigmen warna tersebut bisa pudar dalam hitungan minggu hingga tahun, sehingga harus sering dirawat.Bahkan, Anda harus kembali menjalani sulam bibir untuk menyuntikkan pigmen warna yang sama ataupun warna baru sesuai keinginan.

Berapa harga sulam bibir atau tato bibir?

Pada dasarnya, harga sulam bibir cenderung bervariasi di setiap salon kecantikan. Hal ini bergantung pada teknik yang digunakan serta hasil sulam bibir yang diinginkan. Untuk mengetahui harga sulam bibir yang tepat, Anda perlu mencari tahu informasi terlebih dahulu dengan menghubungi pihak salon kecantikan yang dituju. 

Apa yang harus dilakukan sebelum sulam bibir?

Sulam bibir diminati oleh sebagian besar perempuan karena penampilan bibir tetap bisa menawan dengan hasil yang terbilang alami. Jika tertarik untuk melakukannya, pastikan Anda mengetahui hal-hal berikut ini sebelum sulam bibir.

1. Pilih salon kecantikan yang aman dan berpengalaman

Salah satu hal penting yang perlu diketahui sebelum melakukan sulam bibir adalah memilih salon kecantikan yang aman dan dilakukan oleh terapis kecantikan berpengalaman.Tato bibir yang dilakukan secara sembarangan dapat berisiko menyebabkan infeksi bakteri dan infeksi kulit menular tertentu.Bila perlu, sang terapis kecantikan sudah memiliki berbagai portfolio mengenai hasil sulam bibir karya mereka sehingga bisa membantu Anda menentukan teknik pengerjaan yang diinginkan. 

2. Pastikan keamanan dan kebersihan sulam bibir

Pastikan pula bahwa terapis kecantikan menggunakan jarum tato yang steril dan tinta khusus untuk tato bibir. Anda juga perlu memastikan kalau tangan terapis sudah dalam keadaan bersih sebelum menyentuh area bibir Anda. Ia juga perlu menggunakan jarum tato yang steril dan sarung tangan setiap kali memulai pengerjaan sulam bibir.Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penularan jenis penyakit tertentu.

3. Konsultasi dengan terapis kecantikan

Saat berkonsultasi, Anda dapat menyampaikan bentuk bibir yang diinginkan. Anda perlu tahu bagian bibir mana yang akan disulam, apakah bibir bagian dalam atau bibir bagian luar?Minta penjelasan mengenai perbedaan sulam bibir pada kedua area tersebut. Tanyakan juga mengenai rekomendasi warna yang tepat sehingga membuat tinta tato bibir tahan lama. Di samping itu, Anda perlu bertanya mengenai cara membersihkan area bibir dan menjaga luka agar tetap kering sesaat setelah ditato. 

Bagaimana cara sulam bibir dilakukan?

Cara sulam bibir diawali dengan pemberian bius agar Anda tidak merasa sakit. Akan tetapi, mungkin tidak semua terapis menggunakan anestesi sebelum sulam bibir dilakukan.Dengan jarum tato steril, terapis atau praktisi akan memasukkan pigmen warna melalui tinta ke dalam kulit bibir secara perlahan.Jika sudah selesai, bibir Anda biasanya akan ditutup dengan perban steril untuk mencegah infeksi.Umumnya, cara sulam bibir bisa memakan waktu sampai 2-3 jam lamanya. Lama waktu ini mungkin saja sudah termasuk konsultasi sebelum pengerjaan, prosedur dilakukan, sampai perawatan bibir setelah sulam. Bibir Anda mungkin akan terasa sangat sakit dan mengeluarkan darah selama proses dilakukan. Bahkan, rasa sakit yang ditimbulkan bisa jadi lebih parah dibandingkan melakukan tato pada area tubuh lain, seperti lengan atau kaki. Namun, efek tersebut akan bertahan kurang lebih dua minggu lamanya. Setelah itu, tampilan bibir Anda akan tampak berbeda, yakni lebih penuh, cerah, dan tampak merona. Pantangan setelah sulam bibir mungkin tidak bisa membersihkan area mulut dengan sabun sehingga Anda cukup berkumur dengan obat kumur sebagai perawatan sesaat setelah prosedur. 

Berapa lama sulam bibir akan bertahan?

Lama waktu sulam bibir akan bertahan cenderung berbeda-beda pada setiap orang. Namun, satu hal yang perlu diketahui bahwa prosedur kecantikan ini tidak bersifat permanen. Warna pigmen yang disuntikkan ke bibir perlahan akan memudar seiring dengan lapisan kulit bibir yang mengalami regenerasi. Umumnya, tato bibir pada bagian dalam lebih cepat memudar dibandingkan dengan bagian luar. Sebab, bagian dalam bibir selalu bersentuhan dengan air liur, makanan, dan minuman. Ketika warnanya mulai memudar, Anda bisa kembali lagi ke salon kecantikan untuk melakukan retouchSaat proses retouch, Anda tidak perlu menjalani prosedur ini dari awal lagi. Terapis mungkin akan mengisi warna bibir tertentu.Proses retouch juga bisa dipertimbangkan bagi Anda yang ingin merapikan tampilan bibir dengan mengganti warna yang berbeda. 

Apa risiko efek samping sulam bibir?

Ada sejumlah risiko efek samping sulam bibir yang mungkin terjadi, yakni:

1. Bengkak

Sulam bibir bisa membuat bibir jadi bengkak
Bibir bengkak merupakan efek samping dari sulam bibir
Salah satu efek samping sulam bibir adalah bengkak. Jarum tato dapat menyebabkan munculnya lubang kecil pada kulit sehingga memicu reaksi bengkak sebagai respons atas adanya lubang tersebut. Untuk mengatasi bengkak sesaat setelah sulam alis, Anda bisa mengompres bibir dengan es batu yang dilapisi handuk bersih.

2. Infeksi

Infeksi juga dapat terjadi sebagai efek samping sulam bibir. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan jarum atau alat tato lainnya yang tidak disterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan pada pelanggan berikutnya. Anda juga perlu menaati aturan selama dan setelah proses pengerjaan sulam bibir. Misalnya, Anda dianjurkan untuk berkumur dengan obat kumur. Biasanya sulam bibir di bagian dalam lebih rentan mengalami infeksi karena area yang lembab. Selain itu, keberadaan bakteri di dalam mulut juga membuat bibir yang disulam menjadi rentan terkena infeksi.

3. Bekas luka

Bekas luka jadi efek samping sulam bibir
Bekas luka bisa muncul akibat sulam bibir
Ketika luka akibat sulam bibir tidak kunjung sembuh, maka luka bisa meninggalkan bekas yang malah akan mengganggu penampilan Anda.

4. Reaksi alergi

Jika Anda memiliki riwayat alergi kulit, risiko efek samping berupa reaksi alergi bisa saja terjadi. Hal ini ditandai dengan munculnya rasa gatal, biang keringat, atau biduran, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Jika kondisi tersebut yang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengantisipasi reaksi alergi timbul, Anda bisa meminta ahli sulam bibir untuk menggunakan pigmen warna yang bersifat nonalergenic.

5. Anafilaksis

Meski jarang ditemui, reaksi anafilaksis mungkin saja terjadi pada beberapa orang sebagai efek samping sulam bibir. Anafilaksis adalah contoh reaksi alergi yang muncul beberapa jam setelah sulam bibir.. Anafilaksis ditandai dengan bibir yang bengkak, begitu pula area leher dan pipi, serta disertai oleh gejala sesak napas sehingga perlu ditangani dengan segera karena kondisi ini bisa mengancam nyawa. 

6. Penyakit menular melalui darah

Penyakit menular, seperti hepatitis Bhepatitis C, hingga HIV, akibat penggunaan jarum yang tidak steril bisa mengakibatkan terjadinya penularan penyakit melalui darah.Penelitian yang dimuat dalam Indian Journal of Dermatology menunjukkan risiko Anda terkena efek samping yang parah setelah menjalani sulam bibir hanya 0,02%. Meski persentase tersebut sangat kecil, tidak ada salahnya Anda tetap waspada dan memilih tempat sulam bibir yang dapat dipertanggungjawabkan keamanannya.

Adakah alternatif lain selain tato bibir?

Untuk membuat bibir Anda terlihat cerah, sebetulnya ada langkah mudah sehingga Anda tidak harus melakukan sulam bibir.Kunci dari bibir yang merona dan sehat adalah menjaga asupan cairan tubuh Anda agar tidak kurang.Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari kondisi dehidrasi, yang salah satunya dapat memicu bibir kering dan pecah-pecah.Bila perlu, gunakan pelembap bibir untuk menjaga kelembapan bibir. Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai pelembap bibir alamiHindari pula pola hidup tidak sehat, seperti merokok, yang dapat membuat bibir Anda menghitam, berkerut, dan kendur.Terakhir, terimalah kondisi fisik Anda apa adanya. Bibir Anda mungkin tidak akan terlihat penuh dan seksi seperti para selebriti.Namun, setidaknya Anda tidak mengalami masalah kesehatan apa pun pada bibir, termasuk tidak perlu menanggung risiko terkena penyakit berbahaya yang mungkin muncul setelah melakukan sulam bibir.Jika Anda masih punya pertanyaan lebih lanjut seputar sulam bibir, konsultasikan dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play.
alergipembengkakanperawatan wajahmakeupkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/lip-tattoo
Diakses pada 14 Desember 2019
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352241017300178
Diakses pada 14 Desember 2019
The Society of Permanent Cosmetic Professional. https://www.spcp.org/thinking-of-getting-a-cosmetic-tattoo/permanent-makeup-faq/
Diakses pada 14 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/smoking/smokers-lips
Diakses pada 14 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-make-lips-pink
Diakses pada 14 Desember 2019
Indian Journal of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3519250/
Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait