Cara Membuat Masker Beras di Rumah dengan Mudah, Kenali Juga Manfaatnya untuk Wajah


Cara membuat masker beras sangat mudah dilakukan. Anda bisa buat masker air beras atau masker beras dengan tambahan bahan alami lain. Manfaat masker beras untuk wajah pun sangat beragam

(0)
08 Jan 2020|Azelia Trifiana
Cara membuat masker beras adalah dengan merendam beras dalam airAnda bisa membuat masker beras sendiri di rumah untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan mulus
Cara membuat masker beras untuk wajah, pernahkah Anda mencobanya? Selain digunakan sebagai makanan pokok, beras juga dapat digunakan untuk kecantikan wajah. Bahannya yang tersedia di sekitar Anda membuat cara membuat masker beras untuk wajah pun mudah dilakukan. Penggunaan masker beras sudah lama digunakan sejak 1.000 tahun silam di Jepang. Lantas, bagaimana cara membuat masker beras dan apa manfaatnya untuk wajah? Simak jawabannya dalam artikel berikut ini.

Cara membuat masker beras sesuai jenis dan masalah kulit Anda

Manfaat masker beras bisa didapat secara maksimal dengan mencampurkan bahan alami lainnya
Anda bisa membuat masker beras dengan bahan alami lain, seperti madu atau kayu manis
Cara membuat masker beras dapat dikombinasikan dengan bahan lain untuk mendapatkan manfaat terbaiknya bagi kulit. Beberapa referensinya adalah sebagai berikut. 

1. Masker beras dan kayu manis untuk kulit kering

Bagi Anda pemilik kulit kering, masker beras dan kayu manis bisa digunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari. Manfaat masker beras dan kayu manis adalah mencerahkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Bila perlu, Anda juga dapat menambahkan gliserin untuk menjaga kelembapan kulit agar wajah tidak mudah kering. Anda bisa mendapatkan gliserin di apotek. Cara membuat masker beras dan kayu manis cukup mudah. Anda bisa merebus ½ cangkir beras, lalu tambahkan 2 sendok makan kayu manis dan 1 sendok makan gliserin. Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas wajah dengan air dingin. Masker beras dan kayu manis bisa Anda gunakan setiap 1 kali dalam seminggu.

2. Masker beras dan madu untuk kulit berminyak

Masker beras dan madu cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Anda juga dapat menambahkan susu ke dalam beras dan madu agar manfaat yang didapat semakin maksimal. Kombinasi ketiga bahan alami ini mampu membersihkan pori-pori wajah, melembapkan kulit, melawan bakteri penyebab jerawat, serta mengurangi minyak berlebih tanpa membuat kulit terasa kering. Cara membuat masker beras ini adalah mencampurkan 3 sendok makan beras yang sudah dimasak, 2 sendok makan madu, dan 1 sendok makan susu. Aduk merata sampai berbentuk pasta masker. Kemudian, oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit atau sampai masker mengering, lalu bilas muka dengan air dingin hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker beras ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. 

3. Masker tepung beras dan putih telur untuk mencegah penuaan dini

Manfaat masker tepung beras dan putih telur cocok bagi kulit yang mulai menua. Pasalnya, kombinasi tepung beras dan putih telur mampu memperlambat tanda-tanda penuaan, merangsang regenerasi sel kulit, serta mengencangkan kulit. Masker tepung beras dan putih telur memiliki manfaat bagi kulit yang mulai menua, yakni untuk mengencangkan pori-pori dan merangsang pembelahan sel kulit wajah.Untuk melindungi lapisan kulit, Anda bisa menambahkan gliserin ke dalam masker tepung beras dan putih telur. Cara membuat masker tepung beras dan putih telur adalah campurkan 2 sendok makan tepung beras, 1 butir putih telur, dan 4 tetes gliserin. Aduk merata, lalu oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan sampai masker kering, lalu bilas wajah dengan air dingin. Gunakan masker beras ini 1-2 kali dalam seminggu untuk kulit bercahaya dan tampak awet muda. 

Cara membuat masker air beras di rumah

Manfaat masker beras bisa didapat melalui air rendamannya
Pastikan Anda mencuci beras sampai bersih sebelum mengolahnya menjadi masker wajah
Selain mengombinasikan masker beras dengan bahan alami lainnya, Anda juga bisa membuat masker air beras dengan mudah di rumah. Anda dapat memilih mana yang paling praktis dan efisien. Berikut adalah beberapa cara membuat masker air beras di rumah yang bisa dilakukan.

1. Merendam beras

Salah satu cara membuat masker air beras adalah merendamnya. Cara membuat masker air beras dengan cara merendam adalah sebagai berikut. 
  • Siapkan kurang lebih 100 gram beras dan cuci bersih.
  • Tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom.
  • Rendam selama 30 menit.
  • Saring beras dan pisahkan airnya dalam gelas
  • Simpan air rendaman beras di lemari pendingin
Masker air beras yang dibuat dengan direndam ini bisa bertahan di lemari pendingin selama satu minggu. Selain menggunakan pada kulit, Anda bisa mengoleskannya pada helaian rambut. 

2. Fermentasi beras

Cara membuat masker air beras berikutnya adalah dengan metode fermentasiMenurut sebuah penelitian, cara membuat masker beras dengan fermentasi mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari. Selain itu, manfaat masker air beras dengan fermentasi dapat meningkatkan produksi kolagen, mencegah kerutan, hingga meningkatkan penebalan lapisan kulit epidermis. Adapun cara membuat masker beras dengan fermentasi adalah sebagai berikut. Cara membuatnya, yaitu:
  • Cuci bersih 100 gram beras.
  • Tuangkan air 500-700 ml ke dalam baskom.
  • Rendam beras selama 2 hari untuk proses fermentasi.
  • Setelah 2 hari, aduk air beras dan saring airnya.
  • Simpan air beras dalam botol di lemari pendingin.

3. Merebus

Ketiga, cara membuat masker air beras di rumah adalah dengan merebusnya. Berikut adalah beberapa cara membuat masker beras dengan cara direbus. 
  • Rebus beras secukupnya (seperti saat akan menanak nasi).
  • Saring air rebusannya. 
  • Simpan air rebusan dalam botol. 
  • Biarkan dingin dan simpan di lemari es. 
Untuk menggunakan masker air beras ini, Anda bisa meletakkannya di botol spray dan menjadikannya toner wajah setelah mencuci muka. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapas untuk mengaplikasikan masker air beras ke permukaan wajah.

Manfaat masker beras untuk wajah

Setelah mengetahui cara membuat masker beras untuk wajah, alangkah baiknya Anda juga mengenali manfaat beras untuk wajah. Manfaat masker beras disebut-sebut dapat menenangkan dan mengencangkan kulit, sekaligus memperbaiki kondisi kulit tertentu. Meski diyakini bermanfaat untuk kulit, manfaat masker beras untuk wajah baru hanya dilakukan secara turun-temurun dan belum teruji secara ilmiah mengenai keefektifannya. Maka dari itu, jika Anda memiliki kondisi kesehatan kulit tertentu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dulu. Dengan demikian, manfaat masker beras untuk wajah bisa didapat secara optimal.Adapun beberapa manfaat masker beras untuk wajah adalah sebagai berikut.

1. Mencerahkan kulit

Manfaat masker beras untuk wajah adalah mencerahkan kulit
Wajah jadi cerah berkat penggunaan masker beras secara rutin
Salah satu manfaat masker beras untuk wajah adalah mencerahkan kulit serta mengurangi noda hitam.  Manfaat masker beras satu ini bisa dibilang cukup populer lantaran sebagian besar masyarakat di Korea dan Jepang  menggunakan air beras atau masker beras untuk mencerahkan kulit wajah. Maka, tak heran bila sejumlah produk perawatan kulit, seperti sabun cuci muka, toner, dan krim, ada yang mengandung sari pati air beras sebagai kandungannya.

2. Mencegah penuaan

Manfaat masker beras untuk wajah berikutnya adalah mencegah penuaan. Manfaat ini dibuktikan dalam sebuah studi yang melibatkan 12 orang partisipan yang menggunakan ekstrak masker beras selama 28 hari. Hasilnya, ditemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi di dalam masker beras dipercaya dapat menghambat aktivitas elastase. Elastase adalah salah satu enzim yang dapat merusak elastisitas kulit. Ini artinya, penggunaan masker beras atau masker air beras untuk wajah mampu mempertahankan elastisitas kulit. Selain itu, kemunculan tanda-tanda penuaan dini pun dapat diperlambat.

3. Baik untuk kulit kering

Manfaat masker air beras diketahui dapat membantu masalah iritasi kulit yang disebabkan oleh kandungan sodium laurel sulfate (SLS) di sejumlah produk perawatan kulit. Mengoleskan masker beras atau air beras sebanyak dua kali sehari dipercaya dapat mencegah kulit kering akibat penggunaan produk mengandung SLS. 

4. Meredakan gejala masalah kulit

Saat lapisan kulit terganggu, biasanya kulit akan menjadi kering dan rentan terhadap kondisi kulit, seperti dermatitis atopikSebuah hasil penelitian membuktikan bahwa manfaat masker beras atau air sari pati beras mampu meningkatkan dan memperbaiki lapisan kulit secara alami. Manfaat masker beras satu ini juga baik bagi orang yang mengalami eksim, ruam, dan peradangan, hingga jerawat

5. Meredakan kulit terbakar matahari

Kulit terbakar matahari (sunburn) dapat menimbulkan gejala kemerahan, peradangan, hingga gatal-gatal. Penggunaan masker beras dapat bermanfaat untuk meredakan masalah kulit satu ini. 

Catatan dari SehatQ

Anda bisa coba menerapkan cara membuat masker beras di atas bergantung pada kondisi wajah. Tujuannya, bukan sekadar untuk membuat wajah lebih cerah. Namun, yang lebih penting adalah agar kulit semakin sehat.Bagi Anda yang penasaran ingin coba manfaat masker beras untuk wajah, bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang di App Store dan Google Play
kulit sehatperawatan kulitmasker wajahperawatan wajah
Bebeautiful. https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/essentials/rice-face-masks-for-different-skin-types
Diakses 7 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/rice-water-for-skin#uses
Diakses 7 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/rice-water-beneficial-skin/#gref
Diakses 7 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3569896/
Diakses pada 9 November 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/324179387_Rice_Water_A_Traditional_Ingredient_with_Anti-Aging_Efficacy
Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait